PENGUATAN EKONOMI NELAYAN MELALUI PEMBENTUKAN KOPERASI SYARIAH NELAYAN DI DESA SUKA JAYA KABUPATEN BATUBARA ( ANALISIS SWOT)

Heriyati Chrisna, Noviani Noviani, Vina Arnita, Khairul Khairul

Abstract


Desa Suka Jaya adalah salah satu desa pemekaran dari desa induk Bagan Dalam Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara, yang mayoritas penduduknya  Sesuai dengan salah satu misi desa  pemerintahan desa Suka Jaya yaitu meningkatkan ekonomi masyarakat dan perekonomian desa, dalam upaya menciptakan desa yang sejahtera dan mandiri, dan memperkuat perekonomian nelayan, dirasa perlu untuk membentuk suatu perkumpulan untuk memberikan nilai tambah terhadap nelayan dengan cara membentuk koperasi syariah. Potensi pembentukan koperasi syariah akan dianalisis dengan tehnik analisis SWOT. Dari tehnik analisis SWOT yang dilakukan terhadap potensi pembentukan koperasi syariah di desa Suka Jaya dapat dilihat bahwa pada unsur Kekuatan ada 4 point , Kelemahan ada 5 point, Peluang memiliki 5 point dan Ancaman ada 2 poit. Kalau dilihat dari sisi jumlah point, Kekuatan dan Peluang memiliki point yang lebih besar , dibandingkan dengan Kelemahan dan Ancaman, faktor Kelemahan menjadi sesuatu yang masih memerlukan penjajakan lebih lanjut, dan diperlukan kerjasama antara pemerintah desa , dinas koperasi dan para akademisi khususnya dari bidang syariah untuk dapat sama – sama bekerjakeras untuk mewujudkan lahirnya koperasi syariah nelayan demi untuk memperkuat ekonomi masyarakat nelayan di desa Suka Jaya kabupaten Batubara ini.


Keywords


cooperative, syariah , fisherman

Full Text:

PDF

References


Astoni Budi, 2009. Peranan Koperasi Perikanan Mina Jaya DKI Jakarta Dalam Pengembangan Ekonomi Masyarakat Nelayan Muara Angke, Jakarta-Utara (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta).

David Yosep Pratama dengan judul. Prospek Pendirian Koperasi Syariah di Desa Seguring Kec. Curup Utara, tesis,2019

Dewan Koperasi Indonesia, 2002, Koperasi Untuk Pemberdayaan Masyarakat Kecil dan Mikro,

Fuad Ihsan, Dasar-Dasar kependidikan, (Jakarta: Rineka Cipta,2013), 58 4

Haris Hamdani, 2013, Faktor Penyebab Kemisikinan Nelayan Tradisional,

(The Factor Of Poverty Causes Traditional Fisherman), artikel

Mochammad Nadjib. Sistem Pembiayaan Nelayan. (Jakarta: LIPI Press, 2013), 29 18

Mutiara Anisa Kurniati, 2019, Peluang Pendirian Koperasi Syariah di Desa Pelalo Kecamatan Sindang Kelingi Kab. Rejang Lebong, IAIN

Mochamad Ridwan, Penguatan Ekonomi Masyarakat Berbasis Kelompok, Jurnal Ekonomi Pembangunan Volume 13, Nomor 2, Desember 2012, hlm.207-217

Ninik Widiyanti dan Sunindhia, 2009, Koperasi dan Perekonomian Indonesia, Jakarta, Rineka Cipta

Pengantar Keuangan Islam: Teori dan Praktek, terj. Oleh A.K. Anwar, (Jakarta: Prenada Media Group, 2008)

Sudarsono, Heri.2012. Bank Dan Lembaga Keuangan Syariah:Deskripsi Dan Ilustrasi. Yogyakarta: Ekosoria

Tri Sri Haryono, 2005, Strategi Kelangsungan Hidupan Nelayan, artikel124-125

Undang Undang Perkoperasian no 17 Tahun 2012




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i7.2022.2677-2685

Article Metrics

Abstract view : 762 times
PDF - 370 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.