(2) Bela Janare Putra
(3) Alevri Meilinda Fauzima
*corresponding author
SariPenelitian ini berjudul “Hubungan Antara Perilaku Phubbing dengan Motivasi Belajar Pada Generasi Z Di Era Digital†Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara perilaku phubbing dengan motivasi belajar pada generasi Z di era digital. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 22 Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam yang berjumlah 79 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling (random ssampling), sampel yang digunakan didalam penelitian ini sebanyak 52 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan jumlah 27 pernyataan, dengan dasar pengambilan keputusan jika rHitung > rTabel maka pernyataan tersebut dinyatakan valid. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi pearson product moment, dengan pengambilan keputusan berdasarkan pada jika nilai pearson correlation > rTabel maka terdapat hubungan diantara kedua variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai pearson correlation (0,409) > rTabel (0,279) ini maknanya terdapat hubungan antara perilaku phubbing dengan motivasi belajar pada mahasiswa Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam Angkatan 22 Semester 5. Penetapan hubungan tersebut diambil berdasarkan interpretasi yang berada pada interval antara 0,40-0,599. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis data dalam penelitian yang telah dilakukan bahwa didapati hubungan antara perilaku phubbing dengan motivasi belajar, hal ini dibuktikan dengan nilai dari pearson corelation (r) sebesar 0,409, maknanya hubungan antara kedua variable di tingkat “sedangâ€. Dalam artian masih banyak faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar dan perilaku phubbing hanya salah satu dari faktor tersebut, contohnya dukungan keluarga, lingkungan belajar, dan kondisi kesehatan saat belajar. Kata KunciPerilaku Phubbing, Motivasi Belajar, Generasi Z
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/ristekdik.2025.v10i1.108-112 |
Article metrics10.31604/ristekdik.2025.v10i1.108-112 Abstract views : 2 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
Referensi
Faradiba Jabnabillah dan Nur Margina, “Analisis Korelasi Pearson Dalam Memnentukan Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar Pada Pembelajaran Daring†Jurnal Sintak Vol.1 No.1 (2022) Hal.16
Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif, dan R&D†(Bandung: Alfabeta, 2022) Hal.184
Trygu, “Motivasi Dalam Belajar Matematikaâ€, (Ciracas: Guepedia, 2020) Hal.35
Chotpitayana Sunondh dan Douglas, “The Effects Of Phubbing On Social Interactionâ€, Journal Of Applied Social Psychology, 33 (Januari 2016), Hal.6
Idam Ragil Widianto Atmojo, “Assessment Kognitif Pada Kelas Digitalâ€, (Surakarta: CV Pajang Putra Wijaya, 2023) Hal.39
Sudaryono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D†(Bandung : CV Alfabeta, 2019) Hal.15
Sugiono, “Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&Dâ€, (Bandung : CV.Alfabeta,2019) Hal.16
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSNÂ 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.







Download 


