FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TEACHER’S PERFORMANCE PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) KOTA BATAM

Alden Nelson, Herianto Herianto

Abstract


Penelitian ini meneliti tentang pengaruh budaya organisasi, keterampilan manajerial, gaya kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan kompensasi  terhadap kinerja guru  Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Batam. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu kueisoner terhadap 250 guru Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Batam dengan teknik nonprobality sampling metode incidental sampling dan diolah menggunakan SPSS 25. Adapun pengujian hipotesis yang dilakukan adalah analysis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini adalah budaya organisasi, keterampilan manajerial, gaya kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja dan kompensasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru pada Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Batam. Hasil penelitian juga menunjukan budaya organisasi, keterampilan manajerial, gaya kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja dan kompensasi baik secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru pada Sekolah Mengah Atas (SMA) di Kota Batam

Keywords


Budaya organisasi, Keterampilan Manajerial, Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Kompensasi, Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Alamsah, D. (2020). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Guru Honorer Di Sekolah Dasar Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar. Universitas Muhammadiyah Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Candra, V., Silaban, P., & Sudirman, A. (2019). Pengaruh gaya kepemimpinan, budaya sekolah dan motivasi terhadap kinerja guru SMP swasta. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 49–60.

Faqia, M. (2021). Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Atas Pesantren Modern Datok Sulaiman Palopo. Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Herlina, Fitria, H., & Puspita, Y. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompensasi terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 276–282.

J. F, . Hair, G. T. M., H., C., R., & M., S. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM (2nd ed.). Sage Publication.

Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1).

Kosim, M. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru untuk Mewujudkan Mutu Pembelajaran. Khazanah Akademia, 1(1), 30–38.

Koyongian, Y. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan SMA Advent di Minahasa Utara. Klabat Journal of Management, 1(2).

Kule, Y., Ilyas, G. B., & Tamsah, H. (2018). Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Dosen Pada Amik Luwuk Banggai. Jurnal Mirai Management, 3(1).

Manik, J., & Siahaan, M. (2021). Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Dan Pemberian Reward Terhadap Kinerja Guru: Peran Motivasi Guru Sebagai Variabel Mediasi. TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 145–163.

Masoko, F. F., Katuuk, D. A., Rotty, V. N. J., & Lengkong, J. S. J. (2021). Pengaruh Perilaku Kepemimpinan dan Kompensasi terhadap Kinerja Guru SMP Advent di Minahasa Utara. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(1), 98–103.

Ramlanto, Hadhienata, S., & Sunaryo, W. (2017). The Correlation between Organizational Culture, Transformational Leadership and Work Motivation to Teachers’ Performance. International Journal of Managerial Studies and Research (IJMSR), 5(4), 22–28.

Ruyani, I., Ratnasari, S. L., & Susanti, E. N. (2021). Pengaruh Komitmen Organisasi, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Dimensi, 10(1), 76–90.

Sabrina, F. F., Darmiyanti, A., & Bk, M. T. (2020). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Guru. Jurnal Idaarah. Jurnal Idaarah, 4(2), 239–248.

Sari, I. Y., Fitria, H., & Puspita, Y. (2021). The Influence of Managerial Skill, Principal Leadership Style and Compensation toward Teacher’s Performance. International Journal of Educational Review, 3(2), 145–158.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT. Alfabet.

Suryani, E., Mujib, A., & Sardjijo. (2021). Kualitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD Swasta Kota Batam. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 239–249.

Vionita, A., & Hasibuan, M. I. (2019). Hubungan Antara Kemampuan Manajerial Kepala Madrasah Dengan Motivasi Kerja Guru Di MTS Cerdas Murni Tembung. Tadbir, 5(2), 47–56.

Wahyuni, P. S. (2017). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru Di Smkn 8 Jeneponto. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Wardhana, T. K. (2021). Pengaruh Kompensasi Dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru Pesantren Di Nurul Iman Seberang Kota Jambi. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Wijayanto, T., & Sutomo, Y. (2017). Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Dimediasi Disiplin Kerja Guru Di SMK Negeri 1 Rembang. Jurnal Bingkai Ekonomi, 1(1), 56–72.

Yulia, L. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Kinerja Guru SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten. Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i8.2022.2795-2805

Article Metrics

Abstract view : 794 times
PDF - 376 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.