Peran Standar Pelayanan Minimal Bidang Pekerjaan Umum dalam Meningkatkan Pembangunan Infrastruktur di Kota Surabaya

(1) * Mohammad Rafi Syafiuddin Mail (Universitas Pembangunan 'Veteran' Jawa Timur, Indonesia)
(2) Agus Widiyarta Mail (Universitas Pembangunan 'Veteran' Jawa Timur)
(3) Agus Widiyarta Mail (Universitas Pembangunan 'Veteran' Jawa Timur)
*corresponding author

Abstract


Artikel ini membahas peran Standar Pelayanan Minimal (SPM) dalam meningkatkan pembangunan infrastruktur di Kota Surabaya. Standar Pelayanan Minimal yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2018, berfungsi sebagai acuan bagi pemerintah daerah dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proyek infrastruktur. Penerapan SPM di bidang pekerjaan umum diharapkan dapat menjamin kualitas dan aksesibilitas layanan publik, serta mendorong transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan proyek. Namun, pembangunan infrastruktur di kota Surabaya menghadapi berbagai tantangan, termasuk pembebasan lahan, kemacetan lalu lintas, kinerja kontraktor yang kurang optimal, dan dampak lingkungan. Faktor pendukung seperti partisipasi masyarakat, dukungan finansial, dan kebijakan pemerintah yang jelas juga berperan penting dalam keberhasilan proyek. Dengan penerapan Standar Pelayanan Minimal yang efektif, diharapkan infrastruktur yang dibangun dapat memenuhi kebutuhan dasar masyarakat dan mendukung pertumbuhan ekonomi serta sosial secara berkelanjutan. Kerjasama antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta sangat diperlukan untuk mengatasi kendala yang ada dan memastikan proyek infrastruktur memenuhi standar yang ditetapkan

Keywords


Pekerjaan Umum; Pembangunan Infrastruktur; Standar Pelayanan Minimal

   

DOI

https://doi.org/10.31604/justitia.v8i2.%25p
      

Article metrics

10.31604/justitia.v8i2.%p Abstract views : 0

   

Cite

   

References


(Kadir, 2023) SCIENTIA : Journal of Multi Disciplinary Sciences Maluku Utara : Menegakkan Ketentraman dan Ketertiban Umum Serta SCIENTIA : Journal of Multi Disciplinary Sciences. 02(2), 72–83.

(Savitri, 2013) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL : Perkembangan , Hambatan dan Tantangan Ke Depan. DESENTRALISASI, 11(32), 303–314.

(Aulia, 2024) Analisis Peran Infrastruktur Dalam Pertumbuhan Ekonomi Pembangunan Di Kota Palembang. Jurnal Publikasi Ekonomi Dan Akuntansi, 4(1), 36–54.

(Awainah et al., 2024)Awainah, N., Aminullah, A., & Ekonomi, P. (2024). Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, Volume 7 Nomor 3, 2024 | 6847. 7, 6847–6854.

(Rismaharini, 2007) PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR KOTA SURABAYA, ANTARA ANTARA PROBLEM DAN SOLUSI. 978, 17–27.

(Londo & Suwetja, 2018)Londo, I. P., & Suwetja, I. G. (2018). IPTEKS STANDAR PELAYANAN MINIMAL PADA DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG DAERAHPROVINSI SULAWESI UTARA. Ireine P. Londo1, I Gede Suwetja 2 1,2. Ipteks Akuntansi Bagi Masyarakat, 02(02), 537–540.

(Sarastri et al., 2023)Sarastri, L., Wardoyo, P., Studi, P., Manajemen, M., Semarang, U., & Sektoral, K. L. (2023). STRATEGI MENINGKATKAN CAPAIAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 21(4), 379–389.

(Aziza, 2016)Aziza. (2016). Evaluasi standar pelayanan minimal (spm) pekerjaan umum dan penataan ruang kota samarinda : sebuah upaya menuju perbaikan 1. 12(3), 259–278.

(Rahman, 2024) Analisis Pengaruh Standar Pelayanan Minimal ( SPM ) Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Melalui Kesejahtraan Masyrakat Di Kalimantan Tengah. 2(3).

(Hilda et al., 2024)Hilda, D., Herlina, D., Risma, J., Hikmat, S., & Almubaroq, Z. (2024). Pengaruh Penerapan Standar Pelayanan Minimal ( SPM ) Terhadap Pembangunan Manusia Indonesia Dalam Mendukung Pertahanan Negara. 3(2), 1727–1741.

(Saniyyah, 2019) PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN PEMKOT SURABAYA MASA. E-Journal Pendidikan Sejarah, 7(1).

(Sasmito, 2017) Implementasi pembangunan infrastruktur jalan desa. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 6(3), 72–76.

(Agustina, Mahendradhata, 2023)Agustina, Mahendradhata, dan P. (2023). Analisis Implementasi Kebijakan Standar Pelayanan Minimum Bidang Kesehatan Indikator Pelayanan Kesehatan Penderita Diabetes Melitus di Kabupaten Magelang. JURNAL KEBIJAKAN KESEHATAN INDONESIA : JKKI VOLUME, 12(02), 109–113.

(Maulana et al., 2021)Maulana, I., Anshori, S., Magister, S., Inovasi, M., & Teknologi, U. (2021). IMPLEMENTASI PENERAPAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL. 277–285.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Justitia : Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora