PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TRANPARANSI TERHADAP KINERJA SURVEYOR REGISTRASI SOSIAL EKONOMI DALAM MEWUJUDKAN DATA AKURAT

Wulandari Wulandari, M. Athif Ar Rohman, Mohamad Djasuli

Abstract


Perlindungan sosial di Indonesia menjadi salah satu prioritas pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Rencana kerja pemerintah dicetuskan tiga reformasi, salah satunya adalah reformasi sistem perlindungan sosial menyeluruh bagi seluruh penduduk yang prasyarat utamanya transformasi data menuju registrasi sosial ekonomi (Regsosek). Pendataan awal registrasi sosial ekonomi (Regsosek) dilakukan di seluruh wilayah Indonesia dengan melibatkan seluruh masyarakat. Penelitian ini bertujuan mengetahui tranparansi kinerja surveyor terhadap pendataan awal registrasi sosial ekonomi (Regsosek) dalam mewujudkan data yang akurat sesuai dengan kondisi lapangan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Data diperoleh dengan cara observasi lapangan, wawancara dengan petugas suveryor registrasi sosial ekonomi (Regsosek). Hasil penelitian menerangkan bahwa penerapan Good Corporate Governance transparansi dalam pendataan awal registrasi sosial ekonomi yang dilakukan oleh petugas surveyor belum sepenuhnya akurat. Beberapa data tidak sesuai dengan lapangan yang penyebab utamanya adalah masyarakat sebagai responden tidak ingin kondisi sosialnya dicatat dalam kategori menurut petugas, sehingga data kuisioner tersebut tidak sesuai dengan fakta di lapangan.


Keywords


Transparansi, Kinerja Surveyor, Data Akurat

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan Terjemahannya 2019. Kementrian Agama

Kaelan. (2005). Metode Penelitian Kualitatif, Pustaka Setia Bandung Milles, M.B. and Huberman, M.A. Qualitive Data Analysis. London: Sage Publication.

Nurjanah, S., Febriantin, K., & Sugiarti, C. (2022). Implementasi Kebijakan Administrasi Desa Dalam Pengelolaan Kearsipan Data Di Desa Pasirjengkol. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1-7.

Satriani, Ella, 2021. Aplikasi Sistem Monitoring Kinerja Petugas Lapangan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Makassar Berbasis Android. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin

Shihab, M. (2009). Tafsir Al Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al Qur'an. Jakarta: Lentera Hati.

Suryani, & Syahbudi, M. (2022). Peran Learning Organization Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Badan Pusat Statistik Kabupaten Deli Serdang. Sibalik Journal, 1-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i10.2022.4002-4006

Article Metrics

Abstract view : 543 times
PDF - 519 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.