
(2) Asmaryadi Asmaryadi

(3) Malim Soleh Rambe

*corresponding author
Sari“Efektivitas Layanan Informasi Teknik Mind Mapping Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa di SMA Negeri 6 Padangsidimpuanâ€. Penelitian ini didasarkan atas permasalahan yang sering terjadi pada siswa dan siswi dalam perencanaan karir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan dalam melakukan kegiatan layanan informasi teknik Mind Mapping sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) pada kelompok eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 padangsidimpuan selama kurang lebih 2 Bulan setelah dikeluarkannya surat penelitian oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Metode yang digunakan dengan penelitian quasi experimental design. Dengan populasi seluruh kelas XI sebanyak 334 siswa dan sampel kelompok eksperimen adalah kelas XI MIA 3 sebanyak 10 orang dan kelompok kontrol adalah kelas XI MIA 3 sebanyak 10 orang. Kegiatan layanan informasi teknik Mind Mapping ini dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan dalam melakukan kegiatan layanan informasi teknik Mind Mapping terlihat pada hasil analisis statistika dan uji coba hipotesis
Kata KunciLayanan Informasi; Mind Mapping; Perencanaan Karir
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/ristekdik.2025.v10i4.458-468 |
Article metrics10.31604/ristekdik.2025.v10i4.458-468 Abstract views : 2 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text![]() |
Referensi
Asmaryadi, (2023). Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Makassar: Mitra Ilmu
Asmaryadi, Sukatno, Matondang, A. M., & Nasution, H. (2023). Layanan Penempatan Dan Penyaluran Dalam Peningkatan Pemahaman Karir Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Batang. Ristekdik : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 477–485.
Buzan, T.(2006). Buku Pintar Mind Mapping. Gramedia Pustaka Utama
Fadillah, Z., Trimurni, F., & Sumaterautara, U. (2023). Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Dinas. 4307(1), 220–230.
Hadiarni & Irman, (2009). Konseling Karir. Batusangkar: Stain Batusangkar Press
Irsu, A. F., & Winingsih, E. (2022). Peningkatan Kemampuan Perencanaan Karier Pada Siswa SMP Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Mind Mapping. Jurnal Unesa, 12(6), 1216–1227. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/48485
Istatik Amalia, N., Handayani, A., & Hartini, T. (2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Perencanaan Karir Siswa. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(2), 19–26. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i2.1693
Kasan, I. A. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perencanaan Karir Di Kelas X Sma Negeri 1 Tilamuta. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 83–89. https://doi.org/10.24903/pm.v7i2.1111
Komara, I. B. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa SMP. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 33. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v5i1.4474
Rala, J. (2019). Mind Mapping untuk Pengembangan Perencanaan Karir. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 27–34. https://doi.org/10.24905/jcose.v2i1.50
Saputri, N. M. I., Amri, K., & Arfah, A. (2023). Efektivitas Layanan Informasi Karir Berbantuan Website Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa di Kelas XI SMK N 1 Kotanopan. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1), 140-154.
Simamora, Hendry, (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia.Yogyakarta : YK
Sugiyarto, J. (2018). Upaya meningkatkan perencanaan karir peserta didik kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Sragen melalui bimbingan karir dengan penggunaan media modul. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 261–274.
Sugiyono, (2019). Metode Pendidikan Penelitian Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Bandung : Alfabeta
Suharsimi A, (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka cipta
Swandarma, D. (2013) Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Elex Media Komputindo
Syamal, F., Afdal, A., & Yusuf, A. M. (2021). Perspektif Teori Trait and Factor serta Penerapannya dalam Bimbingan dan Konseling Karir. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 6(2), 46-52.
Ulufah, A. N. (2021). Kreativitas Guru Dalam Mengembangkan Mind Mapping Sebagai Media Pembelajaran Tematikdi Sdit Darussalam Gontor. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 2(02), 92–102. https://doi.org/10.21154/maalim.v2i2.2962
Winkel, (2006). Panduan Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Rineka Cipta
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSNÂ 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.