MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI MENGGUNAKAN METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KUTACANE

(1) * Muhammad Tahir Mail ()
*corresponding author

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilakukan setelah hasil survei yang telah dilaksanakan menunjukkan rendahnya kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis siswa kelas X SMA Negeri 1 Kutacane. Berdasarkan masalah tersebut, diperlukan strategi pembelajaran dan media pembelajaran yang menyenangkan dan tepat. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan penerapan metode field trip dapat meningkatkan pembelajaran menulis. Hal ini ditandai dengan persentase keaktifan, perhatian, konsentrasi, minat, dan motivasi siswa dalam pembelajaran menulis deskripsi yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang aktif sebesar 60% sedangkan pada siklus II siswa yang aktif meningkat menjadi 70%. Hal ini menunjukan penerapan metode field trip dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis deskripsi. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas.

Kata kunci: menulis deskripsi, field trip, penelitian tindakan kelas (PTK)


   

DOI

https://doi.org/10.31604/linguistik.v4i1.9-17
      

Article metrics

10.31604/linguistik.v4i1.9-17 Abstract views : 1320 | PDF views : 681

   

Cite

   

Full Text

Download

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsini dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Istanti, Wati. 2007. Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Ilmiah Pada Siswa Kelas XII Progam Bahasa (PTK di SMA N 3 Sukoharjo). Skipsi: UNS

Keraf, Gorys. 1981. Eksposisi dan Deskripsi. Jakarta: Nusa Indah

Latifah, Khusnul. 2007. Peningkatan Keterampilan Menulis Dengan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas X SMA N 5 Surakarta. Skripsi: UNS.

Marahimin, Ismail. 1999. Menulis Secara Populer. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE

Parera, Jos Daniel. 1993. Menulis Tertib dan Sistematik. Jakarta: Erlangga

Rahmawati, Titin. 2008. Peningkatan Keterampilan Menulis Dengan Metode berkunjung ke Lingkungan Sekitar (Fiedl Trip) Pada Siswa Kelas V SD Negeri I Kulurejo Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri Tahun ajaran 2007/2008. Skripsi: UNS

Roesiyah. dkk. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabet.

Semi, M. Atar. 1993. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.

Subyakto, Sri Utami dan Nababan. 1993. Metodologi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Gramedia

Sumarlam. 2003. Teori dan Praktik Analisis Wacana. Surakarta: Pustaka Cakra

Sutiamiharja, Agus. dkk. 1997. Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta: Dirjen Dikti Dekdikbud.

Tarigan, Henry Guntur. 1983. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id