
(2) Akhmad Harun

(3) Abdul Saman

*corresponding author
SariPenelitian bertujuan untuk : 1) Mengetahui gambaran resiliensi anak tunagrahita; 2) Mengetahui gambaran pelaksanaan konseling logoterapi terhadap anak tunagrahita, 3) Mengetahui pengaruh konseling logoterapi terhadap Peningkatan resiliensi anak tunagrahita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi-experimental design dengan pretest-posttest, non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 16 anak tunagrahita ringan yang teridentifikasi memiliki tingkat resiliensi rendah. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling sehingga diperoleh 10 anak tunagrahita ringan yang terbagi menjadi kelompok eksperimen (N=5) dan kelompok kontrol (N=5). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan pembagian skala resiliensi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test. Hasil menunjukkan bahwa resiliensi anak tunagrahita SLB-C YPPLB Makassar sebelum diberikan perlakuan/intervensi konseling logoterapi berada pada kategori rendah dengan nilai mean 33,6 dan setelah diberikan perlakuan/intervensi berada pada kategori tinggi dengan nilai mean 60,2. Hasil uji independent sample t-test yaitu p = 0,000 dan 0,002 < a 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh konseling logoterapi dalam meningkatkan resiliensi anak tunagrahita SLB-C YPPLB Makassar. Kata KunciKonseling Logoterapi; Resiliensi; Tunagrahita
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/ristekdik.2025.v10i2.225-238 |
Article metrics10.31604/ristekdik.2025.v10i2.225-238 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text![]() |
Referensi
DAFTAR RUJUKAN
Akmala, L. A. (2019). Efektivitas Pelatihan Self-Compassion Untuk Meningkatkan Resiliensi Pada Anak Keluarga Tidak Harmonis. Jurnal Psikologi Islam, 6(1), 13–24.
Creswell, J. W. (2023). Research design: Pendekatan metode kualitatif, kuantitatif dan campuran (Edisi Bahasa Indonesia Cetakan VI). Pustaka pelajar.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Fifth edition. In Los Angeles, SAGE.
Fakhriyani, D. V. (2021). Peran Resiliensi Terhadap Kesehatan Mental: Penyesuaian Psikologis Selama Pandemi Covid-19. International Conference on Islamic Studies (ICONIS), 19, 465–476.
Fitri, H. U., & Kushendar, K. (2019). Konseling kelompok cognitive restructuring untuk meningkatkan resiliensi akademik mahasiswa. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 1(2), 67–74.
Hayati, S. A., & Aminah, A. (2020). Konseling Logoterapi Untuk Meningkatkan Penerimaan Diri Pada Anak Broken Home. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 6(1), 1–6.
Hendriani, W. (2016). Pengembangan Modul Intervensi untuk Meningkatkan Resiliensi pada Individu yang Mengalami Perubahan Fisik Menjadi Penyandang Disabilitas. Insan, 01(01), 66–75.
Herikusuma, N. (2024). Konseling Individual Pendekatan Logo Terapi Untuk Meningkatkan Resiliensi Anak Broken Home. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah (Dikdasmen), 4(2), 165–172.
Indrawati, T. (2019). Pengaruh Resiliensi dan Religiusitas Terhadap Kesejahteraan Psikologis Pada Guru di PAUD Rawan Bencana ROB. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 71–82.
Islamiyati, I. (2021). Konseling Individual dengan Pendekatan Logoterapi untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Mahasiswa yang Mengalami Body Shaming. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 11(2), 190–207.
Kuswono, D. P. (2024). Dampak Tawakal Terhadap Kesehatan Mental ( Studi Terhadap Al Qur ’ an , dan Logoterapi ). Article, June.
Maesaroh, S., Sunarti, E., & Muflikhati, I. (2019). Ancaman, Faktor Protektif, dan Resiliensi Remaja di Kota Bogor. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 12(1), 63–74.
Manullang, J. (2019). Membangun Resiliensi Anak Sekolah Minggu Melalui Permainan. Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini, 25–36.
Maulidiyah, F. N. (2020). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan, 29(2), 93–100.
Multahada, E. (2016). Peran kekuatan karakter terhadap resiliensi perawat (studi kasus pada perawat di rumah sakit X). Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Sosial, 5(3), 275–279.
Muryono, S. (2022). Mengembangkan resiliensi akademik melalui hubungan positif dalam konsep pendekatan person centered. JPGI: Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 6(2), 624–632.
Mustain, K., Zubaidi, Rahayu, E. L., Safitri, I. N., & Lestari, P. Y. (2021). Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Bidang Pariwisata Untuk Guru Smk Putikecwara Batu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 121–129.
Naufal, A. F., Ardana, S. D. S., Sari, M. M. K., Bantara, Y. L., Mahardika, N. D., & Pristianto, A. (2023). Seni Melukis Pada Siswa Kelas 4 & 5 Slb-C Ypslb Tunagrahita. Jurnal Abdimas Indonesia, 3(3), 323–328.
Nugroho, F. T. (2024). Pendekatan Logoterapi Viktor Frankl Dalam Konseling Keluarga Di Masa Krisis. Jurnal Kajian Pendidikan, 2(2), 96–103.
Nurulita, N., & Susilowati, R. K. (2019). Studi Kasus Tentangdinamika Resiliensi Remaja Dengan Keluarga Broken Home. Academica : Journal of Multidisciplinary Studies, 3(1), 93–108.
Paendong, M., Buanasari, A., & Mariana, D. (2022). Hubungan Peran Kekuatan Karakter Dengan Resiliensi Perawat Di Rumah Sakit Gunung Maria Tomohon. Jurnal Keperawatan, 10(1), 70.
Pandang, A., & Anas, M. (2019). Penelitian Eksperimen Dalam Bimbingan Konseling Konsep Dasar & Aplikasinya Tahap Demi Tahap. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Pasmawati, H. (2015). Pendekatan Logoteraphy Dalam Konseling. Syi’ar, 15(1), 53–64.
Putra, E. M. (2022). Resiliensi Anak Penyandang Disabilitas. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), 154–160.
Rahmawati, D. (2021). Penerapan Bibliocounseling Untuk Meningkatkan Resiliensi Diri (Self Resilience) Peserta Didik Di Masa Pembelajaran Daring. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(3), 122–131.
Riyani, I. (2016). Keterampilan Vokasional Pembuatan Telur Asin Bagi Anak Tunagrahita Ringan SMALB di SLB C YPLB Kota Bandung. JASSI Anakku, 17, 26–33.
Saputra, V. H., & Febriyanto, E. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Anak Tuna Grahita. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15.
Sari, R. F., Sari, S. P., & Hernawaty, T. (2017). Resiliensi Remaja Stunting : Sebagian Merasa Sulit Bangkit dan Bertahan Menghadapi Permasalahan. Jurnal Keperawatan BSI, 5(2), 74–82.
Suswanti, I. (2018). Interaksi Sosial Siswa Tunagrahita Kelas V. Basic Education, 7(33), 3–252.
Utami, C. T. (2017). Self-Efficacy dan Resiliensi: Sebuah Tinjauan Meta-Analisis. Buletin Psikologi, 25(1), 54–65.
Zakiyah, F., Wulandari, Y., & ZA, D. T. (2020). Gambaran Kemampuan Melakukan Gerakan Shalat Pada Anak Tunagrahita Ringan di SLB Negeri Sragen. Doctoral Dissertation, Universitas Kusuma Husada Surakarta, 48.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSNÂ 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.