MODEL PEMBELAJARAN TAHFIDZ DI SMP ISLAM TERPADU DARUL HASAN PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajran tahfidz yang digunakan guru dalam menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) perencanaan pembelajaran tahfidz di SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan mencakup: waktu perencanaan pembelajaran tahfidz, penetapan guru pengampuh pembelajaran tahfidz, penjadwalan pembelajaran tahfidz, target hafalan pembelajaran tahfidz dan perencanaan evaluasi pembelajaran tahfidz. (2) Pelaksanaan Pembelajaran tahfidz menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan jenis model pembelajaran personal. Adapun Strategi pembelajaran yang di gunakan yaitu: menggunakan mushaf, memberi tanda pada ayat-ayat yang sulit, menulis ayat-ayat yang terasa sulit. Selanjutnya penyampaian materi tahfidz menggunakan metode tanya jawab dan sambung ayat. (3) Evaluasi pembelajaran tahfidz yang dilakukan di SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan yaitu dengan sistem setoran hafalan bentuk penilaian semesteran. Aspek yang dinilai adalah hafalan, makhrijul huruf’ tajwid, dan adab.
Full Text:
PDFReferences
Desi Pristiwanti, Bai Badariah, Sholeh Hidayat, R. S. D. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2.
Eni Rakhmawati. (2022). Kegiatan Tahfidz Sebagai Wujud dalam Membentuk Karakter Anak yang Cinta Al-Qur’an dan Berakhlakul Karimah di MI Mambaul Hikmal Tegal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5).
Hidayatullah, M. (2010). Membangun Sekolah Islam Terpadu. Mizan Pustaka.
Jamal Mirdad. (2020). Model-Model Pemebelajaran (Empat Rumpu Model-Model Pembelajaran). Jurnal Sakinah, 2(1), 17–18.
Jumanta Hamdayani. (2016). Metodologi Pengajaran. Bumi Aksara.
Lexy J. Moleong. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Miftahul Huda. (2014). Model-Model Pembelajaran dan Pengajaran. PT. Pustaka Pelajar.
Pransiska Toni. (2019). Model Strategi Dan Permainan Edukatif. CV Pustaka Ilmu.
Rahmat Hidayat, A. (2019). Ilmu Pendidikan Konsep Teori dan Aplikasinya. LPPPI.
Sa’adulloh. (2017). 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an. Gema Insani.
Sobry Sutikno. (2014). Metode dan Model-model Pembelajaran Menjadikan Proses Pembelajaran Lebih Variatif, Aktif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan. Holistica.
Tri Mrfiyanto, Uswatun Hasanah, & S. A. F. (2022). Model Pembelajaran Tahfidz dalam Menguatkan Hafalan Al-Qur’an di SDI Al-Azhar Kota
Mojokerto. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2.
Zarkasyi, A. B. (1999). Al-Burhan fi Ulum al-Quran. Maktabah Ibn Taymiyyah, 1.
Zuchri Abdussamad. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.