UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL HUKUM TAJWID MELALUI METODE MNEMONIK DI PESANTREN

Ummul Amini, Rahmah Suaibah, Bambang Hermanto, Kahfi Yogi Al Fauzan, Ridwan Hakim, Japar Siddik, Darliana Sormin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghafal hukum tajwid melalui penerapan metode mnemonik di Pesantren Hajijah Amalia Sari Simirik. Permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya kemampuan santri dalam menghafal hukum tajwid, yang disebabkan oleh kurangnya metode pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode mnemonik secara signifikan meningkatkan kemampuan santri dalam menghafal hukum tajwid. Pada pra siklus, presentase santri sukses menghafal mencapai 30%, pada siklus I mencapai 50 % dan siklus II 80%. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa metode Mnemonik ini efektif untuk meningkatkan kemampuan menghafal hukum tajwid para santri,sehingga direkomendasikan agar diterapkan lebih luas di pesantren.

 

Kata Kunci: Kemampuan Menghafal, Hukum Tajwid, Metode Mnemonik


Full Text:

PDF

References


Alfiya Kusumawati, M Yahya Ashari, A. (2024). Hubungan Pemahaman Ilmu Tajwid Dengan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Kelas VIII MTs Al Huda Sumobito Jombang. Jurnal Pendidikan Islam, 2, 65–73.

Anggriyani, I., & Hrp, N. A. (2021). Peningkatan Daya Ingat Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Dengan Penggunaan Teknik Mnemonic Pada Kelas Xi Mas Al-Barakah. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 657–666. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.657-666

Ashadiqi, M. H., Erlansari, A., & Farady, F. (2020). Aplikasi Pembelajaran Tajwid Berbasis Android. Jurnal Rekursif, 8(1), 59–70.

Astikajaya, I. M. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Agama Hindu pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(4), 499–504. https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.52109

Atimi, N. D., Ningsih, A. N. M., & Lestari, E. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dan Retensinya Menggunakan Metode Mnemonics. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 6(2), 107–117. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.2.2023.2661

Ayu Puji Rahayu, Dindin Sofyan Abdullah, A. A. S. (2023). PENGARUH PENGAPLIKASIAN METODE MNEMONIC TERHADAP DAYA INGAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. JURNAL AL BURHAN STAIDAF, 3(1), 1–9.

Febriana, N. N. I., & Alimuddin, N. (2024). Upaya Meningkatkan Daya Ingat Siswa Sekolah Dasar dengan Metode Mnemonik. Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Dasar, 1(1), 31–36.

Firdaus, I., Hidayati, R., Hamidah, R. S., Rianti, R., Cahyuni, R., & Khotimah, K. (2023). Model-Model Pengumpulan Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, Vol.1 No.2(2), 107.

Firdaus, S., & Hafidah, S. (2020). Mnemonik : Solusi Kreatif untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab Siswi Madrasah Aliyah Nurul Jadid. Palapa, 8(1), 81–96. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.700

Gafur, A., Nurhasan, Switri, E., & Apriyanti. (2023). Pentingnya Ilmu Tajwid dalam Mempelajari Al-Qur’an. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13337–13343.

Heryani, Y., Kartono, Wijayanti, K., & Dewi, N. R. (2021). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang Pengaruh Metode Mnemonik Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Daya Ingat. Pascasarjana Universitas Negeri SemarangProsiding Seminar Nasional, 2017, 449–454.

http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/

Millah, A. S., Apriyani, Arobiah, D., Febriani, E. S., & Ramdhani, E. (2023). Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 140–153.

Mubaidilla, M. R. (2022). Penerapan Mnemonik Sebagai Metode Alternatif Untuk Menghafal Huruf Ikhfa’. Al-Rabwah, 16(02), 90–96. https://doi.org/10.55799/jalr.v16i02.199

Nawir, F. T., & Kara, C. Y. (2024). Penerapan Teknik Mengingat Mnemonic untuk Meningkatkan Kemampuan Mengingat Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. 1(3), 94–100.

Nurfadila, I. (2020). Penerapan Metode Mnemonik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Seminar Nasional Pendidikan, 206–215. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/323/306

Pratiwi, A. M., Latief, I. M., Saepudin, M., Aula, S. N. A., & Adawiyah, S. R. (2023). Strategi Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 152.

Putri, Y., Nurhuda, A., & Huda, A. A. S. (2023). Konsep Dasar Penelitian Tindakan Kelas : Sebuah Pengantar dalam Metode Penelitian Pendidikan. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 5(2), 9–16. https://doi.org/10.52005/belaindika.v5i2.119

Ray, S., Das, J., Pande, R., & Nithya, A. (2024). Swati Ray 1 , Joyati Das 2* , Ranjana Pande 3 , and A. Nithya 2. XII(2), 195–222. https://doi.org/10.1201/9781032622408-13

Rozi, F., Sa’adah, N., & Hayati, N. (2022). Meningkatkan Daya Ingat Tajwid melalui Mnemonic Learning. Fondatia, 6(3), 676–690. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i3.1901

Rudy Irwan, R. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN METODE MNEMONIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL- QUR’ AN PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN DAN HADITS PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS AS SYIFA JATI AGUNG. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran, 27(2), 58–66. http://117.74.115.107/index.php/jemasi/article/view/537

Salsabila, U. W. N., & Saugi, W. (2020). Pengaruh Bimbingan Al-Qur’an Terhadap Pemahaman Hukum Tajwid Pada Bacaan Al-Qur’an Mahasiswa Kelas Khusus Internasional. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(2), 139–148. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v1i2.2403

Siregar, S. (2020). Pembelajaran Sistem Ekskresi dengan Metode Mnemonik untuk Meningkatkan Retensi (Daya Ingat) dan Hasil Belajar Siswa. Serambi Konstruktivis, 2(1), 77–83.

Susanti Aror. (2021). METODE MNEMONIK DALAM LAGU SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI INDONESIA. Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(5), 6.

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jie.v3i1.23-37

Article Metrics

Abstract view : 9 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.