PENGARUH PEMBIASAAN SHALAT BERJAMA’AH TERHADAP AKHLAK SISWA MTs MUHAMMADIYAH 22 PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pembiasaan shalat berjamaah terhadap akhlak siswa MTs Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini kuantitatif, pengumpulan datanya melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan rumus statistik regresi linier sederhana dan uji signifikansi adanya pengaruh pembiasaan shalat berjamaah terhadap akhlak siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan angket tentang pembiasaan shalat berjamaah siswa sebesar 61.01%, angket akhlak santri sebesar 61.65%, yang berarti akhlak santri tergolong baik. Dari hasil perhitungan statistik, pengaruh variabel pembiasaan shalat berjamaah terhadap akhlak siswa MTs Muhammadiyah 22 diperoleh 40.9% dan sisanya 59.1% dipengaruhi oleh faktor lain. Jadi terdapat pengaruh yang signifikan pembiasaan shalat berjamaah terhadap akhlak siswa MTs Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan.
Kata Kunci: Pembiasaan Sholat, Shalat Berjama’ah, Akhlak
Full Text:
PDFReferences
Afif, Z., Azhari, D. S., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Ilmiah ( Kuantitatif ) Beserta Paradigma , Pendekatan , Asumsi Dasar, Karakteristik, Metode Analisis Data Dan Outputnya. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3).
Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Penerapannya dalam Penelitian. Education Journal.2022, 2(2).
Anggraeni, C., & Mulyadi, S. (2021). Metode pembiasaan untuk menanamkan karakter disiplin dan tanggungjawab di ra daarul falaah tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, 5(1).
Balaka, M. Y., Abyan, F., Rohana, H., & Ahmaddien, I. (2022). Metode penelitian Kuantitatif. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif, 1.
Charismana, D. S., Retnawati, H., & Dhewantoro, H. N. S. (2022). Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Indonesia: Kajian Analisis Meta. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 9(2).
Hawa, A. A., Anggriani, A. I., Devi, A. N., Suyana, F. T., Fitria, R. A., & Febriyani. (2023). Akhlak dalam perspektif pendidikan agama islam. AL Anbiya: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(November).
Hiadayatullah, H. A. (2022). Pengaruh Pembiasaan Shalat Berjamaah Terhadap Terbentuknya Karakter Agama Islam Di Pon-Pes Nurul Hidayah Sadeng Bogor.
Huda, K., Adibah, & Astino, B. (2023). Pengaruh Pembiasaan Shalat Berjamaah Terhadap Akhlak Santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Darul Hikam Mancar Peterongan Jombang. SUMBULA Jurnal Studi Keagamaan, Sosial Dan Budaya, 8.
Ilyas, M. (2021). Hadis tentang Keutamaan Shalat Berjamaah Muhammad. Jurnal Riset Agama, 1(Agustus).
Jasmana. (2021). Menanamkan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembiasaan Di Sd Negeri 2 Tambakan Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. ELEMENTARY : Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(4).
Khalid, M. I. (2022). Pengaruh Aktivitas Salat Berjamaah Terhadap Karakter Religius Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru. Braz Dent J., 33(1).
Kholidah, Hidayat, Jamaludin, L. (2023). Teknik Pengumpulan Data Kuantitatif Dan Kualitatif Pada Metode Penelitian. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 43(4).
Lestari, D. (2019). Pengaruh Pembiasaan Shalat Berjamaah Terhadap Akhlak Santri Sma Pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin ‘Aisyiyah Wilayah Sulawesi Selatan.
Muharatun. (2019). Pengaruh Pembiasaan Salat Berjamaah Terhadap Akhlak Peserta Didik Di Mis Al-Muthmainnah Kec. Soromandi Kab. Bima. UIN Alauddin Makassar.
Ningsih, W., Kamaludin, M., & Alfian, R. (2021). Hubungan Media Pembelajaran dengan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Iptek Sengkol Tangerang Selatan. Tarbawai: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(01).
Nuril Ayni, Risma Nurmaning Azizah, R. A. P. (2022). Pengaruh Kegiatan Pembiasaan Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(1).
Putri, L. (2024). Implikasi Pembiasaan Sholat Berjamaah Terhadap Pembinaan Akhlak Siswa Di Sma Negeri 3 Metro.
Rochmah, A. (2018). Pengaruh Pembiasaan Shalat Berjamaah Terhadap Pembentukan Akhlak Siswa Sekolah Dasar Negeri Salamkanci 2 Bandongan Kabupaten Magelang.
Samsul, A., Yusup, M., & Jamal, S. (2023). Representasi pembiasaan shalat dzuhur berjamaah dan akhlak peserta didik. THORIQOTUNA Jurnal Pendidikan Islam, 6(1).
Surahyo, & Nurwahyudi. (2024). Pembiasaan Sholat Berjamaah Terhadap Pembentukan Kecerdasan Emosional Siswa ( Studi Kasus di SDN 1 Bumi Rahayu Kecamatan Bumiratu Nuban Kabupaten Lampung Tengah ). Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 3(1).
Sutrawati, E. dan Y. A. (2021). Implementasi metode pembiasaan dalam membentuk karakter religius anak. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2).
Syarbini, I. (2022). Pandangan Fiqh Tentang Shalat Berjamaah Secara Virtual. A L – A D I L L A H : J U R N A L H U K U M I S L A M, 2(1).
Syekh, A. K. (2018). Tatacara Pelaksanaan Shalat Berjama’Ah Berdasarkan Hadis Nabi. Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah, 15(2).
Syukur, A., Islam, U., & Syarif, N. (2020). Akhlak Terpuji dan Implementasinya di Masyarakat. MISYKAT AL-ANWAR: Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat, 3(2).
Tsalitsah, I. M. (2020). Akhlaq Dalam Perspektif Islam. Al-Hikmah : Jurnal Studi Agama-Agama, 6(2).
Ulya, K. (2020). Pelaksanaan Metode Pembiasaan Di Pendidikan Anak Usia Dini Bina Generasi Tembilahan Kota. Asatiza Jurnal Pendidikan, 1(April).
Yunus, M., Taufik, A., Witjoro, W. A., & Ferdiansyah, A. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Sholat Berjamaah Bagi Santri Putra Di Ponpes Al-Ikhlas. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 7(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jie.v3i1.13-22
Article Metrics
Abstract view : 11 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.