Pengaruh Penggunaan Discovery Learning dalam Mengemukakan Struktur Teks Biografi Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Padangsidimpuan

(1) * Nur Khadijah Siregar Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(2) Devinna Riskiana Aritonang Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(3) Khatib Lubis Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan discovery learning dalam mengemukakan struktur teks biografi kelas XI SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Padangsidimpuan yang berjumlah 172 siswa dan pengambilan sampel dilakukan secara random sampling sehingga diperoleh sampel penelitian ini sebanyak 22 siswa yang terdiri dari 14 perempuan dan 8 laki-laki. Metode penelitian yang diguanakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif pendekatan statistik. Instrument yang digunakan adalah tes. Tes berupa pertanyaan atau latihan serta alat lain untuk mengukur keterampilan siswa dalam mengemukakan struktur teks biografi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dari itu adanya pengaruh kemampuan mengemukakan struktur teks biografi di kelas XI , jumlah yang diperoleh Variabel X Penggunaan Discovery Learningyang diperoleh adalah 1510 dengan rata-rata 68,63 berkategori “Cukup", dan jumlah dari Variabel Y dalam mengemukakan struktur teks biografi yang diperoleh adalah 1280 dengan rata-rata 58,18 berkategori “Kurang"

Keywords


Discovery Learning, Model Pembelajaran, Struktur teks biografi

   

DOI

https://doi.org/10.31604/linguistik.v10i2.313-327
      

Article metrics

10.31604/linguistik.v10i2.313-327 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Agustina, J., & Mairu, T. 2018. Metode Hypnoteaching sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Mahasiswa. Jurnal Ilmu Kependidikan 16 (3), 366-375, 2018, 355. doi:http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v16i3.2111

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Jakarta Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Yogyakarta: Rineka cipta.

Boud, D. and G. Feletti. 1997. The Challenge of Problem Based Learning. London: Kogan Page.

Cahyono, A. S. 2016. Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157.

Dalman, H 2023:3-4 Keterampilan Menulis –Ed.1,-Cet. 4. Jakarta : Rajawali Pers.

Dalman, H. 2015. Kemampuan Menulis. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Fadillah, R. A., & Aulia, H. R.2021. Penggunaan Metode Bimbingan Langsung Dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Biografi Pada Kelas X.

Fu’ad, Z. 2008:12. Jadikan Hidup Anda Lebih Bermakna! Menulis Biografi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hanida, Neviyarni, & Farida F., 2019. Peningkatan Hasil Belajar Siswa menggunakan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Discovery Learning di Kelas IV Sekolah Dasar.Jurnal Basicedu Volume 3 Nomor 2.

Harahap, Syahrin. 2014:6. Metodeologi Studi Tokoh dan Penulisan Biografi. Jakarta: Prenadamedia Group

Joyce, Bruce & Marsha Weil. 1980. Models of Teaching, Fifth Edition. USA: Allyn and Bacon A Simon & Scuster Company

Kellen Roy. 1998. Effective Teaching Strategis lessons from research and practice. South Melbourne, Vic.: Thomson Social Science Press, 2007.

Khaerunnisa, K. 2018. Penerapan model discovery learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi (penelitian tindakan pada siswa kelas XI di SMA Dharma Karya UT Kota Tangerang Selatan). Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(2), 71-81.

Kusumasari, M., & Ulumuddin, A. 2023, July. 141. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Biografi dengan Model Discovery Learning dan Media Film di Kelas X SMA Negeri 6 Semarang. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 1, No. 1, pp. 1296-1309).

Margetson, D. 1994. Current Educational Reform and the Significance of Problem-Based Learning. Stud. Higher Educ.; 19:5-19.

Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep model discovery learning pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar menurut pandangan para ahli. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2189-2198.

Mayang, F.2023. Hubungan Antara Minat Membaca Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Struktur Pada Teks Biografi Siswa Kelas X Sma Santo Fransiskus Asisi Pontianak (Doctoral Dissertation, Ikip Pgri Pontianak).

Nawawi, Hadar? . 2001:40. Metode Penelitian Bidang Sosial Yogyakarta 1. Gajah Mada Univerity Press.

Nurhadi. 2002:30. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching And Learning). Malang: Universitas Negeri Malang.

Nurulhayati, Siti. 2002. Pembelajaran Kooperatif yang Menggairahkan. Wahana Informasi dan Komunikasi Pendidikan TK dan SD. Edisi 3.

Poerwadarminta. 2003:86. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Penerbit Balai Pustaka.

Poerwadamita. 2001:73. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Penerbit Balai Pustaka.

Putri, N., Syahrul, R., & Afnita, A. (2018). Pengaruh penggunaan model discovery learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 12 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(3), 192-198.

Rusman, Dr . 2019:229. Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru -Ed. 2-Cet. 5.-Jakarta: Rajawali Pers.

Sinambela, P. N. 2017:. Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Generasi Kampus, 6 (2)

Sugiyono, 2009 Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono,2007. Metodelogi Penelitian Administrasi. Jakarta : Grafindo.

Sukirno. 2016:55. Belajar Cepat Menulis Kreatif Berbasis Kuantum. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suherli, D. 2017:209. Buku Guru Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Suparno dan Yunus, M. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suryabarata, Sumaid? 2008 Metodologi Penelitan Jakarta. Rajagrafindo Persada.

Tarigan, Hendry Guntur. 2005. Menulis sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Sesuatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa Bandung

Westwood, Petter. 2008. What Teacher Need to Now about Teaching Methods.Australia: Ligare

Zain dan Badudu, J.S. 2002:103. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarata: Balai


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id