(2) Muzaiyanah Muzaiyanah
(3) Bela Janare Putra
*corresponding author
SariPerkembangan teknologi yang semakin modern membawa dampak yang signifikan bagi kehidupan remaja, termasuk meningkatnya resiko kecanduan gadget. Kondisi ini dapat mempengaruhi perkembangan sosial, emosional, dan akademik anak. Penelitian ini berjudul Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Mendongeng Berbantuan Media Hand Puppet untuk Mencegah Kecanduan Gadget pada Remaja Awal, yang bertujuan untuk menganalisis penerapan bimbingan kelompok dengan metode mendongeng berbantuan media hand puppet sebagai langkah preventif dalam mencegah kecanduan gadget. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah santri di TPA Al-Ikhlas yang berumur 10 tahun serta memiliki kecenderungan kecanduan gadget. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode mendongeng dengan hand puppet dalam bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan kesadaran remaja mengenai dampak negatif kecanduan gadget serta mendorong mereka untuk menggunakan gadget yang sehat dan tidak berlebihan. Dengan demikian, bimbingan kelompok dengan mendongeng menggunakan media hand puppet dapat menjadi bentuk pencegahan yang inovatif, menyenangkan, dan menarik dalam mengatasi permasalahan kecanduan gadget pada remaja awal.
Kata KunciBimbingan Kelompok; Mendongeng; Media Hand Puppet; Kecanduan Gadget; Remaja Awal
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/ristekdik.2025.v10i3.318-327 |
Article metrics10.31604/ristekdik.2025.v10i3.318-327 Abstract views : 1 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
Referensi
Annisa Fitrah Nurrizka, Peran Media Sosial Di Era Globalisasi Pada Remaja Surakarta Suatu Kajian Teoritis Dan Praktis Terhadap Remaja Dalam Perspektif Perubahan Sosial, Jurnal Analisis Sosiologi, Vol. 5 No. 1, (2016): h. 30.
Ansani dan Muhammad Samsir, Bandura’s Modeling Theory, Jurnal Multidisiplin Madani, Vol. 2 No. 7, (2022): h. 3077.
Erhansyah, Mengatasi Kenakalan Remaja Pada Masa Transisi, Tadrib: Jurnal Muara Muntai, Vol. 4 No. 2, (2018): h. 249.
Novita Maulidya Jalal et.all, Psikoedukasi Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 2 No. 2, (2022): h. 420.
Nur Sri Rahayu, Analisis Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini, Jurnal PAUD Agapedia, Vol. 5 No. 2, (2021): h. 205.
Riki Maulana, Pengembangan model bimbingan kelompok berbasis islam untuk meningkatkan kecerdasan sosial siswa SMK, Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, Vol. 2 No. 1, (2016): h. 61.
Rukiyah, Dongeng Mendongeng dan Manfaatnya, Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, Vol. 2 No. 1, (2018): h. 102.
Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2018): h. 85.
Widya Karmila Sari Achmad et.all, Pengaruh Penggunaan Media Hand Puppet terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II SD Inpres Barombong Kecamatan Tamalate Kota Makassar, Pinisi Journal Of Education, Vol. 2 No. 1, (2022): h. 6
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSNÂ 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.







Download 


