Indexing metadata

PENGARUH PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DIGITAL TERHADAP MINAT BACA PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI MTS AL-FATHIMIYAH KARAWANG)


 
Dublin Core PKP Metadata Items Metadata for this Document
 
1. Title Title of document PENGARUH PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DIGITAL TERHADAP MINAT BACA PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI MTS AL-FATHIMIYAH KARAWANG)
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Tamia Agnestina; Fakultas Agama Islam, Universitas Singaperbangsa Karawang; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Abubakar Umar; Fakultas Agama Islam, Universitas Singaperbangsa Karawang; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Yadi Fahmi Arifudin; Fakultas Agama Islam, Universitas Singaperbangsa Karawang; Indonesia
 
3. Subject Discipline(s)
 
3. Subject Keyword(s) Pengelolaan, Perpustakaan Digital, Minat Baca
 
4. Description Abstract

Perpustakaan sekolah merupakan aspek penting yang harus dikelola secara profesional oleh satuan pendidikan dengan menyesuaikan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini berdasarkan Undang-Undang tentang perpustakaan Nomor. 43 Tahun 2007 pasal 23 ayat 1. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengelolaan perpustakaan digital, minat baca dan pengaruh pengelolaan perpustakaan digital terhadap minat baca peserta didik di MTs Al-Fathimiyah Karawang. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto, melalui teknik pengumpulan data kuesioner dengan sampel sebanyak 81 peserta didik. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis statistik deskriptif, uji persyaratan analisis data dan analisis statistik inferensial/hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dapat diketahui pengelolaan perpustakaan digital dengan nilai persentase sebesar 75%, dan minat baca dengan nilai persentase sebesar 62%, keduanya berada pada kategori sedang (cukup baik). Berdasarkan hasil dari kedua uji hipotesis pada penelitian ini (Uji T dan Uji Regresi linear sederhana) dapat simpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada variabel pengelolaan perpustakaan digital (X) terhadap minat baca (Y). Hal ini dapat dilihat dari nilai Thitung > Ttabel yaitu 8,847 > Ttabel 1.664 untuk taraf signifikansi 5% maka diperoleh nilai r = 0,705, sehingga dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya semakin tinggi pengelolaan perpustakaan digital maka minat baca peserta didik akan meningkat, dan begitu pula sebaliknya.

 
5. Publisher Organizing agency, location Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
 
6. Contributor Sponsor(s)
 
7. Date (YYYY-MM-DD) 2023-11-02
 
8. Type Status & genre Peer-reviewed Article
 
8. Type Type
 
9. Format File format PDF
 
10. Identifier Uniform Resource Identifier http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk/article/view/12454
 
10. Identifier Digital Object Identifier (DOI) http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i4.659-669
 
11. Source Title; vol., no. (year) PeTeKa; Vol 6, No 4 (2023): PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
 
12. Language English=en en
 
13. Relation Supp. Files - (323KB)
 
14. Coverage Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.)
 
15. Rights Copyright and permissions Copyright (c) 2023 PeTeKa
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.