PERANAN HARGA, KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU DIADORA DI SPORT STATION MEDAN MARELAN
Abstract
Di masa pandemi Covid-19 dimana persaingan perusahaan semakin selektif, para pelaku usaha bersaing secara sehat untuk meraih keuntungan yang diharapkan. Perseroan terus mengembangkan strategi untuk mempertahankan penjualan di masa pandemi ini.Pasar global saat ini penuh dengan berbagai jenis produk dan berbagai strategi yang digunakan perusahaan untuk mempertahankan penjualan mereka. Banyaknya produk komplementer atau alternatif menunjukkan bahwa produk tidak hanya meyakinkan konsumen, tetapi pesan yang terkait dengan produk mengarahkan konsumen untuk membeli produk tersebut.
Pentingnya memperhatikan suatu keputusan pembelian agar pelaku usaha dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Untuk menjalankan strategi ini, perusahaan harus mampu menciptakan produk yang menarik sesuai keinginan dan kebutuhan konsumen. Keputusan pembelian adalah tindakan yang diambil ketika membeli barang konsumsi. Setiap produsen pasti memiliki strategi untuk membujuk konsumen agar membeli produknya. Selama proses keputusan pembelian, konsumen dapat dipengaruhi oleh anggota kelompok yang berbeda, keadaan, dan strategi pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan pesaing di pasar yang sama (Sanjaya, 2015). Jadi perusahaan perlu tahu Faktor-faktor apa yang harus dipertimbangkan untuk menarik perhatian konsumen.
Full Text:
PDFReferences
Kausar, K. (2016). Pengaruh Celebrity Endorse dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha. Jurnal E-Manajemen, 04(03), 34–45.
Marlius, D. (2017). Keputusan Pembelian Berdasarakan Faktor Psikologis Dan Bauran Pemasaran PT. Intercom Mobilindo Padang. Jurnal Pundi, 1(1), 57– 66.
Nasution, M. I., Fahmi, M., Jufrizen, Muslih, & Prayogi, M. A. (2020). The Quality of Small and Medium Enterprises Performance Using the Structural Equation Model-Part Least Square (SEM-PLS). Journal of Physics: Conference Series, 1477(5), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1477/5/052052
Sanjaya, S. (2015b). Pengaruh Promosi Dan Merk Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Sinar Sosro Medan. Jurnal Ilmiah Dan Bisnis, 16(02), 108–122.
Santoso, D. T. T., & Purwanti, E. (2013). Pengaruh Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, dan Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Memilih Produk Operator Seluler Indosat-M3 di
Sanjaya, S. (2015a). Pengaruh Promosi dan Merek Terhadap Keputusan
Pembelian Pada PT. Sosro Medan. Manajemen Dan Bisnis, 16, 111.
Setiawathy Elis, T. P. W. A. A. (2015). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Televisi Samsung Di Perumahan Villa Grand Tomang Tanggerang. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu & Call For Ptapers Unisbank, 1–14.
Sumarno, S. (2016). Studi Mengenai Keputusan Pembelian Dengan Pendekatan Service Encounter, Service Convenience Dan Product Knowledge Yang Dimediasi Oleh Purchase Intention Pada Bengkel PT.Astra Internasional Daihatsu Sales Operation Semarang. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 15(2), 93–106.
Arianty, N. (2016). Pengaruh Promosi Dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Prosiding Dies Natalis, 76–87.
Arif, M. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT.FastFood Indonesia Store KFC Raja Medan. Jurnal Ilmiah Maksitek, 1(1), 12–19.
Astuti, R., & Febriaty, H. (2017). faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Di Pasar Modern : Studi Kasus Pada Indomaret Di Kecamatan Medan Denai Kota Medan. Jurnal Riset Sains Manajemen, 1(1), 35–42.
Bramantya, Y. B. (2016). Pengaruh Selebrity Endorse Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Jupiter MX Di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen, 5(3), 1745–1771.
Darma, M. B., Effendi, S., & Juari, A. A. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Kosmetik. Jurnal Riset Sains ManajemenD, 2(1), 1–8.
Dinawan, M. R. (2010). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian. Sains Pemasaran Indonesia, 9(3), 27–40.
Fandy Tjiptono. (2012). Pengaruh brand image dan pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. budidaya bahari caksan tangerang. Andy, 1(1), 83.
Farisi, S. (2018). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sepatu Adidas pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Publikasi Ilmiah, 689–705. http://hdl.handle.net/11617/9995
Fristiana, D. A. (2012). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ramai Swalayan Peterongan Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1(1), 1–9.
Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Calaca. Jurnal Riset Ekonomi, 1(3), 273–283.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i1.2023.446-456
Article Metrics
Abstract view : 1548 timesPDF - 1561 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.