(2) Elia Firda Mufidah
*corresponding author
SariPenelitian ini berupaya untuk menentukan secara signifikansi efektifitas pendekatan soluction-focused brief therapymelalui teknik mircle question dalam konseling individu untuk meningkatkan konsep diri remaja. Konsep diri menjadi salah satu faktor yang penting di dlam kehidupan untuk menentukan tingkah laku individu dan sebagai inti dari kepribadian yang akan menentukan keberhasilan seseorang dalam menangani masalahan yang terjadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre experimen desian one group pre-test post-test design. Subyek penelitian menggunakan purposive sampling adalah remaja berusia 12-14 tahun berjumlah 2 orang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuisoner. Menggunakan metoe analisa statistik dengan rumus Uji Wilcoxon pada SPSS Versi 24.0 yang memperoleh hasil Asymp.Sig. (2-tailed) = 0,180. Oleh karena itu nilai Asymp. Sig. (2-tailed) = 0.05 < α = 0,180. Dari hasil penelitian ini ditemukan tidak adanya perubahan secara signifikan efektifitas pendekatan soluction-focused brief therapy melalui teknik mircle questiondalam konseling individu untuk meningkatkan konsep diri remaja
Kata KunciKonseling Inividu, SFBT, Miracle Question, Konsep Diri
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/ristekdik.2021.v6i1.96-101 |
Article metrics10.31604/ristekdik.2021.v6i1.96-101 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
Referensi
Ananda, D., & Sawitri, D. (2015). Konsep Diri Ditinjau Dari Dukungan Teman Sebaya Pada Remaja Di Panti Asuhan Qosim Al-Hadi Semarang. Empati, 4(4), 298–303.
Arikunto, P. D. S. (2014). PROSEDUR PENELITIAN, Suatu Pendekatan Praktik. PT RINEKA CIPTA.
Burns, R. B. (1993). Konsep Diri: teori, pengukuran, perkembangan dan perilaku (Eddy (ed.); viii). Arcan.
Desmita. (2015). psikologi perkembangan. PT Remaja Rosdakarya.
Djali. (2007). Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara.
Dra. Hj. Inge Hutagalung, M. S. (2007). PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN TINJAUAN PRAKTIS MENUJU PRIBADI POSITIF. PT INDEKS.
Hurlock, E. B. (2011). Psikologi Perkembangan (Edisi). Erlangga.
Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial, Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Erlangga.
Jerry, J., Kurnianingrum, W., & Basaria, D. (2020). Penerapan Solution-Focused Brief Therapy Dengan Pendekatan Kelompok Untuk Memperbaiki Konsep Diri Remaja Di Lpka Slm. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 4(1), 46. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v4i1.3869.2020
Mulawarman, P. D. (2020). SFBC (Soluction Focused Brief Therapy) Konseling Singkat Berfokus Solusi: Konsep, Riset, dan Prosedur. Kencana.
Prof. Dr. Saifuddin Azwar, M. (2019). Penyusunan Skala Psikologi (II). PUSTAKA PELAJAR.
Ranny, M, R. A. A., Rianti, E., Amelia, S. H., Novita, M. N. N., & Lestarina, E. (2017). Konsep Diri Remaja dan Peranan Konseling. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 2(2), 40–47.
S.Willis, P. D. S. (2019). Konseling Individual Teori dan Praktek. Penerbit Alfabeta.
Santrock. (2003). Adolescence. Erlangga.
Saputro, K. Z. (2018). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. In Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama (Vol. 17, Issue 1). https://doi.org/10.14421/aplikasia.v17i1.1362
Sugiyono, P. D. (2016). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. Alfabeta.
Suhaida, P., & Mardison, S. (2019). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Konsep Diri Siswa Kelas VIII di MTsN Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan ….
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##







Download