(2) Mudhar Mudhar
*corresponding author
SariPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh self-esteem terhadap resiliensi akademik pada mahasiswa semester akhir. Self-esteem didefinisikan sebagai evaluasi individu terhadap kualitas dirinya sendiri, sedangkan resiliensi akademik mengacu pada kemampuan individu untuk beradaptasi dan bangkit dari tantangan akademik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi linear sederhana. Data dikumpulkan melalui instrumen Coopersmith Self-Esteem Inventory (CSEI) dan Academic Resilience Scale (ARS- 30) yang telah diadaptasi. Sampel terdiri dari 150 mahasiswa dari tiga program studi: Pendidikan Jasmani, PGSD, dan Bimbingan Konseling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-esteem berpengaruh positif dan signifikan terhadap resiliensi akademik (R² = 0,48, p < 0,05). Mahasiswa dengan self-esteem tinggi lebih mampu mengelola tekanan akademik, seperti penyelesaian skripsi dan revisi yang sulit, serta lebih proaktif dalam mencari bantuan ketika menghadapi kesulitan. Simpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa self-esteem merupakan faktor penting dalam membangun resiliensi akademik. Oleh karena itu, institusi pendidikan perlu mengembangkan program bimbingan dan konseling untuk meningkatkan self-esteem mahasiswa, khususnya di tahap akhir studi. Selain memberikan kontribusi dalam psikologi pendidikan, penelitian ini juga membuka peluang untuk studi lebih lanjut terkait faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap resiliensi akademik.
Kata KunciSelf-Esteem, Resiliensi Akademik; Mahasiswa Semester Akhir; Pendidikan Tinggi.
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/ristekdik.2025.v10i3.264-269 |
Article metrics10.31604/ristekdik.2025.v10i3.264-269 Abstract views : 1 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
Referensi
Baumeister, R. F., Campbell, J. D., Krueger,
J. I., & Vohs, K. D. (2003). Does
High Self-Esteem Cause Better Performance,Interpersonal Success, Happiness,or Healthier Lifestyles?PsychologicalScience in the Public Interest,4(1), 1–44. https://doi.org/10.1111/1529- 1006.01431
Cassidy, S. (2016). The Academic Resilience Scale (ARS-30): A new multidimensional construct measure. Frontiers in Psychology, 7(NOV). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.01 787
Coopersmith, S. (1967). The antecedents of self-esteem. William H. Freeman Company.
Helton, L. R., & Smith, M. K. (2014). Mental Health Practice with Children and Youth. Routledge. https://doi.org/10.4324/97813158090 52
Reivich dan Shatte. (2002). Psychosocial Resilience. American Journal of Orthopsychiatry.
Rosenberg, M. (1981). The Self-Concept: Social Product and Social Force. In M. Rosenberg, & R. H. Turner (Eds.), Social Psychology: Sociological Perspectives (pp. 593-624). Basic Books.
Wardhana, Y. W., & Kurniawan, A. (2018). Pengaruh Sense of Humor Terhadap Resiliensi Akademik Mahasiswa Akhir Masa Studi Sarjana di Universitas Airlangga. http://url.unair.ac.id/3cb97dc0
Zakaria, D. (2017). TINGKAT STRES MAHASISWA KETIKA MENEMPUH
SKRIPSI. Universitas Muhammadiyah Malang
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSNÂ 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.







Download 


