EFIKASI DIRI MULTIKULTURAL PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS DI SUMATERA SELATAN

(1) * Putri Putri Surat (Universitas Sriwijaya Indralaya, Indonesia)
(2) Nia Bening Mutiara Surat (Universitas Sriwijaya Indralaya, Indonesia)
(3) Mariyana Eka Putri Surat (Universitas Sriwijaya Indralaya, Indonesia)
(4) Nurmaya Febiurbaini Surat (Universitas Sriwijaya Indralaya, Indonesia)
(5) Salsabila Awaliah Surat (Universitas Sriwijaya Indralaya, Indonesia)
(6) Yusuf Hartono Surat (Universitas Sriwijaya Indralaya, Indonesia)
(7) Khadijah Lubis Surat (Universitas Sriwijaya Indralaya, Indonesia)
*corresponding author

Sari


Efikasi diri adalah rasa percaya diri pada kemampuan yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat efikasi diri multikultural peserta didik dan ruang lingkup penelitian ini terdiri dari aspek budaya, komunikasi, nilai-nilai budaya, kesadaran budaya dan fleksibilitas; metode yang digunakan deskriptif kuantitatif dengan jumlah responden 136 peserta didik tingkat sekolah menengah atas yang berada di sumatera selatan; hasilnya rata-rata peserta didik memiliki tingkat efikasi diri yang kategori sangat tinggi dalam efikasi multikultural; peneletian ini penting untuk mengetahui bagaimana kompetensi multikultural peserta didik yang ada di tingkat sekolah menengah atas karena dimasa sekarang remaja masih ada yang tidak mengenal budaya bangsanya, cenderung kurang peduli terhadap identitas nasional dan mudah terpengaruh budaya asing.

 


Kata Kunci


Efikasi diri; Multikultural; Peserta Didik

   

DOI

https://doi.org/10.31604/ristekdik.2025.v10i4.438-448
      

Article metrics

10.31604/ristekdik.2025.v10i4.438-448 Abstract views : 3 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

Referensi


Butar Butar, D, S, dkk (2020). Komunikasi Antar Budaya Dalam Peningkatan Hubungan Harmonis Antar Karyawan Di Sekolah Primeone School Kota Medan. (2018). Jurnal Prointegrita, 4(1). https://doi.org/10.46930/jurnalprointegrita.v4i1.566

Darul, U., & Email, U. J. (2017). Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 01(02), 86–102. https://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt/article/view/234/158

Elizabethalia, S., Psikologi, F., Psikologi, F., Rista, K., & Psikologi, F. (2023). Abstrak. 4(01), 152–165.

Hendrika Putri, S., Fadilah, J., Fitriani Rachman, N., & Febriadha, M. (2023). Adaptasi Dan Culture Shock: Komunikasi Mahasiswa Program Mahasiswa Merdeka (Pmm) Di Universitas Djuanda. SPICES: Social Political Sciences Journal, 1(1), 34–49. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/spices

Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1435–1443. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.774

Khair, M., Tang, M., Mubarok, M. (2024). PESERTA DIDIK YANG BERWAWASAN MULTIKULTURAL : STUDI LITERATUR. https://doi.org/10.51878/educational.v4i2.2889

Khotimah, N. (2019). Faktor Pembeda Dalam Komunikasi Lintas Budaya Antara Wisatawan Asing Dengan Masyarakat Lokal Di Desa Wisata Kandri Gunungpati Kota Semarang. An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam, 11(1), 1–11. https://doi.org/10.34001/an.v11i1.932

Kristyowidi, B. I. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Multikultural dalam Pembelajaran Sejarah (Studi di SMA Negeri Siwalima, Ambon). Al-Isnad: Journal of Islamic Civilization History and Humanities, 1(1), 26–41. https://doi.org/10.22515/isnad.v1i1.2733

Nurasiah, I. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Wayang Sukuraga Sebagai Media Pembelajaran Untuk Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. 8(1).

Patibang, D. A., & Zubair, A. G. H. (2020). EFIKASI DIRI PADA PESERTA DIDIK SMA X MAKASSAR. Jurnal Psikologi TALENTA, 2(2), 11. https://doi.org/10.26858/talenta.v2i2.13200

Prawitasari, T., & Antika, E. R. (2022). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Resiliensi Akademik Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 7(2), 1–9. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bk

Pristianingsih, Vianda & Yosef. (2021). Efikasi Diri Multikultur Dan Hubungannya Dengan Konsep Diri Akademik Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 05(02), 153–174.

Putri, K. W., Widiyanarti, T., Aulia, K., Putri, W., & Naila, S. S. (2024). Mengatasi Hambatan Komunikasi Antar Budaya. 1, 1–9.

Sahroni, M., Adam, M. A., & Hidayah, A. F. (2024). Peran Pendidikan Multikultural dalam Meningkatkan Toleransi Antarbudaya di Sekolah Menengah. 01(01).

Sucipto, S. D., Harlina, H., & Dewi, R. S. (2022). Karakteristik Kompetensi Komunikasi Lintas Budaya Pada Konselor Sekolah. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(3), 717–724. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i3.289

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2024). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Edisi Kedua, Cetakan ke -6) Bandung: Alfabeta.

Sutisna, N. T., & Nurhadi, N. (2020). Penyesuaian Diri Peserta Didik Pasca Penerapan Sistem Zonasi di SMA Negeri 1 Kartasura. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 2(1), 28–41. https://doi.org/10.52483/ijsed.v2i1.19

Syaiful. (2021). Implementasi Pendidikan Berbasis Multikultural sebagai Upaya Penguatan Nilai Karakter pada Siswa SMA Negeri 1 Pamekasan. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 15(1), 1689–1699.

Tanjung, R, et. al, (2020). PENGARUH PENILAIAN DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KEPUASAN KERJA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KINERJA GURU. https;//doi.org/10.31955/mea.vol4.iss1.pp380-391

Tere, I, M, & Herdi , (2021). ASESMEN KEBUTUHAN SEBAGAI DASAR PERENCANAAN PROGRAM BIMBINGAN PRIBADI BERBASIS MULTIKULTURAL DI SMA. http://dx.doi.org/10.30598/jbkt.v5i1.1069

Wang, C., Zhang, D., & Lin, H. (2021). Multicultural self-efficacy and its impact on adolescent social integration: A study of Chinese high school students. International Journal of Intercultural Relations, 83, 145–155. https://doi.org/10.1016/j.ijintrel.2021.05.003

Wulandari, D., Dwi Yunianti, V., Wahyuningsih, Y., Guru, P., & Dasar, S. (2023). Analisis Ketertarikan Siswa Sekolah Dasar terhadap Kebudayaan Indonesia. Journal on Education, 5(2), 2376–2382. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/894 ✓

Yosef, Harlina, Rahmi, & Muslifar, R. (2021). Skala Efikasi Diri Multikultur untuk Siswa Sekolah Menengah Atas.

Yosef, Y. (2022). A Comparative Study Between Islamic and Public High Schools on Multicultural Self-Efficacy. Islamic Guidance and Counseling Journal, 5(1), 56–70. https://doi.org/10.25217/igcj.v5i1.2591


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

https://www.malayajournal.org/

farminggroup.org

https://materassomemory.org/

https://visualresearchnetwork.org/

https://brazoriafumc.org/

https://atmamayor.com/

https://viralblasts.com/

Bloom Scape

Rokokbet

Scatter Hitam

Rokokbet

https://press.umam.edu.my/

Rokokbet

https://theusajournals.com/

Rokokbet

Shiowla

https://nextscientists.com/

Rokokbet

Rokokbet

Rokokbet

https://www.acsjakarta.id/

https://thepromax.com/

https://shiowla.eu.com/

https://shiowlabersinar.com/

https://shiowlaterbit.com/

https://www.larrylinville.com/

https://travelritz.com/

https://allamericanadventureguide.com/

Slot88

Toto 4d