PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SANTRI MELALUI METODE PEMBIASAAN MEMBACA ASMAUL HUSNA DI MTs DARUL IKHLAS PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata, gambar dan bukan dalam bentuk angka-angka. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan pembentukan karakter religius santri kls VIII terhadap pembiasaan membaca Asmaul Husna di MTs Darul Ikhlas, (2) mendeskripsikan pembiasaan membaca asmaul husna di MTs Darul Ikhlas, dan (3) mendeskripsikan faktor pendukung pembiasaan membaca Asmaul Husna di MTs Darul Ikhlas. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam pembiasaan membaca Asmaul Husna dilakukan bersama-sama sebelum dimulai kegiatan pembelajaran sehingga diharapkan santri mampu menjalankan kedisiplinan sebelum memulai pembelajaran. Pembiasaan membaca asmaul husna melatih santri senantiasa berdzikir setiap hari. Faktor pendukung dalam pembentukan karakter religius santri melalui pembiasaan membaca asmaul husna yaitu: dukungan penuh dari orang tua, guru, teman, lingkungan sekolah dan intelegensi.
Kata Kunci: Karakter Religius, Santri, Asmaul Husna
Full Text:
PDFReferences
Aisah, S., & Slamet Yahya, M. (2024). Implikasi Tradisi Pembacaan Asmaul Husna Dalam Konsep Pendidikan Profetik (Studi Di Madrasah Diniyah Takmiliyah an- Nuur Langkap). Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(Volume 09 No. 1 Maret 2024). https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11206
Basri, H., Suhartini, A., & Nurhikmah, S. (2023). Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Pembiasaan Kegiatan Keagamaan di MA Miftahul Ulum Kabupaten Purwakarta. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 1521–1534. https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4269
Fatinia, D., Rukajat, A., & Ramdhani, K. (2022). Peranan Orang Tua dalam Menumbuhkan Pemahaman pada Anak Mengenai Pentingnya Ibadah Shalat Berjamaah. As-Sabiqun, 4(3), 656–669. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i3.1951
Hariyani, D., & Rafik, A. (2021). Pembiasaan Kegiatan Keagamaan dalam Membentuk Karakter Religius di Madrasah. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 32–50. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v2i1.72
Ihsanti, F. N. (2023). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Pembacaan Asmaul Husna Di SMP Sultan Agung Seyegan Sleman. Risalah, 9(3), 1363–1373. http://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/600
Lailiyah, N., & Hasanah, R. (2020). Peningkatan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Pembiasaan Membaca Asma’ul Husna Di SMPN 1 Ngoro Jombang. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 9(2), 160–178. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v9i2.180
Mahmudiyah, A., & Mulyadi, M. (2021). Pembentukan Karakter Religius Di Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Pesantren. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 2(1), 55–72. https://doi.org/10.37812/zahra.v2i1.223
Moh. Khoirul Anam, A. H. (2023). Implementasi Pembacaan Asmaul Husna Dalam Membentuk Karakter Islami Pada Siswa MTs Al-Azhar Menganti Gresik. Jurnal Pendidikan Agama Islam Miazhar, 2(2), 51–57. https://jurnal.mialazhar.sch.id/index.php/jpaimi/article/view/
Muslim, Kartika, I., Kuswandi, S., Herawati, S., & Ropitasari, A. (2023). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mewujudkan Karakter Religius Pada Peserta Didik. 917–932.
Nurbaiti, R., Alwy, S., & Taulabi, I. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 55–66. https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.995
Nurulhaq, D., Fikri, M., Azizah, H. N., Rohmah, F. N., & Sukmara, G. F. (2021). Urgensi Iffah bagi Masyarakat Sekolah. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(1), 41–60. https://doi.org/10.15575/ath.v6i1.11943
Rahmawati, N. (2024). Pendampingan Literasi Asmaul Husna Sebagai Bentuk Penguatan Spiritualitas Siswa Kelas VII di SMPN 8 Palangka Raya. 2(1), 132–139.
Rohman, S. (2020). Pembiasaan Membaca Asmaul Husna Untuk Menjaga Potensi Aqidah Pada Anak. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 117–138. http://ejournal.stit-almubarok.ac.id/index.php/DIMAR/article/view/36
Rozali, Asmi, Y., Widiastuti, & Mariyana. (2023). Analisis Pembentukkan Karakter Anak. Jurnal Psikologi : Media Ilmiah Psikologi, 20(1), 41–48.
Saudah, S., & Hidayah, U. (2024). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Nilai Asmaul Husna Di Mi Nur Aziz Probolinggo. IMTIYAZ: Jurnal Ilmu Keislaman, 8(1), 138–151. https://doi.org/10.46773/imtiyaz.v8i1.1022
Sihabudin, S., Rukajat, A., & Ramdhani, K. (2022). Implementasi Pembiasaan Membaca Asmaul Husna terhadap Kemampuan Hafalan Al–Qur’an Juz 30 Anak - Anak Majlis Ta’lim Milatul Fikriah. Islamika, 4(4), 693–708. https://doi.org/10.36088/islamika.v4i4.2088
Sri Annisa, I., & Mailani, E. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Tematik. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 6469–6477. https://j-innovative.org/index.php/Innovative%0AAnalisis
Syaroh, L. D. M., & Mizani, Z. M. (2020). Membentuk Karakter Religius dengan Pembiasaan Perilaku Religi di Sekolah: Studi di SMA Negeri 3 Ponorogo. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3(1), 63–82. https://doi.org/10.33367/ijies.v3i1.1224
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jie.v3i1.1-12
Article Metrics
Abstract view : 10 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.