EFEKTIVITAS PELATIHAN EMPATI UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ANTI-BULLYING PADA SISWA SMPN X SURABAYA

(1) * Iqbal Bimantoko Surat (Program Studi Magister Psikologi Profesi, Universitas Surabaya, Indonesia)
(2) Lembana Hawadini Surat (Program Studi Magister Psikologi Profesi, Universitas Surabaya, Indonesia)
(3) Hartanti Hartanti Surat (Program Studi Magister Psikologi Profesi, Universitas Surabaya)
*corresponding author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi perilaku bullying pada siswa SMP melalui pelatihan empati. Aspek dari pelatihan empati ini adalah perspektif untuk mengambil, fantasi, keprihatinan empatik, dan tekanan pribadi. Materi disampaikan dengan menggunakan perkuliahan, audio visual, tugas,, diskusi, Permainan, dan refleksi. Para peserta penelitian adalah 27 siswa kelas 7 dari SMP Negeri  "X " di Surabaya. Desain penelitian yang digunakan adalah satu kelompok Pretest-posttest. Pengukuran yang terkait dengan efektivitas pelatihan menggunakan 11 item pertanyaan terbuka. Analisis data kuantitatif menunjukkan perbedaan yang signifikan sebelum dan setelah pelatihan diberikan. Tes regresi menunjukkan bahwa pelatihan empati mempengaruhi peningkatan perilaku Anti-bullying. Hal ini menunjukkan bahwa dalam kajian ini dapat meningkatkan perilaku Anti-bullying di SMP Negeri  "X " mahasiswa di Surabaya.

 


Kata Kunci


Kata Kunci: anti-bullying, pelatihan empati, SMPN.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/ristekdik.2020.v5i2.132-140
      

Article metrics

10.31604/ristekdik.2020.v5i2.132-140 Abstract views : 1688 | PDF views : 733

   

Cite

   

Full Text

Download

Referensi


Ancok, D. & Nashori. F. (2008). Psikologi Islami Solusi Islam Atas Problem problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baron, R.A., Byrne, D., Branscombe, R.N. (2005). Social Psychology (11th Ed). USA: Allyn & Bacon

Coloroso, B. (2006). Penindas, Tertindas, dan Penonton. Resep Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah Hingga SMU. Jakarta : Serambi

Goodwin, D. (2010). Strategis To Deal With Bullying (Strategi Mengatasi Bullying) Alih Bahasa: Cicilia Evi Graddiplsc., M.Psi. Wellington Australia: Kodsrearch Inc

Goleman, D. (2006). Kecerdasan Emosional. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Jolliffe, D., Farrington, D., P. (2011). Is Low Emphaty Related To Bullying After Controlling For Individual and Social Background Variables? Journal of Adolescence, 34: 59-71.

Papalia, D E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2001). Human Development (8th ed.). Boston: McGrawHill.

Rigby, Ken. (2003). Consequences of Bullying in schools. Canadian Journal of Psychiatry

Olweus, D. (2004). Bullying at School. Australia: Blackweell Publishing.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

https://www.malayajournal.org/

farminggroup.org

https://materassomemory.org/

https://visualresearchnetwork.org/

https://brazoriafumc.org/

https://atmamayor.com/

https://viralblasts.com/

Bloom Scape

Rokokbet

Scatter Hitam

Rokokbet

https://press.umam.edu.my/

Rokokbet

https://theusajournals.com/

Rokokbet

Shiowla

https://nextscientists.com/

Rokokbet

Rokokbet

Rokokbet

https://www.acsjakarta.id/

https://thepromax.com/

https://shiowla.eu.com/

https://shiowlabersinar.com/

https://shiowlaterbit.com/

https://www.larrylinville.com/

https://travelritz.com/

https://allamericanadventureguide.com/

Slot88

Toto 4d