Analisis Interdisipliner terhadap Anak Berkonfllik Hukum

Sando Marojahan Siahaan, Puti Priyana

Abstract


Keadaan psikososial merupakan hasil dari interaksi antara sistem biologis, psikologis, dan sosial yang dapat memberikan dampak pada perkembangan manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai keadaan psikososial anak yang terlibat dalam konflik hukum.dengan memadukan Teori Labeling yang menjadi suatu materi dalam Kriminologi dengan Psikoanalisis yang kemudian digunakan dalam Ilmu Psikologi. Penelitian ini mengaplikasikan pendekatan hukum normatif dalam metodologi penelitiannya, yang digunakan untuk menganalisis situasi anak yang terlibat dalam konflik hukum. Sehingga Ketika kita menempelkan label pada seorang anak, setelah melekat, label tersebut sulit untuk dihilangkan. Hal ini karena label dapat memiliki dampak yang signifikan pada tingkat kepercayaan diri, perilaku, dan tanpa disadari, juga membentuk identitas diri anak.


Keywords


Anak Berkonflik Hukum, Labeling, Psikoanalisis.

Full Text:

PDF

References


Alex Sobur. Psikologi Umum dalam Lintasan Sejarah. Bandung: CV Pustaka Setia.

Anugerah Ayu Sendari, “Impresi adalah Kesan, Kenali Arti dan Cara Membangunnyaâ€, diakse dari https://www.liputan6.com/hot/read/4743671/impresi-adalah-kesan-kenali-arti-dan-cara-membangunnya?page=4, Pada tanggal 06 Desember 2023 Pukul 13.40.

Ardianto, J, “Pengaruh Labelling Pencuri Terhadap Pemuda Desa Xâ€(Studi Kasus Pencurian Di Desa X Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar),†(Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau), 2022.

Carhart-harris RL, Friston KJ, “Mode default, fungsi ego, dan energi bebas: penjelasan neurobiologis dari ide-ide Freudian.†Otak.

Chairul Huda, Dari tiada pidana tanpa kesalahan menuju kepada tiada pertanggungjawaban pidana tanpa kesalahan. Kencana Prenada Media, Jakarta.

Hadi Supeno, Kriminalisasi Anak, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Hendro Puspito. Sosiologi. Jakarta: Esis

Jatnika, D.C., Mulyana, N., dan Raharjo,S.T.. “Residivis Anak Sebagai Akibat Dari Rendahnya Kesiapan Anak Didik Lembaga Pemasyarakatan Dalam Menghadapi Proses Integrasi ke Dalam Masyarakat.†Prosiding KS: Riset & PKM.

Kartini Kartono. Psikologi Anak. Penerbit Alumni Bandung.

Kartono, Kartini. Patologi Sosial, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

M.Nasir Djamil, 2013, Anak Bukan Untuk Dihukum, Sinar Grafika, Jakarta.

Nyayu Saroya, “Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Kompetensi Dosen Dalam Mengajar Pada Program Stusi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang,†Tadrib, vol. 4, no. 1, (Juni 2018).

Schalkwijk F. “Konseptualisasi Baru Hati Nurani. Psikol Depanâ€, 2018.

Simon Boag, “Ego, dorongan, dan dinamika objek interna,†Departemen Psikologi, Universitas Macquarie, Sydney, NSW, Australia, 2014.

Sukma,F.M., dan Panjaitan, R.U. “Dukungan Sosial dan Hubungannya Dengan Tingkat Depresi Pada Narapidana Anak.†Jurnal Keperawatan, 2018.

Widodo, 2011, Prisonisasi Anak Nakal: Fenomena dan Penanggulangannya, CV. Aswaja Pressindo, Yogyakarta.

Wuryansari, R., dan Subandi.. “Program Minfulness for Prisoners (Mindfulners) untuk Menurunkan Depresi pada Narapidanaâ€. Gadjah Mada Journal Of Professional Psychology, 2019.




DOI: https://doi.org/10.31604/justitia.v7i2.492-502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Justitia : Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora