PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI E-COMMERCE “SHOPEE” (Studi Kasus: Pelanggan Shopee di Surabaya)

Irwina Maharani Putri, Dyah Ratnawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruhi harga, kualitas layanan, dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian pada platform e-commerce Shopee (studi kasus: pelanggan Shopee di Surabaya). Sampel yang dianalisis dalam penelitian ini terdiri dari 201 responden yang dipilih melalui prosedur simple random sampling. Temuan pengumpulan data diperoleh melalui penggunaan kuesioner yang dihosting di Google Forms. Metode analisis informasi menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, serta uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi yang dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solution) tipe 22.0. Menurut temuan penelitian, penetapan harga memiliki dampak yang menguntungkan dan signifikan secara statistik terhadap pilihan pembelian. Kualitas layanan memiliki pengaruh yang menguntungkan dan substansial terhadap pilihan pembelian yang dilakukan di Shopee. Di sisi lain, kepercayaan memiliki pengaruh yang menguntungkan dan cukup besar pada pilihan pembelian.


Keywords


Harga; Kualitas Pelayanan; Kepercayaan; Keputusan Pembelian.

Full Text:

PDF

References


Adhani, Rizki Yana Setya. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Shopee (Studi Empiris Terhadap Masyarakat Magelang). Skripsi. Magelang: Universitas Muhammadiyah Magelang.

Alma, Buchari. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haryanto, Edy. (2013). Kualitas Layanan, Fasilitas dan Harga Pengaruhnya Terhadap Pengguna Jasa Layanan Pada Kantor SAMSAT Manado. Jurnal EMBA, 1(3).

iPrice. (2021). Report: Peta Persaingan E-commerce Q3 2021. Diakses di https://iprice.co.id/trend/insights/report-peta-persaingan-e-commerce-q3-2021/ tanggal 4 April 2022.

Kotler, Philip. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Ladhari, R. (2010). Developing E-Service Quality Scales: A Literature Review. Journal of Retailing and Consumer Services, 17(6), 464-477.

Millenia, Fitri Hadiyati. (2019). E-commerce Memiliki Sistem Infomrasi Akuntansi yang Sangat Mudah. Diakses di https://www.kompasiana.com/millenniafitri/5d6e780b097f36319d46cf43/e-commerce-memiliki-sistem-informasi-akuntansi-yang-sangat-mudah. tanggal 4 April 2022.

Rabiana, R., & Akib, B. (2020). Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee (Studi Kasus: Pengguna Aplikasi Shopee). El-Iqtishod: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 16-33.

Riyono, R., & Astono, A. D. (2019). Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Online Oleh Mahasiswa. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 10(1), 61-71.

Sugiyono, D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang. (2012). Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Tjiptono, Fandy. (2012). Strategi Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Towinangun, J. J., Samari, S., & Zulistiani, Z. (2017). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion di Toko Online Media Sosial Instagram (Studi Pada Mahasiswa-mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri). In Seminar Nasional Manajemen Ekonomi Akuntansi 2(1), 384-391.

Tulangow, S. G., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. F. (2019). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pada Pembelian PT. Shopee International Indonesia Di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(3), 35-43.

Witarisma, S. W. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada E-commerce Shopee. In Seminar Nasional Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi, 6(1), 821-829.

Yusup, Muhammad. (2010). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Produk Dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i7.2022.2561-2569

Article Metrics

Abstract view : 3553 times
PDF - 1564 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.