ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL PADA PERUSAHAAN PEMBIAYAAN OTOMOTIF : STUDI KASUS PT MANDIRI UTAMA FINANCE

Andy Kwet Bun, Yasinta Dewi Pradina

Abstract


Rata-rata jangka waktu untuk memutuskan pembelian kendaraan baru di Indonesia terjadi dalam setiap 2.9 bulan dengan beragam alasan termasuk keinginan untuk membeli kendaraan impian dengan ketersidaan dana yang belum mencukupi. Peran digital marketing melalui internet berperan besar untuk penyediaan informasi kebutuhan atas kepemilikan kendaraan. PT Mandiri Utama Finance sebagai perusahaan pembiyaan otomotif turut serta dalam mendukung keinginan pelanggan tersebut dengan mengandalkan strategi komunikasi pemasaran berbasis digital.  Tesis ini meneliti tentang analisis model SOSTAC (Situation analysis – Objective – Strategy – Tactic – Action – Control) untuk menyusun strategi komunikasi pemasaran digital pada perusahaan pembiayaan otomotif PT Mandiri Utama Finance. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana menganalisis model SOSTAC dengan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan studi kasus serta menggunakan triangulasi metode. Hasil dari analisis SOSTAC model dalam komunikasi pemasaran digital, diketahui secara rinci tentang menyusun strategi komunikasi pemasaran digital perusahaan dengan implikasi refleksi perusahaan untuk menciptakan strategi komunikasi digital yang lebih baik dengan evaluasi untuk kemajuan perusahaan ke depannya.


Keywords


Digital Marketing, Fiance, Otomotif, SOSTAC, Strategi Komunikasi Pemasaran Digital

Full Text:

PDF

References


Adiyanti, e. (2021). Analisis perbandingan pembelian mobil operasional secara kredit melalui lembaga pembiayaan (leasing) atau perbankan pada pt.surya group di samarinda. Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman, 6(2), 1.

Andreas, Tumbuan, & Wenas. (2016). Analisis Produk, Harga, Lokasi, Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kartu Kredit PT Bank Mandiri Tbk. Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(4), 1-19.

Ardiansyah. (2012, Sept 11). Analisis Kinerja Keuangan PT Bank Mandiri (Persero). E-Journal Gunadarma, 6(6), 1-5. Retrieved Okt 30, 2021, from Scribd Slide Share: https://www.slideshare.net/siboglou/strategi-marketing-kartu-kredit-mandiri-2008

Bank Mandiri. (2021). Full Digital Banking World. Retrieved Des 29, 2022, from Bank Mandiri: https://bankmandiri.co.id/

Chaffey, & Smith. (2011). Emarketing Exellence : Planning and Optimizing your Digital Marketing (4th ed.). Lonodn: Routledge.

Chartered Management Institute. (2020). Setting SMART Objectives Checklist 231. Chartered Management Institute, Managers. London: Managers.org.uk.

CNN Indonesia. (2021, Feb 4). Sensus Kendaraan di Indonesia: Lebih dari 133 Juta Unit Baca artikel CNN Indonesia "Sensus Kendaraan di Indonesia: Lebih dari 133 Juta Unit" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210203115349-384-601700/sensus-kendaraan-di-indonesia-lebih-dari-133-juta-unit. Download Apps CNN Indonesia sekarang https://app.cnnindonesia.com/. Retrieved Okt 21, 2021, from CNN Indonesia: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210203115349-384-601700/sensus-kendaraan-di-indonesia-lebih-dari-133-juta-unit

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative ad Mixed Method Approaches (5th ed.). Los Angeles: Sage Publication, Inc.

Firmansyah. (2013, Agustus 29). Lima Alasan Orang Indonesia Membeli Mobil. Retrieved Oktober 21, 2021, from GO OTO: https://www.gooto.com/read/508389/lima-alasan-orang-indonesia-membeli-mobil

Liliasari, M. (2010). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembiayaan Sewa Guna Usaha, Anjak Piutang, Kartu Kredit dan Pembiayaan Konsumen Pada Perusahaan Pembiayaan (Multifinance) Di Indonesia. Journal Untar, 1(1), 1-20.

Machmudi. (2020, Agustus 28). Tren Kredit Meningkat . Retrieved Okt 21, 2021, from Media Indonesia: https://mediaindonesia.com/ekonomi/340101/tren-kredit-meningkat

MUF Instagram. (2021, Nov 2). Promo Alert. Retrieved Dec 4, 2021, from https://www.instagram.com/p/CVxGa5pP-VJ/

Murdoch. (2005). Introduction to e-Marketing. Academia.

Muttaqien, L. (2015). Dampak Komunikasi melalui Sosial Media dan Media Tradisional dalam Membentuk Brand Equity dan Mempengaruhi Minat Beli pada Smartphone di Jawa Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.4 No.1, 1-20.

Nilsson, D. (2021, Jan 4). SOSTAC ® Marketing Model – Top Ranked Planning System. Retrieved Okt 18-25, 2021, from Daniel One: https://www.daniel-one.com/blog/sostac-marketing-model-planning-system

Oktavianus. (2021). Strategi Pemasaran Produk Kredit Perbankan (Kasus Bank Nagari Cabang Pekanbaru). Universitas Riau. Riau: Universitas Riau.

Rusdi, & Sukendro. (2018, Juli). Analisis Industri Kreatif Dalam Memanfaatkan Identitas Kota Melalui Media Baru . Jurnal Komunikasi, 1(10), 95-102.

Saputra, G. (2021). Analisis Konten Media Sosial Instagram Klub Basket Pelita Jaya Bakrie Jakarta Untuk Menarik Minat Sponsorship. LSPR, Marketing Communications. Jakarta: LSPR.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i5.2022.1748-1754

Article Metrics

Abstract view : 3284 times
PDF - 1631 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.