 ()
 ()*corresponding author
| AbstractABSTRAK Â Penelitian ini dilakukan setelah hasil survei yang telah dilaksanakan menunjukkan rendahnya kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis siswa kelas X SMA Negeri 1 Kutacane. Berdasarkan masalah tersebut, diperlukan strategi pembelajaran dan media pembelajaran yang menyenangkan dan tepat. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan penerapan metode field trip dapat meningkatkan pembelajaran menulis. Hal ini ditandai dengan persentase keaktifan, perhatian, konsentrasi, minat, dan motivasi siswa dalam pembelajaran menulis deskripsi yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang aktif sebesar 60% sedangkan pada siklus II siswa yang aktif meningkat menjadi 70%. Hal ini menunjukan penerapan metode field trip dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis deskripsi. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas. Kata kunci: menulis deskripsi, field trip, penelitian tindakan kelas (PTK) | 
| DOIhttps://doi.org/10.31604/linguistik.v4i1.9-17 | Article metrics10.31604/linguistik.v4i1.9-17 Abstract views : 1320 | PDF views : 681 | Cite | Full Text Download | 
References
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsini dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Istanti, Wati. 2007. Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Ilmiah Pada Siswa Kelas XII Progam Bahasa (PTK di SMA N 3 Sukoharjo). Skipsi: UNS
Keraf, Gorys. 1981. Eksposisi dan Deskripsi. Jakarta: Nusa Indah
Latifah, Khusnul. 2007. Peningkatan Keterampilan Menulis Dengan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas X SMA N 5 Surakarta. Skripsi: UNS.
Marahimin, Ismail. 1999. Menulis Secara Populer. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE
Parera, Jos Daniel. 1993. Menulis Tertib dan Sistematik. Jakarta: Erlangga
Rahmawati, Titin. 2008. Peningkatan Keterampilan Menulis Dengan Metode berkunjung ke Lingkungan Sekitar (Fiedl Trip) Pada Siswa Kelas V SD Negeri I Kulurejo Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri Tahun ajaran 2007/2008. Skripsi: UNS
Roesiyah. dkk. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabet.
Semi, M. Atar. 1993. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.
Subyakto, Sri Utami dan Nababan. 1993. Metodologi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Gramedia
Sumarlam. 2003. Teori dan Praktik Analisis Wacana. Surakarta: Pustaka Cakra
Sutiamiharja, Agus. dkk. 1997. Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta: Dirjen Dikti Dekdikbud.
Tarigan, Henry Guntur. 1983. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra
issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
 Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id
 
 
  
  
  
  Email this article
			Email this article 







