STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS IBIS STYLES JEMURSARI DI MASA PANDEMI COVID 19

Prahasti Ken Dewani, Diana Amalia

Abstract


Masa Pandemi Covid 19 di Indonesia memberikan dampak di sektor kehidupan salah satunya adalah sektor perhotelan. Hal ini menjadi suatu kondisi dimana hotel di Seluruh Indonesia mengalami keterpurukan. Salah satunya adalah Hotel Ibis Styles Jemursari Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi marketing public relations Hotel Ibis Styles Jemursari Surabaya dalam meningkatkan jumlah pelanggan di Masa Pandemi Covid 19. Dengan menggunakan Teori Strategi Marketing Public Relations Rosady Ruslan dengan konsep Publikasi,Event, News, Community Involvement, Identity Media, Lobbying, Social Responsibility Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Hotel Ibis Styles Jemursari Surabaya melakukan ketujuh strategi MPR diantaranya adalah Publikasi, Event, News, Community Involvement, Identity Media, Lobbying & Negotiating dan Social Responsibility sehingga strategi MPR berjalan dengan baik. Dan menunjukkan bahwa adanya peningkatan jumlah pelanggan setiap bulan di Masa Pandemi Covid 19.


Keywords


Marketing Public Relations; Hotel;Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Ardianto, S. (2009). Dasar- Dasar Public Relations. PT Remaja Rosdakarya.

Arifin, Z. (2010). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Remaja Rosdakarya.

Bardany, S. T., Fourqoniah, F., & Dristiana, K. (2020). Strategi Marketing Public Relations Hotel Bumi Senyiur Samarinda Dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan. 8(1), 319–332.

Chintia Dewi, R. (2015). Strategi Hubungan Masyarakat Pt Kereta Api Pariwisata. 1–9.

Diayudha, L. (2020). Industri Perhotelan Di Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19: Analisis Deskriptif. Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services, 3(1). https://doi.org/10.30813/fame.v3i1.2166

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif : Teori & Praktik. PT Bumi Aksara.

Haryadi. (2020, April 16). PHRI : 1.642 Hotel Di Indonesia Tutup Sementara Selama Pandemi Covid 19. Suara.Com. https://www.suara.com/lifestyle/2020/04/21/180000/phri-1642-hotel-di-indonesia-tutup-sementara-selama-pandemi-covid-19?page=all

Iswandi. (2020). Akibat Pandemi, Pendapatan Hotel Indonesia Anjlok 70 Persen. Tempo.Com. https://bisnis.tempo.co/read/1389712/akibat-pandemi-pendapatan-hotel-indonesia-natour-anjlok-70-persen/full&view=ok

Kotler, B. & J. M. (2002). Pemasaran Perhotelan dan kepariwisataa, edisi kedua (p. 604). Prenhallindo.

Nugroho, J. S. (2020). Ini Cara PR Hotel Hadapi Krisis Covid-19. Humas Indonesia. https://humasindonesia.id/berita/ini-cara-pr-hotel-hadapi-krisis-covid-19-348

Nurrahman, M. A. (2015). Strategi Marketing Public Relations the Sun Hotel Sidoarjo Pada Publik Konsumen. 4(2), 287–302.

Reza, F., & Zuhri, S. (2022). Strategi Komunikasi Pesamaran Ejji Coffee Corner Cabang Purimas Surabaya Dalam Meningkatkan Konsumen Di Masa Pandemi Covid-19. Linimasa, 5.

Ruslan, R. (2005). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. PT Rajagrafindo Persada.

Ruslan, R. (2008). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. PT Rajagrafindo Persada.

Saraswati, A., & Prihadini, D. (2020). Analisis Strategi Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Loyalitas Customer Sofyan Hotel (Studi Deskriptif Pada Sofyan Hotel Cut Meutia Menteng Jakarta Pusat). LUGAS Jurnal Komunikasi, 4(2), 54–60. https://doi.org/10.31334/lugas.v4i2.1219

Sebayang, R. (2020). Awas ! WHO Akhirnya Tetapkan Corona Darurat Global. CNBN Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20200131060856-4-134146/awas-who-akhirnya-tetapkan-corona-darurat-global

Wahid, U., & Puspita, A. E. (2017). Marketing Public Relations menjadi konsep utama dalam kegiatan promosi suatu perusahaan dan juga digunakan pada lembaga pendidikan. Dimana strategi ini digunakan untuk mengatasi atau mempertahnkan reputasi angka kesetabilan siswa tahun ajaran baru. Karena. Jurnal Komunikasi, 9(1), 31.

Wicaksono, S. sugeng. (2020). Analisis Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Bisnis Hotel Syariah di Yogyakarta. universitas islam indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i7.2022.2661-2669

Article Metrics

Abstract view : 1774 times
PDF - 946 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.