
(2) Muhammad Yuliansyah

(3) Muhammad Eka Prasetia

*corresponding author
SariPerilaku menunda-nunda dalam dunia akademis adalah salah satu masalah yang kerap ditemui oleh siswa dan mahasiswa, di mana individu dengan sadar menangguhkan penyelesaian tugas akademik walaupun terdapat waktu serta keterampilan yang memadai untuk menyelesaikannya. Dalam konteks ini, peran guru Bimbingan dan Konseling (BK) menjadi sangat krusial dalam membantu siswa mengatasi kebiasaan menunda-nunda tugas atau kewajiban akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran guru BK dalam menangani perilaku prokrastinasi akademik siswa di sekolah. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, dengan menggunakan metode pengumpulan data yang meliputi wawancara dan dokumentasi yang komprehensif. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari Guru BK dan sejumlah siswa yang terkait kebiasaan menunda-nunda pekerjaan. Temuan penelitian menunjukan bahwa guru BK memiliki peran penting dalam mengatasi penundaan akademis melalui layanan konseling individu, bimbingan kelompok, serta pendekatan preventif dan kuratif lainnya. Setelah mendapatkan penanganan dari guru BK, siswa menunjukkan perubahan positif dalam perilaku akademiknya, seperti meningkatnya kesadaran akan tanggung jawab belajar, manajemen waktu yang lebih baik, serta berkurangnya kecenderungan untuk menunda-nunda tugas. Temuan ini menunjukkan bahwa intervensi yang dilakukan oleh guru BK efektif dalam membantu siswa mengatasi prokrastinasi akademik, serta mempertegas pentingnya keberadaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Â Kata KunciProkrastinasi Akademik; Bimbingan dan Konseling; Peran Guru Bk
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/ristekdik.2025.v10i4.416-424 |
Article metrics10.31604/ristekdik.2025.v10i4.416-424 Abstract views : 6 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text![]() |
Referensi
Agustini, H. (2019). Psikologi Perkembangan. Aditama.
Aini, Z., & Heni, R. (2018). Pentingnya Bimbingan Dan Konseling Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam, 1(2). Https://Doi.Org/10.22373/Taujih.V1i2.7202
Basri, A. S. H. (2018). Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Ditinjau Dari Religiusitas. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 14(2). Https://Doi.Org/10.14421/Hisbah.2017.142-05
Juliawati, D. (2016). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling/Konselor Dalam Mengurangi Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Di Sekolah. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(2), 1–11.
Julmi, C. (2020). Research: Qualitative. In Encyclopedia Of Creativity (Pp. 435–441). Elsevier. Https://Doi.Org/10.1016/B978-0-12-809324-5.23678-X
Kadafi, A., Mardiyah, R. R., & Rahmawati, N. K. D. (2018). Upaya Menurunkan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Melalui Bimbingan Kelompok Islami. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 4(2), 181–193.
Kelkar, A., Kelkar, J., Mehta, H., & Amoaku, W. (2018). Cataract Surgery In Diabetes Mellitus: A Systematic Review. Indian Journal Of Ophthalmology, 66(10), 1401. Https://Doi.Org/10.4103/Ijo.Ijo_1158_17
Muyana, S. (2018). Prokrastinasi Akademik Dikalangan Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 45. Https://Doi.Org/10.25273/Counsellia.V8i1.1868
Penata, G. S. E. (2020). Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.
Ramayulis, M. (2016). Bimbingan & Konseling Islam Di Madrasah Dan Sekolah. Kalam Mulia.
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. Https://Doi.Org/10.18592/Alhadharah.V17i33.2374
Setiawati, R., & Nurjanah, A. (2024). Identifikasi Faktor-Faktor Penyebab Prokrastinasi Akademik Siswa. Coution Journal Of Counseling And Education, 5(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47453/Coution.V5i1.1328
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Sukma, R. R. (2023). Upaya Mereduksi Prokrastinasi Akademik Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Metode Think Pair Share Bagi Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2).
Tersiana, A. (20108). Metode Penelitian. Penerbit Yogyakarta.
Tice, D. M., & Baumeister, R. F. (1997). Longitudinal Study Of Procrastination, Performance, Stress, And Health: The Costs And Benefits Of Dawdling. Psychological Science, 8(6), 454–458. Https://Doi.Org/10.1111/J.1467-9280.1997.Tb00460.X
Triyono, & Rifai, M. E. (2018). No Titlefikasi Diri Dan Regulasi Emosi Dalam Mengatasi Prokrastinasi Akademik E. Cv. Sindunata.
Wijaya, T. (2018). Manajemen Kualitas Jasa (Edisi Kedu). Pt. Indeks.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSNÂ 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.