PENGARUH PROMOSI, PELAYANAN DAN TRUST TERHADAP KEPUASAN CUSTOMER NINJA XPRESS

Muhammad Arif, Rio Dermawan Nasution

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh promosi, pelayanan dan trust terhadap kepuasan customer  Ninja Xpress. Baik itu secara parsial maupun secara simultan.Sampel dalam penelitin ini menggunakan rumus wibisono berjumlah 100 orang pelanggan Ninja Xpress.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Analisis Regresi Liner Berganda, Uji Hipotesis (Uji t dan Uji F), dan Koefisien Determinasi.Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS (Statistic Package for the Social Sciens) versi 24.00.Hasil penelitian ini membuktikan bahwa ada pengaruh promosi terhadap kepuasan pelanggan Ninja Xpress.Hal ini menunjukan bahwa promosi yang diberikan oleh pihak Ninja Xpress kepada pelanggan sudah sesuai dengan yang dibutuhkan dan menarik minat untuk selalu menggunakan layanan.Ada pengaruh pelayanan  terhadap kepuasan pelanggan Ninja Xpress. Hal ini menunjukan bahwa pelayanan yang berikan oleh pihak Ninja Xpress kepada pelanggan sudah sesuai dengan keunggulan dan kemudahan layanan yang dirasakan pelanggan.Ada pengaruh kepercayaan  terhadap kepuasan pelanggan Ninja Xpress. Hal ini menunjukan bahwa pelanggan merasa percaya dalam menggunajan jasa Ninja Express.Ada pengaruh secara simultan bahwa variabel promosi, pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan Ninja Xpreess dengan nilai Fhitung (12,749) > Ftabel (2,70) dengan tingkat signifikasi 0,000.


Keywords


Promosi, Pelayanan, Kepercayaan, Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Adiprayitno, E. (2017). Pengaruh Kualitas Layananan Harga Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Pengirman Barang JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) di Agen Putro Agung Wetan Surabaya.Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 1(1), 1–14.

Arianty, N. (2015).Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen handphone samsung.Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(02), 68–81.

Astuti, R., Ardila, I., & Lubis, R. R. (2021). Pengaruh Promosi Dan KualitasProduk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu MAKMAMI, Jurnalerek Converse. Jurnal AKMAMI, 2(1), 204–211.

Damita, I. M. P. (2017). Penggunaan Pakaian Dinas Harian Berlengan Pendek Dapat Meningkatkan Kenyamanan Dan Kinerja Radiografer Di Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah Denpasar. Jurnal Ergonomi Indonesia, 3(2), 48–54.

Daulay, R. (2012). Daylay, R. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Menabung Nasabah Pada Bank Mandiri Syariah Di Kota Medan.Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 12(1), 1–15.

Dharmmesta, D & Irawan, I. (2015).Manajemen Pemasaran Modern, Edisi II. Liberty.

Gultom.D.K. (2014).Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.Jurnal Manajemen & Bisnis, 14(1), 21–33.

Hanif, M. (2013).Marketing Research : Panduan Bagi Manajer, Pimpinan Perusahaan Organisasi.Elex Media Komputindo.

Hartono, J. (2013). Teori Portofolio dan Analisis Investasi (Edisi Kede).BPFE.

Husein, U. (2015). Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa. Ghalia Indonesia.

Iskandar, D. (2019). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa/i FEB UMSU).Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 128–137.

Kotler, A. (2016). Principles of Marketing (Sixteenth).Pearson Education Limitid.

Kuncoro, M. (2010).Dasar-dasar Ekonometrika Pembangunan. UPP STIM YKPN.

Lupiyoadi.R. (2013).Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat.

Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa Teori da Prakterk. Salemba Empat.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. (Edisi 3). Salemba Empat.

Mahmoedin.(2010). Melacak kredit bermasalah. Pustaka Sinar Harapan.

Mangkunegara, A. A. A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT Remadja Rosdakarya.

Manuaba, I. B. G. (2017).Pengantar Kuliah Obsterti. EGC.

Nasution, A. E. (2018). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Konsumen.Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(3), 91–96.

Nasution, A. E., Putri, Pratami, L., & Lesmana, Taufik, M. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan, dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194–199.

Ngutji, E., Tumbel, A., J, J., & Rotinsulu.(2014). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan konsumen Pengaruhnya Terhadap Kesetiaan merek Fried Chicken (KFC) Megamall Manado.Jurnal EMBA, 2(1).

Nickels, & Gedy, W. (2008).Manajemen Pemasaran Modern. Liberty.

Olson, J. C., & Peter J, P. (2014).Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (Edisi Semb). Salemba Empat.

Sugiyono.(2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R& D. Alfabeta.Saripuddin, J. (2016). Pengaruh Disiplin Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Kemasindo Cepat Nusantara Medan.Jurnal Pajak Dan Bisnis Manajemen Perpajakan.

Sumarwan, U. (2015). Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia.

Supranto, J. (2015). Statistik : Teori dan Aplikasi (Edisi keenam).Erlangga.

Sutojo, S. (2012).Manajemen Pemasaran. Damar Mulia Pustaka.

Swastha, B., & Irawan, I. (2013).Manajemen Pemasaran Modern. Liberty.

Tjiptono, F. (2019).Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan (Edisi 1).Andi.

Umar, H. (2002). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Gramedia Pustaka Utama.

Zeithaml, A., V. Parasuraman, A., & L, L. B. (2010).Problems and Strategies in Services Marketing.Jurnal of Marketing, 49.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i1.2023.110-118

Article Metrics

Abstract view : 814 times
PDF - 695 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.