PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SANTRI MELALUI METODE PEMBIASAAN MEMBACA ASMAUL HUSNA DI MTs DARUL IKHLAS PADANGSIDIMPUAN

Ummi Hanipah Nasution, Nurdina Yanti, Rasuna Elya, Hasanah Wasliyah, Ripal Hidayat, Jumaita NoprianiLubis

Abstract


Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata, gambar dan bukan dalam bentuk angka-angka. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan pembentukan karakter religius santri kls VIII  terhadap pembiasaan membaca Asmaul Husna di MTs Darul Ikhlas,  (2) mendeskripsikan pembiasaan membaca asmaul husna di MTs Darul Ikhlas, dan (3) mendeskripsikan faktor pendukung  pembiasaan membaca Asmaul Husna di MTs Darul Ikhlas. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam pembiasaan membaca Asmaul Husna dilakukan bersama-sama sebelum dimulai kegiatan pembelajaran sehingga diharapkan santri mampu menjalankan kedisiplinan sebelum memulai pembelajaran. Pembiasaan membaca  asmaul husna melatih santri senantiasa berdzikir setiap hari. Faktor pendukung dalam pembentukan karakter religius santri melalui pembiasaan membaca asmaul husna yaitu: dukungan penuh dari orang tua, guru, teman, lingkungan sekolah dan intelegensi.

Kata Kunci: Karakter Religius, Santri, Asmaul Husna


Full Text:

PDF

References


Aisah, S., & Slamet Yahya, M. (2024). Implikasi Tradisi Pembacaan Asmaul Husna Dalam Konsep Pendidikan Profetik (Studi Di Madrasah Diniyah Takmiliyah an- Nuur Langkap). Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(Volume 09 No. 1 Maret 2024). https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11206

Basri, H., Suhartini, A., & Nurhikmah, S. (2023). Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Pembiasaan Kegiatan Keagamaan di MA Miftahul Ulum Kabupaten Purwakarta. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 1521–1534. https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4269

Fatinia, D., Rukajat, A., & Ramdhani, K. (2022). Peranan Orang Tua dalam Menumbuhkan Pemahaman pada Anak Mengenai Pentingnya Ibadah Shalat Berjamaah. As-Sabiqun, 4(3), 656–669. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i3.1951

Hariyani, D., & Rafik, A. (2021). Pembiasaan Kegiatan Keagamaan dalam Membentuk Karakter Religius di Madrasah. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 32–50. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v2i1.72

Ihsanti, F. N. (2023). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Pembacaan Asmaul Husna Di SMP Sultan Agung Seyegan Sleman. Risalah, 9(3), 1363–1373. http://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/600

Lailiyah, N., & Hasanah, R. (2020). Peningkatan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Pembiasaan Membaca Asma’ul Husna Di SMPN 1 Ngoro Jombang. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 9(2), 160–178. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v9i2.180

Mahmudiyah, A., & Mulyadi, M. (2021). Pembentukan Karakter Religius Di Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Pesantren. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 2(1), 55–72. https://doi.org/10.37812/zahra.v2i1.223

Moh. Khoirul Anam, A. H. (2023). Implementasi Pembacaan Asmaul Husna Dalam Membentuk Karakter Islami Pada Siswa MTs Al-Azhar Menganti Gresik. Jurnal Pendidikan Agama Islam Miazhar, 2(2), 51–57. https://jurnal.mialazhar.sch.id/index.php/jpaimi/article/view/

Muslim, Kartika, I., Kuswandi, S., Herawati, S., & Ropitasari, A. (2023). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mewujudkan Karakter Religius Pada Peserta Didik. 917–932.

Nurbaiti, R., Alwy, S., & Taulabi, I. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 55–66. https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.995

Nurulhaq, D., Fikri, M., Azizah, H. N., Rohmah, F. N., & Sukmara, G. F. (2021). Urgensi Iffah bagi Masyarakat Sekolah. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(1), 41–60. https://doi.org/10.15575/ath.v6i1.11943

Rahmawati, N. (2024). Pendampingan Literasi Asmaul Husna Sebagai Bentuk Penguatan Spiritualitas Siswa Kelas VII di SMPN 8 Palangka Raya. 2(1), 132–139.

Rohman, S. (2020). Pembiasaan Membaca Asmaul Husna Untuk Menjaga Potensi Aqidah Pada Anak. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 117–138. http://ejournal.stit-almubarok.ac.id/index.php/DIMAR/article/view/36

Rozali, Asmi, Y., Widiastuti, & Mariyana. (2023). Analisis Pembentukkan Karakter Anak. Jurnal Psikologi : Media Ilmiah Psikologi, 20(1), 41–48.

Saudah, S., & Hidayah, U. (2024). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Nilai Asmaul Husna Di Mi Nur Aziz Probolinggo. IMTIYAZ: Jurnal Ilmu Keislaman, 8(1), 138–151. https://doi.org/10.46773/imtiyaz.v8i1.1022

Sihabudin, S., Rukajat, A., & Ramdhani, K. (2022). Implementasi Pembiasaan Membaca Asmaul Husna terhadap Kemampuan Hafalan Al–Qur’an Juz 30 Anak - Anak Majlis Ta’lim Milatul Fikriah. Islamika, 4(4), 693–708. https://doi.org/10.36088/islamika.v4i4.2088

Sri Annisa, I., & Mailani, E. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Tematik. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 6469–6477. https://j-innovative.org/index.php/Innovative%0AAnalisis

Syaroh, L. D. M., & Mizani, Z. M. (2020). Membentuk Karakter Religius dengan Pembiasaan Perilaku Religi di Sekolah: Studi di SMA Negeri 3 Ponorogo. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3(1), 63–82. https://doi.org/10.33367/ijies.v3i1.1224




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jie.v3i1.1-12

Article Metrics

Abstract view : 10 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.