PENERAPAN DATA MINING DALAM MENENTUKAN CALON MITRA PADA APLIKASI KIOSKU MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5

Muhammad Azrul Ihza, Jeffri Alfa Razaq

Abstract


KIOSKU merupakan perusahaan yang bergerak dibidang layanan jasa yang menyediakan berbagai macam layanan pembayaran prabayar maupun pascabayar. Badan usaha ini masih menghadapi beberapa permasalahan seperti adanya kesulitan dalam menentukan calon mitra, banyaknya data transaksi penjualan yang sebetulnya bisa dijadikan sebagai bahan untuk melakukan analisa penentuan konsumen yang layak menjadi mitra. Tujuan penelitian ini untuk menentukan calon mitra pada pengguna aplikasi KIOSKU berdasarkan atribut yang berperan dengan menerapkan alogoritma yang sesuai. Algoritma yang digunakan pada penelitian ini yaitu Algoritma C4.5. Peneliti memilih algoritma ini dikarenakan algoritma C4.5 memiliki analisis dengan akurasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan accuracy 82,76% yang menunjukan tingkat akurasi sangat baik. Metode pohon keputusan merupakan metode yang cukup sesuai untuk menyelesaikan studi kasus dalam penentuan calon mitra pada aplikasi KIOSKU.


Keywords


Calon Mitra, KIOSKU, Algoritma C4.5

Full Text:

PDF

References


Erni Ermawati, Taufik Hidayatulloh. (2016). Penerapan Algoritma C4.5 Pada Sistem Penunjang Keputusan Penentuan Penerima Raskin (Beras Masyarakat Miskin). Jurnal STMIK Nusa Mandiri

Setiawan Joko. (2018). Penerapan Data Mining Untuk Calon Mitra Baru Paytren Dengan Metode Klasifikasi Decision Tree.

As’arie. Mohammad Hasan, Jeffri Alfa Razaq. (2020). Sistem Rekomendasi Pemberian Subsidi Lpg 3kg Terhadap Masyarakat Menggunakan Decision Tree C4.5. Jurnal of SENDIU.

Ilham Kurniawan, Rizal Amegia Saputra. ( 2017 ).Penerapan Algoritma C5.0 Pada Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Penerimaan Beras Masyarakat Miskin. Jurnal Bina Sarana Informatika. Vol 4,No 2.

Adi Widarma, Hana Kumala. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Pengguna Listrik Subsidi Dan Nonsubsidi Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani (Studi Kasus : PT. PLN Tanjung Balai). Jurnal Teknologi Informasi. Vol2, No2.

Popy Meilina. (2015). Penerapan Data Mining Dengan Metode Kalsifikasi Menggunakan Decision Tree Dan Regresi. Jurnal Universitas Muhammadiyah Jakarta. Vol7, No 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v8i8.2021.2774-2782

Article Metrics

Abstract view : 585 times
PDF - 284 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.