IMPLEMENTASI COMMUNITY RELATIONS SEBAGAI STRATEGI CSR PT PETROKIMIA GRESIK

Lita Erisanti, Diana Amalia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi community relations sebagai strategi CSR PT Petrokimia Gresik. Metode penelitian ini ialah metode pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menerangkan bahwa community relations sebagai strategi CSR PT Petrokimia Gresik menunjukkan implementasi strategi pada tahapan finding the fact and defining the problem, planning and programming, action and communication, hingga evaluation  telah berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan strategi public relations yang ditunjukkan dengan segala program dan kegiatan yang diadakan oleh tim PT Petrokima Gresik menuai beragam respon dari publik, bahkan meraih berbagai macam penghargaan bergengsi. Upaya yang dilakukan oleh tim PT Petrokimia Gresik guna membangun community relations, meliputi menangani tipe masyarakat yang mendahulukan kepentingannya sendiri dan golongan dengan memetakan kekuatan. Kemudian melaksanakan proses perencanaan dengan mempertimbangkan secara komprehensif berbagai risiko dari setiap aspek serta melibatkan pihak eksternal terutama masyarakat yang menjadi kelompok sasaran program dalam mengukur keberhasilan program CSR.

Keywords


Community Relations, Strategi CSR

Full Text:

PDF

References


Andryani, K., & Nurdiarti, R. (2018). Pengelolaan Manajemen Krisis oleh Humas pada Instansi Kesehatan di Wilayah Yogyakarta Tahun 2017. ETTISAL Journal of Communication, 3(2), 172–179. https://doi.org/10.21111/ettisal.v3i2.1930

Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2009). Effective Public Relations. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Herika, D., & Ruliana, P. (2018). Public Relations dalam Membina Hubungan dengan Media. InterKomunika, 3(1), 45. https://doi.org/10.33376/ik.v3i1.149

Hidayat, R. (2017). Peran Public Relations Dalam Mempengaruhi Konten Media. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 90–99. https://doi.org/10.14710/interaksi.5.1.90-100

Kholisoh, N., & Yenita, Y. (2015). Strategi Komunikasi Public Relations dan Citra Positif Organisasi (Kasus Public Relations Rumah Sakit “X” di Jakarta). Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(3), 195–209.

Kustiawati, K., Setiadarma, A., & Priliantini, A. (2019). Strategi Public Relations dalam Manajemen Isu Keamanan Pangan di Pizza Hut Indonesia. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 8(1), 53–62.

Mardiana, W., Hamim, H., & Widiyanto, K. (2017). Strategi komunikasi public relations Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur untuk meningkatkan citra di mata publik. Jurnal Representamen, 3(02).

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2019). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). SAGE Publications Inc.

Mukti, A. (2013). Implementasi Strategi CSR (Corporate Social Responsibility) Pada PT. Petrokimia Gresik. Universitas Brawijaya.

Nasution, I. A. (2019). Peranan Public Relations Dalam Meningkatkan Pelayanan Informasi Hotel Garuda Plaza. Jurnal Warta Dharmawangsa, 13(3), 138–143. https://doi.org/10.46576/wdw.v0i61.441

Nurjanah, A., Widyasari, W., & N, F. Y. (2015). Public Relations & Media Relation (Kritik Budaya Amplop Pada Media Relation Institusi Pendidikan DI Yogyakarta). Jurnal Komunikasi, 7(1), 41–56. https://doi.org/10.24912/jk.v7i1.6

Peraturan Menteri BUMN Republik Indonesia tahun 2021 Nomor PER-05/MBU/04/2021 tentang Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Badan Usaha Milik Negara, (2021).

Putra, D. K. S. (2019). Komunikasi CSR Politik: Membangun Reputasi, Etika, dan Estetika PR Politik. Prenada Media Group.

Safri, S. (2020). Corporate Social Responsibiity (CSR) Alfamart Dalam Mempekerjakan Penyandang Disabilitas. Jurnal Prosoding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.24198/ippm.v712.29054.

Shaleh, A., & Furrie, W. (2020). Peran Public Relations Dalam Pemanfaatan Instagram Sebagai Alat Publikasi Untuk Meningkatkan Layanan Masyarakat di Puskesmas Kecamatan Cilincing (Studi Kasus Pada Akun Instagram @ puskesmascilincing). LUGAS Jurnal Komunikasi, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.31334/lugas.v4i1.936

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.). CV Alfabeta.

Sumarto, R. H. (2016). Komunikasi Dalam Kegiatan Public Relations. Informasi, 46(1), 63–72. https://doi.org/10.21831/informasi.v46i1.9650

Syakur, A., & Panuju, R. (2020). Peran Strategis Public Relation dalam Pengembangan Reputasi Pendidikan Tinggi: Studi Kasus Promosi di Akademi Farmasi Surabaya. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(1), 128–136.

Taurissa, A. M. (2017). JURNAL E-KOMUNIKASI PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS KRISTEN PETRA, SURABAYA Evaluasi Program Community Relations Perusahaan X. E-Komunikasi, 5(1), 1–12.

Wiryawan, A. M., & Razak, R. (2021). Analisis Strategi Public Relations Dalam Mempertahankan Citra Pt Pos Indonesia (persero). EProceedings of Management, 8(5).

Zubair, F. (2020). Pemahaman Komunitas Terhadap Program Community Relations di Palimanan dan Citeureup. Profesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 5(1), 98. https://doi.org/10.24198/prh.v5i1.25901




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i2.2023.561-571

Article Metrics

Abstract view : 2694 times
PDF - 1297 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.