(1) * Intan Nur Suhana Mail (Universitas Islam Riau, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Inovasi layanan melalui aplikasi terkhususnya dalam permohonan online dalam pengurusan KTP-el hilang dan KTP-el rusak dapat diunduh melalui smartphone berbasis android, aplikasi Layanan Tunggu (LAGU) bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam permohonan tanpa melakukan antrian langsung. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Inovasi Penyelenggaran Publik Melalui Aplikasi Layanan Tunggu (LAGU) Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru dan apa saja faktor-faktor penghambat Inovasi Aplikasi Layanan Tunggu (LAGU). Penelitian ini dilakukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru, dengan menggunakan metode Kualitatif, Pengumpulan data dengan menggunakan teknik Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menurut Rogers dalam Prabowo (2022:18). Hasil penelitian ini menunjukkan dengan adanya Inovasi Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Layanan Tunggu (LAGU) sudah memberikan kemudahan namun terdapat hambatan bagi masyarakat yang sudah lanjut usia serta kurangnya sosialisasi terhadap adanya aplikasi Layanan Tunggu (LAGU)  ini. Saran untuk Layanan Tunggu (LAGU) ini agar dilakukannya evaluasi dan melakukan sosialiasi dengan melibat UPT dikecamatan yang ada di Kota Pekanbaru sehingga meratanya informasi yang didapatkan oleh masyarakat Kota Pekanbaru.


Keywords


Inovasi Pelayanan Publik, Aplikasi Layanan Tunggu

          

Article metrics

Abstract views : 101 | PDF views : 60

   

Cite

   

Full Text

Download

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.