(2) Beni Azwar
(3) Dina Hajja Restiani
*corresponding author
SariPenelitian ini membahas bagaimana media sosial, yang kini sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama di kalangan siswa Madrasah Aliyah (MA) di bawah Kemenag Rejang Lebong, dimanfaatkan. Perkembangan teknologi ini membawa pengaruh besar, terutama dalam bidang pendidikan dan layanan bimbingan konseling. Media sosial menawarkan akses informasi yang mudah dan luas, sehingga banyak siswa memanfaatkannya untuk mencari berbagai macam pengetahuan, mulai dari materi pelajaran, hubungan sosial, hingga masalah pribadi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan campuran (mixed method) yang menggabungkan cara kualitatif dan kuantitatif. Dengan metode ini, data kuantitatif yang diperoleh melalui angket melengkapi dan memperjelas hasil dari wawancara secara kualitatif. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa media sosial seperti Instagram dan WhatsApp terbukti efektif sebagai sarana layanan bimbingan konseling karena mempermudah komunikasi antara siswa dan guru BK serta memberikan kemudahan akses terhadap informasi dan dukungan emosional. Tingginya intensitas penggunaan media sosial di kalangan siswa MA, termasuk di MAN Rejang Lebong dan MA Muhammadiyah Curup, menunjukkan adanya potensi besar dalam optimalisasi layanan BK. Peserta didik di kedua sekolah tersebut juga menunjukkan kebutuhan yang cukup tinggi terhadap informasi seputar layanan bimbingan konseling melalui media sosial. Namun, penggunaan media sosial oleh guru BK juga menghadapi sejumlah tantangan, seperti keterbatasan waktu, rendahnya kompetensi digital, kendala teknis berupa fasilitas dan koneksi internet, serta munculnya kekhawatiran terhadap aspek etika dan privasi dalam komunikasi secara daring
Kata KunciLayanan Informasi; Media Sosial dan Pengembangan
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/ristekdik.2025.v10i6.582-594 |
Article metrics10.31604/ristekdik.2025.v10i6.582-594 Abstract views : 1 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
Referensi
Abdul Rozak, Irwan Fathurrochman, Dina
Hajja Ristianti3. “Analisis Pelaksanaan
Bimbingan Belajar Dalam Mengatasi
Kesulitan Belajar Siswa†1 (2019): 9–25.
Ahyuna, Ahyuna, and Irmawati Irmawati.
“Perancangan Aplikasi Tes IQ Siswa
Untuk Pertimbangan Pemilihan Jurusan
Dengan Metode Forward Chaining.â€
Creative Information Technology Journal
, no. 2 (2016): 102.
Andani, Melia Fitri, Blasius Boli Lasan, and
Rizka Apriani. “Persepsi Siswa Sekolah
Menengah Pertama Terhadap Penggunaan
Instagram Sebagai Media Layanan
Informasi Bimbingan Dan Konseling
(Perceptions of Junior High School
Students on the Use of Instagram as a
Guidance and Counseling Information
Service Media).†Buletin Konseling
Inovatif 3, no. 1 (2023): 61–70.
Creswell, John W. “Research Design
Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan
Mixed.†In Yogyakarta : Pustaka Pelajar,
Hal. 78, 2013.
Faqih, Imam. “Konsepsi Potensi Manusia.â€
Jurnal Studi Agama Islam 11, no. 2
(2018): 50–68.
Makhmudah, Siti. Medsos Dan Dampaknya
Pada Perilaku Keagamaan Remaja.
Bogor: Guepedia, 2019.
Muttaqin, Reza, Wagimin, and Imam Tadjri.
“Keefektifan Layanan Informasi Karier
Berbantuan Video Interaktif Dan Live
Modeling Untuk Meningkatkan
Pemahaman Karier Siswa SMP.†Jurnal
Bimbingan Konseling 6, no. 2 (2017):
–179.
Abdul Rozak, Irwan Fathurrochman, Dina
Hajja Ristianti3. “Analisis Pelaksanaan
Bimbingan Belajar Dalam Mengatasi
Kesulitan Belajar Siswa†1 (2019): 9–25.
Ahyuna, Ahyuna, and Irmawati Irmawati.
“Perancangan Aplikasi Tes IQ Siswa
Untuk Pertimbangan Pemilihan Jurusan
Dengan Metode Forward Chaining.â€
Creative Information Technology Journal
, no. 2 (2016): 102.
Andani, Melia Fitri, Blasius Boli Lasan, and
Rizka Apriani. “Persepsi Siswa Sekolah
Menengah Pertama Terhadap Penggunaan
Instagram Sebagai Media Layanan
Informasi Bimbingan Dan Konseling
(Perceptions of Junior High School
Students on the Use of Instagram as a
Guidance and Counseling Information
Service Media).†Buletin Konseling
Inovatif 3, no. 1 (2023): 61–70.
Creswell, John W. “Research Design
Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan
Mixed.†In Yogyakarta : Pustaka Pelajar,
Hal. 78, 2013.
Faqih, Imam. “Konsepsi Potensi Manusia.â€
Jurnal Studi Agama Islam 11, no. 2
(2018): 50–68.
Makhmudah, Siti. Medsos Dan Dampaknya
Pada Perilaku Keagamaan Remaja.
Bogor: Guepedia, 2019.
Muttaqin, Reza, Wagimin, and Imam Tadjri.
“Keefektifan Layanan Informasi Karier
Berbantuan Video Interaktif Dan Live
Modeling Untuk Meningkatkan
Pemahaman Karier Siswa SMP.†Jurnal
Bimbingan Konseling 6, no. 2 (2017):
–179.
Nasrullah, Rulli. Media Sosial Perspektif
Komunikasi, Budaya Dan Sosioteknologi.
Jakarta.: Simbiosa Rekatama Media, 2015.
RISTEKDIK (Jurnal Bimbingan dan Konseling), Vol.10, No.6, Juni 2025, 582-594
Pamuji, Agus. “Pengembangan Multimedia
Sebagai Alat Bantu Pada Konseling
Berbasis Hypermedia.†Prophetic:
Professional, Empathy and Islamic
Counseling Journal 3, no. 1 (2020): 51–62.
Pedagogik, Kompetensi, and Bahan Cetak.
“Media Dalam Layanan Bimbingan Dan
Konseling,†no. February (2017): 1529–
Primasari, Ika Firma Ningsih Dian, and Zulela.
“Kendala Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)
Secara Online Selama Masa Pandemik
Covid-19 Di Sekolah Dasar.†JIKAP
PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan
, no. 1 (2021): 64–73.
Puspitarini, Dinda Sekar, and Reni Nuraeni.
“Pemanfaatan Media Sosial Sebagai
Media Promosi.†Jurnal Common 3, no. 1
(2019): 71–80.
Sudarmiyati, Sri. “Layanan Bimbingan Dan
Konseling Di Era Digital.†PROSIDING
SEMINAR NASIONAL Strategi Pelayanan
Bimbingan dan Konseling di Era Disrupsi
(2018): 159–166.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSNÂ 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.







Download 


