ANALISA DESAIN VISUAL DAN VERBAL KEMASAN PARFUM ESKULIN TERHADAP KETATNYA PERSAINGAN GLOBALISASI

(1) * Wahyu Oktavia Mail (Institut Agama Islam Negeri Surakarta, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian yang berjudul “Analisa Desain Visual dan Verbal Kemasan Parfum Eskulin terhadap Ketatnya Persaingan Globalisasi†bertujuan untuk mendeskripsikan dan menelaah bentuk analisis desain visual dan verbal pada kemasan parfum eskulin dan pengaruh kemasan terhadap proses pembelian terkhusus di kalangan anak muda. Data ini diperoleh dan disusun menggunakan pendekatan studi literatur dan studi data dari jaringan elektronik yang dijadikan sumber informasi utama. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yang data-datanya telah diperoleh, diklasifikasikan dan selanjutnya dianalisis, dan diperoleh suatu gambaran umum tentang data–data yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat produk merupakan sebuah bahasa yang diterjemahkan menjadi suatu elemen visual dan verbal yang dapat dirasakan oleh panca indra, sehingga konsumen mampu menangkap gambar visual atau verbal terhadap kata kunci yang di sampaikan oleh produk, sehingga mampu menarik daya beli konsumen pada saat persaingan globalisasi saat ini.

Kata kunci: Desain, Kemasan, Parfum, Persaingan Globalisasi


   

DOI

https://doi.org/10.31604/linguistik.v2i1.82-95
      

Article metrics

10.31604/linguistik.v2i1.82-95 Abstract views : 3142 | PDF views : 2710

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Adiwijaya, Michael. (2007). Analisa Strategi Reposisi Merek Dalam Persaingan Pasar, 1-7.

Ardiana, Erlita (2014). Analisis Perbedaan Permintaan Pembelian pada Anak Berdasarkan Terpaan pesan Fantasi Iklan Televisi dan Persepsi Realitas. Skripsi. Jurusan Ilmu Komunikasi. Universitas Diponegoro Semarang.

Cenadi, C. S. (2015). Peranan Desain dalam Dunia Pemasaran, 2(1),1-12.

Christy, P. (2014). Pengaruh Desain kemasan (Packaging) pada Impulsive Buying, (43), 1–14.

Delina, Evy. 2012. Pengaruh Desain Botol Parfum Terhadap Intensi Membeli Para Remaja. Skripsi. Jurusan Psikologi. Universitas Sumatera Utara.

Febriana, C. N. (2015). Pengaruh Iklan Televisi terhadap Kesadaran Merek serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Administrasi Bisnis, 25(1), 1–7.

Gumulya, D. (2016). Penelitian Persepsi Kemasan Produk Skin Care Wanita dengan Pendekatan Teori Semantik. Vist Art Desaign, 8(2), 119–152. https://doi.org/10.5614/j.vad.2016.8.2.4

Hadiyono P., Wahyu W. (2014). Struktur Semantik Kata Emosi dalam Bahasa Indonesia, 37(2), 1–13.

Hapsari, S. U. H. (2010). Aplikasi Semiotik dan Efek Psikologi Tampilan Warna Pada Rumah Minimalis. Riptek, 4 (1), 1-8.

Hernawan, N. D. (2014). Efektifitas Iklan Televisi Tokobagus . Com Versi “ Mau Jual Mobil ?†Pada Masyarakat Surabaya. E-Komunikasi, 2(1), 1–12.

Julianto, T. S. (2014). Analisis Senyawa Berbahaya dalam Parfumdengan

Kromatografi Gas Spektrometri Massa Berdasarkan Material Safety Data Sheet (MSDS), 2(1).

Lakoro, R. H. (2016). Studi Komunikasi Visual pada Kemaasan Makanan Ringan, 1-9.

Lituhayu, C. (2012). Pengaruh Warna Terhadap Psikologi Pengguna dalam Perancangan Fasilitas Bedah Plastik Estetik, 1-7.

Meiliani. (2014). Pencitraan Desain kemasan Oleh Orang Jepang. Humaniora, 5(2),1-8

Michael. A. (2015). Analisa Strategi Reposisi Merek dalam Persaingan Pasar, 1-7.

Newport, N. H. (1989) Effect of Colour on Physical Strenght and Mood in Childern, 69, 1-7.

Pateda, Mansoer. 2001. Semantik Leksikal. Edisi Kedua. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rastati, R. (2010). Konsep Warna dalam Kebudayaan. Universitas Indonesia.

Rosyidah, U. (2010). Model Penaksiran Respon Emosi Berdasarkan Warna Menggunakan Metode Simple Additive Weighting. Techno. com. 9, 1-14.

Rui, R. M. and Z. (2009). Blue or Red? Exsploring the Effect of Colour on Cognitive Task performance, 323 February, 1-4.

Situmorang, S. H. (2017). Pengaruh Harga, Kemasan dan Iklan terhadap Keputusan Pembelian Minute Maid Purply Orange pada Siswa SMA Negeri 1 Medan, 1–12.

Ulfiana, Elita. 2015. Satuan Ekspresi Pengungkap Aroma pada Parfum. Tesis. Jurusan FIB. Universitas Gadjah Mada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id