HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN PENYESUAIN DIRI SISWA DI SMAN 12 BANJARMASIN

(1) * Rusdiana Azizaah Surat (Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari-Banjarmasin, Indonesia)
(2) Farial Farial Surat (Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari-Banjarmasin, Indonesia)
(3) Eka Sri Handayani Surat (Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari-Banjarmasin, Indonesia)
*corresponding author

Sari


Penyesuaian diri yang optimal dapat terwujud apabila terdapat kedewasaan emosional serta komunikasi yang efektif, baik dari pihak guru maupun siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh komunikasi interpersonal dan kematangan emosi terhadap penyesuaian diri siswa kelas X di SMAN 12 Banjarmasin, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Tujuan dari pendekatan korelasional kuantitatif dalam desain penelitian ini adalah untuk memastikan secara objektif dan metodis hubungan antara variabel yang diteliti. Setiap siswa kelas XI SMA 12 Banjarmasin yang memenuhi kriteria peneliti digunakan sebagai subjek penelitian. Untuk menjamin bahwa data secara akurat mencerminkan populasi yang diteliti, 132 siswa dari kelas XI dipilih sebagai sampel penelitian dengan menggunakan proses seleksi yang unik. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional, yang berusaha untuk mengukur tingkat hubungan antara dua atau lebih variabel. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa kelas XI di SMAN 12 Banjarmasin memiliki hubungan yang signifikan antara penyesuaian diri dan kematangan emosi; (2) penyesuaian diri dan komunikasi interpersonal mereka berkorelasi secara signifikan; dan (3) penyesuaian diri dan kematangan emosi serta komunikasi interpersonal mereka berkorelasi secara signifikan.

Kata Kunci


Kematangan Emosi; Komunikasi Interpersonal; Penyesuaian Diri

   

DOI

https://doi.org/10.31604/ristekdik.2025.v10i3.270-281
      

Article metrics

10.31604/ristekdik.2025.v10i3.270-281 Abstract views : 1 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

Referensi


Assegaf, S. R. F. H. (2022). Kematangan emosi dan komunikasi interpersonal dengan penyesuaian diri: Studi korelasi pada pasangan suami istri alumni Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Fitri, R., & Rinaldi. (2019). Hubungan antara kematangan emosi dengan penyesuaian diri pada remaja. Jurnal Riset Psikologi, 2019(2).

Liansari, V. (2023). Buku Ajar Perkembangan Peserta Didik (R. S. Untari & D. Meidi (eds.); 1st ed.). Umsida Press.

Oktavi, N. T. (2019). HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI DENGAN PENYESUAIAN DIRI DI SEKOLAH PADA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN [Universitas Ahmad Dahlan.]. https://core.ac.uk/download/pdf/231724559.pdf

PRATIWI, E. W. (2020). HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI DAN PENYESUAIAN DIRI PADA MAHASISWA. UNIVERSITAS SEMARANG SEMARANG.

Rahma, Z. (2019). Hubungan Kematangan Emosi Dengan Penyesuaian Diri Siswa Di SMA Negeri 8 Banda Aceh. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Rambe, S. K. H. (2023). PERBEDAAN PENYESUAIAN DIRI SANTRI BARU DITINJAU DARI JENIS KELAMINiDI PESANTREN AHMADUL JARIYAH. UNIVERSITAS iMEDAN iAREA.

Sahputra, D. (2018). KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING. Jurnal Wahana Konseling, 1(2), 14. https://doi.org/10.31851/juang.v1i2.2088

Saputra, D., & Rahmatil Fadhilah, S. (2023). Konsep Komunikasi Interpersonal Siswa. MAUIZOH: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.30631/mauizoh.v8i1.83

Seiffila, M. W. (2024). PERBEDAAN PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA TAHUN PERTAMA PADA FAKULTAS SOSIAL, HUMANIORA, DAN SENI (FSHS) DENGAN FAKULTAS SAINS, TEKNOLOGI, DAN KESEHATAN (FSTK) DI UNIVERSITAS SAHID SURAKARTA. UNIVERSITAS SAHID SURAKARTA.

Sukma, P. N. B. (2023). HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SUKOHARJO. UNS Sebelas Maret University.

Willis, S. (2017). Remaja & Masalahnya. Alfabeta.

Windaniati. (2015). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI SISWA MELALUI TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING PADA KELAS X TKR 1 SMK NEGERI 7 SEMARANG TAHUN 2012/2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 32, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpp.v32i1.5701


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

https://www.malayajournal.org/

farminggroup.org

https://materassomemory.org/

https://visualresearchnetwork.org/

https://brazoriafumc.org/

https://atmamayor.com/

https://viralblasts.com/

Bloom Scape

Rokokbet

Scatter Hitam

Rokokbet

https://press.umam.edu.my/

Rokokbet

https://theusajournals.com/

Rokokbet

Shiowla

https://nextscientists.com/

Rokokbet

Rokokbet

Rokokbet

https://www.acsjakarta.id/

https://thepromax.com/

https://shiowla.eu.com/

https://shiowlabersinar.com/

https://shiowlaterbit.com/

https://www.larrylinville.com/

https://travelritz.com/

https://allamericanadventureguide.com/

Slot88

Toto 4d

toto 4d

slot pulsa

Slot88

slot thailand

slot dana

https://jurnalbiologi.fmipa.unila.ac.id/

situs toto

toto 4d

Toto 4D

Toto 4D

Slot Gacor