PENGARUH E-WOM PADA KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI MS GLOW

Yurdha Devara Putra Bahri, Siti Aminah

Abstract


Pada penelitian ini memiliki tujuan yaitu menganalisis pengaruh e-WOM pada konten media sosial instagram MS GLOW dan Citra merek terhadap Minat Beli pada produk MS GLOW. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Variabel independennya yaitu e-WOM dan Citra merek dan variabel dependennya yaitu Minat Beli. Sampel penelitian ini adalah generasi millenial yang berusia 20-40 tahun dan merupakan followers Instagram MS GLOW yang berdomisili di kota Surabaya, Sidoarjo, Malang, Jember dan belum pernah membeli produk MS GLOW. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan secara online dengan Google Form dengan jumlah 100 responden. Metode statistik menggunakan Skala ordinal dengan menggunakan pembobotan Likert. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa e-WOM berpengaruh positif terhadap Minat beli MS GLOW dan Citra merek juga berpengaruh positif terhadap Minat Beli produk MS GLOW.

Keywords


E-WOM, Citra merek, Minat Beli

Full Text:

PDF

References


Benowati, S. G., & Purba, T. (2020). Pengaruh Citra merek dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Kosmetik Wrdah di Kota Batam. Journal of Management, Accounting, Economic and Business, 1(1), 56–70.

Habibah, I. N., & Nasionalita, K. (2019). The effect Electronic Word Of Mouth (E-wom) by Beauty Infulencer on Interests for Buying Brand Make Up Wardah (Study on YouTube Subscribers on Tasya Farasya Channel). E-Proceeding of Management, 6(3), 6412–6420. http://dailysosial.id

Kuang Chi, H., Ren Yeh, H., & Ting Yang, Y. (2009). The Impact of Brand Awareness on Consumer Purchase Intention: The Mediating Effect of Perceived Quality and Brand Loyalty. The Journal of International Management Studies, 4(1), 135–144. https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/34707438/17_Ya_Ting_Yang.pdf?response-content-disposition=inline%3B filename%3D17_Ya_Ting_Yang.pdf&X-Amz-Algorithm=AWS4-HMAC-SHA256&X-Amz-Credential=AKIAIWOWYYGZ2Y53UL3A%2F20190801%2Fus-east-1%2Fs3%2Faws4_re

Masdaner, R., & Ruliana, P. (2021). Electronic Word Of Mouth Dan Brand Image Dalam Minat Beli Layanan Aplikasi Musik Spotify. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2), 356–373. https://doi.org/10.37329/ganaya.v4i2.1323

Pentury, L. V., Sugianto, M., & Remiasa, M. (2019). PENGARUH e-WOM TERHADAP BRAND IMAGE DAN PURCHASE INTENTION PADA HOTEL BINTANG TIGA DI BALI. Jurnal Manajemen Perhotelan, 5(1), 26–35. https://doi.org/10.9744/jmp.5.1.26-35

Saputra, S., & Barus, F. M. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (e-WOM) Dan Citra merek Terhadap Minat Belanja Konsumen Di Batam. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 1–11.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i9.2022.3441-3446

Article Metrics

Abstract view : 1366 times
PDF - 697 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.