Inovasi Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Bersama Samsat Kenjeran Surabaya Utara

(1) * Annisya Rossita Palupi Mail (universitas pembangunan nasional “veteran” jawa timur)
(2) Kelvin Edo Wahyudi Mail (universitas pembangunan nasional “veteran” jawa timur)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini membahas inovasi pelayanan pajak kendaraan bermotor di Kantor Bersama Samsat Surabaya Kenjeran, yang menghadapi masalah rendahnya kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak dan proses administrasi yang rumit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi inovasi yang diterapkan untuk meningkatkan aksesibilitas dan efisiensi layanan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan analisis mendalam terhadap fenomena yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi seperti Samsat Keliling, E-Samsat, Samsat Payment Point, Samsat Corner, dan program Dugi Kelurahan berhasil mempermudah proses administrasi dan pembayaran pajak. Dengan adanya layanan-layanan ini, diharapkan tingkat kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak meningkat, serta kesadaran akan pentingnya kontribusi pajak terhadap pembangunan daerah semakin terbangun. Penelitian ini mencerminkan komitmen pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan publik yang lebih baik dan responsif. 

Keywords


aksebilitas; inovasi; kepatuhan; pajak kendaraan bermotor

   

DOI

https://doi.org/10.31604/justitia.v8i2.%25p
      

Article metrics

10.31604/justitia.v8i2.%p Abstract views : 0

   

Cite

   

References


Defrian, D., Sururi, A., & Hasanah, B. (2021). Inovasi Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Samsat Di Kabupaten Pandeglang. Jurnal Ilmiah Wahana Bhakti Praja, 11(2), 163–174. https://doi.org/10.33701/jiwbp.v11i2.2100

Devaranti, S., Murodi, H. A., & Machrunnisa, M. (2023). Inovasi Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Aplikasi Signal (Samsat Digital Nasional) Di Uptd Kantor Samsat Balaraja Kabupaten Tangerang. Jurnal Administrasi Negara, 29(2), 127–146. https://doi.org/10.33509/jan.v29i2.2637

Dwi, C., & M, M. (2015). Inovasi Layanan Samsat Hiburan Obyek Wisata (S.H.O.W) Di Kantor Bersama Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Surabaya Utara. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), 49–58.

Hartanti, H., Alviani, R. K., & Ratiyah, R. (2020). Pengaruh Samsat Keliling, Samsat Drive-Thru, E-Samsat Terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Samsat Jakarta Timur. Jurnal Online Insan Akuntan, 5(1), 125. https://doi.org/10.51211/joia.v5i1.1327

Hasanah, U., Na’im, K., Elyani, E., & Waruwu, K. (2021). Analisis Perbandingan Tax Amnesty Jilid I dan Jilid II (Program Pengungkapan Sukarela) Serta Peluang Keberhasilannya. Owner, 5(2), 706–716. https://doi.org/10.33395/owner.v5i2.565

Loket, D. I. (2012). Proses Pelayanan. VI, 13.

Muhammad Riyandi Firdaus. (2017). Service Reform Of Motor Vehicle Payment Tax On The Department Of Regional Revenue Of South Kalimantan In The City Of Banjarmasin. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Publik Dan Administrasi Bisnis, 1(2), 475–489. https://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/PubBis/article/download/27/49/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Justitia : Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora