PRODUCT PLACEMENT DI WEB SERIES JEJAK RASA SASA DALAM MEMPERKUAT BRAND IMAGE
Abstract
Web series merupakan salah satu strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk dapat memperkenalkan produknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana product placement di web series Jejak Rasa Sasa ditinjau melalui visual dimension, auditorial dimension, dan plot connection dimension. Teori perubahan sikap dalam penelitian ini digunakan untuk melihat perubahan sikap dari penonton setelah menonton web series Jejak Rasa Sasa. Temuan penelitian ini terlihat bahwa web series ini dalam penempatan produknya masuk ke dalam tiga dimensi yakni visual dimension, auditorial dimension, dan plot connection dimension. Namun, product placement di web series ini, belum cukup efektif dalam merubah sikap penonton agar menggunakan produk seperti yang ditampilkan di web series ini.
Full Text:
PDFReferences
Hartawan, Y. (2020). Komunikasi Persuasif Disnakertrans Kota Bogor Mengatasi Masalah Pengangguran Generasi Milenial. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 80-98.
Keller, K. L., Parameswaran, A. M. G., dan Jacob, Isaac. (2015). Strategic Brand Management ; Building, Measuring, And Managing Brand Equity. Pearson India Education Services Pvt. Ltd.
Kok, M., & STEILS, N. (2021). Too many product placements? What factors explain the behavior of Internet users towards product placement on YouTube?.
Lin, Y. H., Lin, F. J., & Wang, K. H. (2021). The effect of social mission on service quality and brand image. Journal of Business Research, 132, 744-752.
Neale, M., & Corkindale, D. (2021). Make product placement work for you: Get less exposure. Business Horizons, https://doi.org/10.1016/j.bushor.2021.02.034.
Sharma, S., & Bumb, A. (2022). Product placement in entertainment industry: a systematic review. Quarterly Review of Film and Video, 39(1), 103-119
Walter, E., & Gioglio, J. (2014). The Power of Visual Storytelling (How to Use Visuals, Videos, and Social Media to Market Your Brand). McGraw-Hill Education.
Sasa Melezatkan. Web series Jejak Rasa Sasa. Diakses pada 1 April 2022, dari https://www.youtube.com/playlist?list=PLUWfJvLOCEiTi-a5jyqmxmtK5BWK4Vf1a
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i9.2022.3230-3243
Article Metrics
Abstract view : 716 timesPDF - 454 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.