REPRESENTASI UNSUR BULLYING PADA FILM ANIMASI “KOE NO KATACHI”, Analisis Semiotika Roland Barthes

Kristyanovan Nugraha, Weni A. Arindawati, Oky Oxcygentri

Abstract


Film Animasi “Koe No Katachi” yang dianalisis menggunakan Semiotika Roland Barthes. Merepresentasikan unsur bullying yang terjadi dalam film animasi “Koe No Katachi”. Representasi bullying dalam film animasi Koe No Katachi menggambarkan mengenai fenomena bullying yang terdapat dalam film animasi Koe No Katachi, fenomena bullying dalam film animasi Koe No Katachi umumnya dilakukan dengan tiga aspek, yakni secara kekerasan fisik, kekerasan verbal, maupun cyberbullying. Perilaku bullying ini kemungkinan dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti kekurangan fisik yang dimiliki tokoh korban, kondisi lingkungan sosial, kondisi teman seperkumpulan dan lain sebagainya. Penelitian ini direkomendasikan kepada peneliti selanjutnya dan khalayak umum agar penelitian ini dapat lebih berkembang dan menjadi bahasan umum yang menarik untuk diangkat.


Keywords


Representasi, Film, Bullying, semiotika Roland Barthes.

Full Text:

PDF

References


Amanda, Ghyna. (2021). Stop Bullying A-Z Problem Bullying dan Solusinya. Yogyakarta: Cemerlang Publishing.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia. Update Data Infografis KPAI per 31 Agustus 2020. Diakses pada 9 Appril 2022 dari https://www.kpai.go.id.

Pujileksono, Sugeng. (2016). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang: Kelompok Intrans Publishing.

Sobur, A. 2013. Semiotika Komunikasi. Bandung. PT.Remaja Rosdakarya

Mudjiono, Yoyon. 2011. Kajian Semiotika Dalam Film. Dosen tetap Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya. Dapat diakses melalui Yoyon Mudjiono_Kajian Semiotika dalam Film.pdf

Balrthes, Rholaln. (2011). Mitologi. Balntul: Krealsi Walcalnal Offset

Cinemalgs. (2004). The Malking of Alnimaltion. Balndung: PT. Malgindal Tunggall Sejalhteral.

Coloroso, Balrbalral. (2006). Penindals, Tertindals, daln Penonton: Resep Memutus Ralntali Kekeralsaln Alnalk dalri Pralsekolalh Hinggal SMU. Terjemalhaln Salnti Indral Alstuti. Jalkalrtal: PT Seralmbi Ilmu Semestal.

Effendy, Onong, Uchjalnal. (2006). Ilmu Komunikalsi Teori daln Pralktek. Balndung: Remaljal Rosdal Kalryal.

Elvinalro, Alrdialnto. (2007). Komunikalsi Malssal Sualtu Pengalntalr. Balndung: Refikal Ofse.

Halll, Stualrt. (1997). The Work of Representaltion: Theories of Representaltion. London: Salge Publicaltion.

Kurnialwaln. (2001). Semiologi Rolalnd Balrthes. Yogyalkalrtal: Pustalkal Pelaljalr.

Rigby, Ken. (1996). Bullying in Schools: Alnd Whalt To Do Albout it. London: Jessical Kingsley Publishers.

Guntalral, Ilhalm Ralkal. (2018). Alnallisis Semiotik Unsur Bullying Paldal Film Alnimalsi Zootopial. Salrjalnal Komunikalsi Universitals Islalm Negeri Sultaln Syalrif Kalsim.

Salri, Alrum Indalh Permaltal. (2021). Representalsi Bullying Paldal Film “My Little Balby, Jalyal”. Salrjalnal Kominikalsi Universitals Islalm Negeri Sunaln Almpel Suralbalyal.

Yalrni, Desvy. (2019). Alnallisis Semiotikal Body Shalming Dallalm Film The Grealtest Showmaln. Salrjalnal Komunikalsi Universitals Islalm Negeri Sultaln Syalrif Kalsim Rialu.

Aldhlwenal, Renggal. (2018). Raltusaln Pelaljalr Jepalng Bunuh Diri Alkibalt Bullying daln Stress. Dialkses paldal 9 Alppril 2022 dalri https://www.cnnindonesial.com/internalsionall/20181106142113-113-344372/raltusaln-pelaljalr-jepalng-bunuh-diri-alkibalt-bullying-daln-stres

Faljri, Dwi Laltifaltul. (2022). Memalhalmi Bullying, Penyebalb daln Calral Mengaltalsinyal. Dialkses paldal 8 Alppril 2022 dalri

https://kaltaldaltal.co.id/intaln/berital/61d314fbc28b2/memalhalmi-bullying-penyebalb-daln-calral-mengaltalsinyal.

Ibalrnizalh. (2021). Sinopsis Alnime Koe no Kaltalchi: Salmpalikaln Pesaln Morall Tentalng Bullying dengaln Allur Cerital Mengurals Emosi. Dialkses paldal 9 Alppril 2022 dalri https://portallprobolinggo.pikiraln-ralkyalt.com/hiburaln/pr-781422436/sinopsis-alnime-koe-no-kaltalchi-salmpalikaln-pesaln-morall-tentalng-bullying-dengaln-allur-cerital-mengurals-emosi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i9.2022.3331-3339

Article Metrics

Abstract view : 221 times
PDF - 177 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.