
(2) Eli Marlina Harahap

(3) Devinna Riskiana Aritonang

*corresponding author
AbstractRevitalisasi literasi dilakukan di SMA Negeri 1 Natal, Mandailing Natal, melalui penelitian berjudul Revitalisasi Literasi Berbahasa Siswa dengan Metode Pembelajaran di Perpustakaan oleh Siswa Kelas X-1. Tujuan utama kegiatan ini adalah meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi siswa, terutama di tengah dominasi hiburan digital yang mengurangi kebiasaan membaca dan menulis tradisional. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan informan Guru Bahasa Indonesia, Ibu Indah Rahmadahani, 33 siswa kelas X-1 (15 laki-laki, 18 perempuan), dan peneliti sendiri. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, lembar kerja siswa (LKPD), dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa metode pembelajaran di perpustakaan efektif dalam meningkatkan literasi: 31 siswa dinyatakan lancar dan hanya 2 siswa tidak lancar. Ini membuktikan bahwa kunjungan dan pembelajaran di perpustakaan berkontribusi positif terhadap literasi siswa tahun ajaran 2023–2024.
KeywordsMetode Pembelajaran di Perpustakaan, Revitalisasi Literasi
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/linguistik.v10i2.296-312 |
Article metrics10.31604/linguistik.v10i2.296-312 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Affrida. 2018. Pembelajaran Literasi dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 2(1).
Arikunto. 2009. Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif: Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96-102.dalam Penelitian. PILAR, 14(1), 15-31.
Arikunto. 2010. Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi. Cetakan 14. Jakarta: praktek. (No Title).
Axford. 2009. Peran Guru dalam Menciptakan Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 050718 Cempa. Jurnal Sintaksis, 1(1), 7-7.
Bu'ulolo Y. 2021. Membangun Budaya Literasi di Sekolah. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(1), 16-23.
Gu. 2015. Kemampuan berbahasa pada anak prasekolah: Sebuah kajian pustaka. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1.
Hafiah. 2009. Hubungan antara kebutuhan informasi pengguna dengan pengadaan koleksi Di Perpustakaan Sma Negeri 1 Jepara (Doctoral dissertation, Ilmu Perpustakaan). ancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan SMA N 19 Palembang. ENTINAS: Jurnal Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 39-46.
Hafid. 2011. Efektivitas Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 4201-4208.
Haryanto, Ignatius. 2014. Jurnalisme Era Digital. Jakarta: Tantangan Industri Media Abad 21.
Harahap, A. S. (2019). Teknik Wawancara Bagi Reporter Dan Moderator Di Televisi. KOMUNIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(01).
Imron, M. A., & Kuntarto, E. 2019. Revitalisasi Perpustakaan Sekolah Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Repository Unja.
Krismanto, W. 2017. Pendampingan Optimalisasi Fungsi Perpustakaan Untuk Menumbuhkan Budaya Baca dan Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar Di Kota Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan Volume 7 Nomor 3, Oktober 2017.)
Luthfiyah, F. 2015. Manajemen perpustakaan dalam meningkatkan layanan perpustakaan. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 189-202.
Mulyati. 2015. Kajian Literatur Penilaian Guru terhadap Keterampilan Siswa dalam Membaca Tahun 2015—2021. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 309-330.
Rukayah, R. S. 2020. Konservasi dan Revitalisasi.
Saleh, A. R., & Komalasari, R. (2014). Pengertian Perpustakaan dan Dasar-Dasar Manajemen Perpustakaan. Manajemen Perpustakaan, 45.
Sismanto. 2008. PARADIGMA PERPUSTAKAAN ERA KLASIK DAN MODERN (DIGITAL). Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan, 2(1), 89-93.
Sitepu. 2012. Pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) tingkat madya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 828-834.
Subandiyah, H. 2015. Pembelajaran Literasi dalam Mata pelajaran Bahasa Indonesia. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 2(1).
Subandiyah, H. 2015. Pembelajaran Literasi dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 2(1).
Sugiono. 2013. Hubungan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1).
Suharsimi. 2006. Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Dengan Menggunakan Kerangka Technology Acceptance Model (TAM)(Studi Kasus PT Bank Syariah Mandiri Cabang Yogyakarta). JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 5(2), 137-150.
Surmalinda. 2014. Implementasi Metode UCD (User Centered Design)
Swasono. 2002. Konservasi dan Revitalisasi.
Syaipul, Aswan. 2006. Strategi belajar mengajar. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Widiasa, I. K. 2007. Manajemen perpustakaan sekolah. Jurnal Perpustakaan Sekolah, 1(1), 1-14.
Winataputra. 2003. Penerapan Model Pembelajaran Grup Investigasi Dalam Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Potensi dan Paya Indonesia Menjadi Negara Maju. Journal of Geography Education, 2(2).
Yusuf. 2005. Penerapan sistem close access pada layanan sirkulasi di perpustakaan politeknik pertanian unand payakumbuh. Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 1(
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra
issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id