(2) Halimatus Sa'diah
*corresponding author
SariPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perubahan tingkat kepercayaan diri pada korban bullying setelah diterapkannya teknik positive self-talk di SMAN 1 Bangorejo. positive self-talk membantu siswa mengontrol diri dan menghadapi situasi yang tidak nyaman demi mencapai kondisi psikologis yang lebih baik. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI Soshum 2, dengan menggunakan pendekatan positive self-talk yang didasarkan pada teori REBT. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus untuk memahami secara mendalam pengalaman individu korban bullying. Teknik pengumpulan data melibatkan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik positive self-talk efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri pada korban bullying di SMAN 1 Bangorejo. Siswa yang mendapatkan treatmen positive self-talk mampu menurunkan pola pikir negative dan meningkatkan citra diri. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa positive self-talk dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri pada korban bullying dan dapat diterapkan secara luas di lingkungan pendidikan.
Kata KunciPositive Self Talk; Kepercayaan Diri; Korban Bullying
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/ristekdik.2025.v10i3.328-340 |
Article metrics10.31604/ristekdik.2025.v10i3.328-340 Abstract views : 1 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
Referensi
Afif, H. (2018). Penindasan. UNICEF Mesir.
Ayumi, S. N., & Siregar, A. (2024). Efektivitas rational emotive behavioral therapy dengan teknik self-talk dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa untuk berbicara di depan umum. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 487. https://doi.org/10.29210/1202424477
Fairuzabadi, M. (2021). Teknik Wawancara. Https://Fairuzelsaid.Upy.Ac.Id/Mpti/Teknik-Wawancara/.
Hardy, J. (2006). Speaking clearly: A critical review of the self-talk literature. Psychology of Sport and Exercise, 7(1), 81–97. https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2005.04.002
Indraharsani, I. A. S., & Budisetyani, I. W. (2018). Efektivitas Self-Talk Positif Untuk Meningkatkan Performa Atlet Basket. Jurnal Psikologi Udayana, 4(02), 367.https://doi.org/10.24843/jpu.2017.v04.i02.p12
Jan MPhil Scholar, Msa., & Husain Assistant Professor, S. (2015). Bullying in Elementary Schools: Its Causes and Effects on Students. 6(19), 43–57.
Jelita, N. S. D., Purnamasari, I., & Basyar, M. A. K. (2021). Dampak Bullying Terhadap Kepercayaan Diri Anak. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2),232–240. https://doi.org/10.24176/re.v11i2.5530
Lestari, S. (2022). Rasional Emotive Behavior Therapy: Sebuah Kritik berdasarkan Etika dan Nilai. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(2003), 1349–1358.
Noviani, A., Maftuh, B., & Logayah, D. S. (2024). Penerapan Teknik Positive Self Talk Terhadap Keterampilan Sosial Siswa Korban Bullying. 2024(16), 94–104.
Oney, E., & Oksuzoglu-Guven, G. (2015). Confidence: A critical review of the literature and an alternative perspective for general and specific self-confidence. Psychological Reports, 116(1), 149–163. https://doi.org/10.2466/07.PR0.116k14w0
Rosa, N. (n.d.). Catatan Akhir Tahun Pendidikan 2023, FSGI: Kasus Bullying Meningkat Baca artikel detikedu, “Catatan Akhir Tahun Pendidikan 2023, FSGI: Kasus Bullying Meningkat†selengkapnyahttps://www.detik.com/edu/sekolah/d-7117942/catatan-akhir-tahun-pendidikan-2023-f. 31 Des 2023.
Safitri, R. D., & Sari, F. S. (2024). Self Talk Meningkatkan Harga Diri Rendah Remaja Korban Verbal Abuse. Solo Nursing Journal, 1(1), 28–38. http://solonursingjournal.org/index.php/data/article/view/7%0Ahttps://solonursingjournal.org/index.php/data/article/download/7/6
Sahrainda, A., Putri, C. A., Laurent, C. H., Adisty, P., Azhari, R. I., & Rahmi, Y. (2024). Efektivitas Pelatihan Self Talk untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang. 4(11), 554–562. https://doi.org/10.17977/10.17977/um070v4i112024p554-562
Setiawan, D. E. (2023). Memahami Potensi Positive Self-Talk Sebagai Alat Dalam Konseling Pastoral: Analisis Studi Kualitatif. POIMEN Jurnal Pastoral Konseling, 4(1), 14–29.
Sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. In buku. ALFABETA.
Zahradafia, E. (2023). Analisis Perilaku Bullying dan Upaya Penanganannya pada MIS Terpadu Langsa. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 1(1), 1–10.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSNÂ 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.







Download 


