PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY TERHADAP PELAKU BULLYING

(1) * Sobri Aziz Mubarok Surat (Universitas Islam Jember, Indonesia)
(2) Yurike Kinanthy Karamoy Surat (Universitas Islam Jember, Indonesia)
(3) Fakhruddin Mutakkin Surat (Universitas Islam Jember, Indonesia)
*corresponding author

Sari


: Setiap individu memiliki potensi untuk menjadi korban maupun pelaku bullying. Dalam upaya menangani permasalahan ini, sekolah-sekolah telah menerapkan kebijakan yang menyeluruh dengan melibatkan berbagai pihak, mulai dari guru, siswa, kepala sekolah, hingga orang tua. Namun, efektivitas kebijakan ini sangat bergantung pada keseriusan pihak sekolah dalam mengambil langkah nyata untuk menanamkan kesadaran kepada seluruh warga sekolah bahwa bullying merupakan hambatan serius dalam proses belajar mengajar. Penelitian berjudul "Pengaruh Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy terhadap Pelaku Bullying di Kelas X PM 3 SMK Islam Bustanul Ulum Pakusari" melibatkan enam orang siswa yang dipilih secara purposive dari total 31 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket, sedangkan analisis data dilakukan dengan bantuan perangkat lunak SPSS melalui uji statistik T. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa sebelum intervensi, perilaku bullying di kalangan siswa kelas X PM 3 masih tergolong tinggi. Setelah diberikan layanan konseling kelompok, rata-rata skor bullying menurun dari 105,6 menjadi 65,1. Dari hasil analisis dengan uji T diperoleh nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,028, yang berada di bawah batas signifikansi 0,05. Temuan ini menunjukkan bahwa hipotesis nol—yang menyatakan tidak adanya pengaruh layanan konseling kelompok terhadap perilaku bullying—ditolak, dan hipotesis alternatif diterima. Dengan kata lain, layanan konseling kelompok dengan pendekatan REBT terbukti secara signifikan mampu menurunkan perilaku bullying pada siswa kelas X PM 3 di SMK Islam Bustanul Ulum Pakusari.


Kata Kunci


Konseling Kelompok; Pelaku Bullying; Rational Emotive Behavior Theraphy (REBT)

   

DOI

https://doi.org/10.31604/ristekdik.2025.v10i4.397-404
      

Article metrics

10.31604/ristekdik.2025.v10i4.397-404 Abstract views : 2 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

Referensi


Arima, E. D. W. I. (2022). Hubungan Emotion Regulation Dengan Psychological Well-Being Pada Remaja Dengan Bullying.

Bimbingan, J. R., Oktober, E., Fipp, K., & Pendidikan, U. (2023). No Title. 8.

Cahyaningrum, V. D., Handarini, D. M., & Simon, I. M. (2018). Pengembangan Panduan Pelatihan Empati Menggunakan Teknik Sinema Edukasi Untuk Mencegah Perilaku Bullying Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 3(3), 139–145.

Dianes, M. (2019). Kecenderungan Perilaku Bullying Di SMP N 12 Padang Serta Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan Dan Konseling.

Fadhallah, R. A. (2021). Wawancara. Unj Press

.

Filosofianita, A., Supriatna, M., Nadhirah, N. A., & Indonesia, U. P. (2023). 3 1,2,3. 9, 92–101.

Hermawan, I., & Others. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif Dan Mixed Method). Hidayatul Quran.

Januari, N. (2023). SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(1), 184–204.

Kasmawati, K., & Alam, F. A. (2021). Penerapan Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Self-Esteem Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 1(1), 37–47.

Liestyasari, S. I. (2023). Kontribusi Sekolah Ramah Anak Dalam Mencegah Perilaku Bullying Di Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Surakarta. UNS (Sebelas Maret University).

Pratiwi, Y. I., & Others. (2021). Penerapan Rational Emotive Behaviour Therapy Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar. UIN AR-RANIRY.

Reni, A. (2024). Pelaksanaan Konseling Individu Menggunakan Teknik Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Di SMK SMTI Bandar Lampung. UIN Radenintan Lampung.

Retong, M. L. (2019). Meminimalkan Perilaku Bullying Melalui Konseling Peer Group Pada Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Maumere. Advice: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 103. Https://Doi.Org/10.32585/Advice.V1i2.593

Ruliyatin, E., & Ridhowati, D. (2021). Dampak Cyber Bullying Pada Pribadi Siswa Dan Penanganannya Di Era Pandemi Covid-19. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling Teori Dan Praktik), 5(1), 1. Https://Doi.Org/10.26740/Bikotetik.V5n1.P1-5

Samsudi, M. A., & Muhid, A. (2020). Efek Bullying Terhadap Proses Belajar Siswa. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 2(2), 122–133.

Sosial, J. I., Jishs, S., No, V., Juni, J., Nuris, N., Ziana, N., Qotuz, A., & Fitriana, Z. (2023). Upaya Mengatasi Bullying Melalui Pendekatan REBT (Rational Emotive Behavior Therapy) Terhadap Siswa MTS Kaliwining Rambipuji. 1(2), 215–219.

Yusuf, M. (2021). Kejadian Bullying Dan Dampaknya Pada Remaja Di Pondok Pesantren. UNIVERSITAS Dr. SOEBANDI.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

https://www.malayajournal.org/

farminggroup.org

https://materassomemory.org/

https://visualresearchnetwork.org/

https://brazoriafumc.org/

https://atmamayor.com/

https://viralblasts.com/

Bloom Scape

Rokokbet

Scatter Hitam

Rokokbet

https://press.umam.edu.my/

Rokokbet

https://theusajournals.com/

Rokokbet

Shiowla

https://nextscientists.com/

Rokokbet

Rokokbet

Rokokbet

https://www.acsjakarta.id/

https://thepromax.com/

https://shiowla.eu.com/

https://shiowlabersinar.com/

https://shiowlaterbit.com/

https://www.larrylinville.com/

https://travelritz.com/

https://allamericanadventureguide.com/

Slot88

Toto 4d