PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA INFORMASI PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA TBK (Analisis Deskriptif Terhadap Akun @Alfamartgemabudaya)

Navyani Ainul Husnah, Eka Yusuf, Weni Adityasning Arindawati

Abstract


Tingginya tingkat penggunaan internet dan media sosial di Indonesia khususnya para pengguna Instagram yang kini menjadi peringkat kedua sebagai sosial media yang paling banyak digunakan. Perkembangan tersebut dapat menjadi peluang yang baik bagi kemajuan beberapa industri. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk yang merupakan salah satu perusahaan retail terbesar di Indonesia juga memanfaatkan Instagram sebagai media informasi perusahaannya. Dalam penelitian ini akan membahas mengenai pemanfaatan media sosial Instagram @alfamartgemabudaya sebagai media informasi  PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan media sosial Instagram @alfamartgemabudaya sebagai media informasi  dengan menggunakan teori kekayaan media (Media Richness Theory) yang terdiri dari kesegeraan informasi, keragaman isyarat, variasi bahasa, dan sumber personal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif  dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi partisipan, dokumentasi dan studi literatur.Teknik keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa akun Instagram @alfamartgemabudaya mampu melakukan pemanfaatan media sosial sebagai media informasi dengan baik hal ini dapat dilihat dari kesesuaian pada empat kriteria dalam teori kekayaan media, walaupun demikian masih harus konsisten serta meningkatkan kembali agar semakin baik kedepannya.



Keywords


Instagram, Teori Kekayaan Media, Media Informasi

Full Text:

PDF

References


Alfamart.co.id. (2020). Tentang Perusahaan. https://alfamart.co.id/

Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta : Kencana.

Hidayat, D. N. (2003). Paradigma dan Metodologi Penelitian Sosial Empirik Klasik. Jakarta : Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia.

Mahdi, M. I. (2022). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022

Mulyana, D. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pace, W., & Faules, D. (2005). Komunikasi Organisasi : Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Prinada, Y. (2021). Cara Kerja Algoritma Instagram 2021: Tingkat Interest & Following. https://tirto.id/cara-kerja-algoritma-instagram-2021-tingkat-interest-following-f9PG

Riyanto, A. D. (2022). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2022. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2021/

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i1.2023.54-63

Article Metrics

Abstract view : 6539 times
PDF - 1626 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.