PEMBERITAAN KEBIJAKAN JOKO WIDODO DALAM MENCEGAH PENULARAN VIRUS OMICRON : ANALISIS WACANA KRITIS MODEL NORMAN FAIRCLOUGH

Rahmat Fauzi, Mayasari Mayasari, Maulana Rifai

Abstract


Wacana yang ramai di perbincangkan dan diberitakan oleh berbagai media pada awal tahun 2022 adalah wacana mengenai kemunculan varian baru dari virus covid - 19 di Indonesia yaitu varian omicron, penyebarannya yang cepat sehingga menjadi perhatian dari berbagai lapisan masyarakat dan pemerintah. Dalam menyikapi peningkatan penularan, berbagai kebijakan diterapkan oleh pemerintah khususnya Presiden Joko Widodo sebagai pemimpin negara dalam mencegah penyebaran kasus covid - 19 varian omicron. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dimensi teks (mikro), dimensi kewacanaan (meso), dan dimensi sosial budaya (makro), yang ada dalam pemberitan mengenai kebijakan presiden Joko Widodo dalam menghadapi lonjakan kasus covid-19 varian omicron di media online Kompas.com edisi bulan Januari – Februari 2022. Metode penelitan yang digunakan  dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan paradigma kritis, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka atau literatur dan studi dokumen. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan Analisis Wacana Kritis model Norman Fairclough, yang memfokuskan kepada tiga tahapan analisis yaitu tahapan analisis teks (mikro) berhubungan representasi makna dalam teks menggunakan tiga alat kebahasaa yaitu modalitas, anak kalimat, dan sebab akibat. Tahapan analisis kewacanaan (meso) berhubungan dengan proses produksi teks, penyampaian teks, dan konsumsi teks. Tahapan sosial budaya (makro) berhubungan dengan situasional, instituasional, dan sosial.


Keywords


Aalisis Wacana Kritis, Representasi, Media

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y.Z (Ed). (2015). Manajemen Komunikasi Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Penerbit: CV Pustaka Setia.

Ahmadi, M. (2020). Dampak Perkembangan New Media Pada Pola Komunikasi Masyarakat. 4 (1).

Ananda, M.R. (2021). Pemanfaatan Media Baru Untuk Efektifitas Komunikasi Pembelajaran Dalam Masa Wabah Covid 19. 7 (1):577 – 581.

Efendi, A. Astuti, P.I. & Rahayu, N.T. (2017). Analisis Pengaruh Penggunaan Media Baru Terhadap Pola Interaksi Sosial Anak di KabupatenSukoharjo. 18 (2):12-24.

Kencana, W.H. Situmerang. I.V.O. Meisyanti. Rahmawati, K.J. & Nugroho, H. (2022). Pengguna Media Sosial dalam Portal Berita Online 6 (2).

Kurnia, N. (2005). Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Media Baru: Implikasi terhadap Teori Komunikasi. 6 (2).

Masitoh. (2020). Pendekatan Dalam Analisis Wacana Kritis. 18 (1).

Mayasari. Darmayanti, N. & Riyanto, S. (2012). Analisis Wacana Kritis Pemberitaan “Saweran Untuk Gedung KPK” Di Harian Umum Media Indonesia. 2 (2).

Putri, F. (2018). Analisis Wacana Kritis Model Norman Fairclough Berita Hoax Rush Money Di Media Sosial Facebook. Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidika Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Refdi, U. Mayasari., & Lubis, F.O. (2021). Aksi Gerakan Cuitan #unsikakenapasih di Twitter: Analisis Wacana Kritis. 13 (3):526-537.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i9.2022.3323-3330

Article Metrics

Abstract view : 137 times
PDF - 98 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.