PENGELOLAAN KELAS NON-FISIK SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN INTERAKSI SISWA DALAM BELAJAR DARI RUMAH (BDR)

Gina Nur Puadah, Dzikraa Febry Fauzie, Tin Rustini

Abstract


Penelitian ditujukkan untuk mengupayakan bagaimana aktifitas pengelolaan kelas non-fisik dapat menumbuhkan interaksi belajar peserta didik yang belajar dari rumah. Seperti kita ketahui bersama, proses Belajar Dari Rumah (BDR) memiliki keterbatasan interaksi antara guru dan peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan yang dipilih yaitu literatur reviu atau studi kepustakaan dengan menganalisis buku, tulisan web, dan artikel terkait. Hasil yang ditemui pada penelitian ini berupa faktor penyebab mengapa interaksi peserta didik menurun ketika menjalani proses BDR dan apa saja upaya yang dapat diusahakan guru sebagai solusi dalam menumbuhkan interaksi peserta didik sebagai usaha pengelolaan kelas non-fisik. Tentunya, menumbuhkan interaksi peserta didik saat belajar adalah hal penting untuk diupayakan, terlebih pada saat proses belajar masih dengan metode daring seperti saat ini, usaha yang dapat dilakukan guru adalah dengan melakukan serangkaian aktifitas yang dapat memunculkan interaksi peserta didik, seperti Ice Breaker dan Opener, Student Expedition, PCT (Purposive Creative Thinking), P2P (Peer to Peer Interaction), Streaming Expert, dan Mental Gymnastic.


Keywords


pengelolaan kelas; proses belajar; interaksi siswa

Full Text:

PDF

References


Afiyanti, Y. (2014). Penggunaan Literatur Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 9(1), 2003–2006. https://doi.org/10.7454/jki.v9i1.157

Fadli, dr. R. (2020). Virus Corona Masuk ke Indonesia, 2 Orang Positif di Depok! Halodoc.

MENDIKBUD. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020.

Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta.

Moha, I., & sudrajat, D. (2019). Resume Ragam Penelitian Kualitatif. https://doi.org/10.31227/osf.io/wtncz

Nugrahani. (2014). METODE PENELITIAN KUALITATIF dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. In 信阳师范学院 (Vol. 1, Issue 1)

Rahman, Alvin Y., dkk. (2021). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Kehidupan Sosial Siswa dan Prestasi Siswa Kelas 6 DI MIN 2 Kota Bandung. Awwaliyah: Jurnal PGMI. 4(2).

Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19)

Wening, S., & Sutapa, P., (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(2), 1635-1643. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.940

Wiguna, R., Sutisnawati, A., & Lyesmaya, D. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Siswa Berbasis Online di Kelas Rendah Pada Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Perseda, III (2), 75-79.

Winata, K., A., dkk. 2021. Kebijakan Pendidikan di Masa Pandemi. Jurnal Administrasi (Manajemen Pendidikan).

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5il.626

Yuda, A. (2021). 5 Cara Penyebaran COVID-19 yang Umum Terjadi, Jangan Abai. Diakses pada tanggal 25 Maret 2022 melalui https://www.bola.com/ragam/read/4601640/5-cara-penyebaran-covid-19-yang-umum-terjadi-jangan-abai




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i8.2022.2814-2819

Article Metrics

Abstract view : 2175 times
PDF - 445 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.