Makna Gaya Hidup Komunitas Skateboard (Pendekatan Fenomenologi Anggota Komunitas Skateboard di Kota Karawang)

Riyan Hermawan, Eka Yusup, Nurkinan Nurkinan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang makna gaya hidup komunitas skateboard di Kota Karawang. Pedekatan penelitian yang digunakan ialah pedekatan fenomenologi dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara dan studi pustaka, setelah data hasil wawancara terkumpul kemudian dilakukan analisis secara deskriptif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa makna gaya hidup pada anggota komunitas skateboard di Kota Karawang dijelaskan dalam dua hal, yakni motif mereka bergabung ke komunitas skateboard adalah dapat mengenal dan memperoleh pengetahuan tentang skateboard dari orang yang berada di lingkungan komunitas skateboard atau dari masing-masing individu anggota komunitas. Kemudian bagaimana gaya hidup dan makna gaya hidup anggota komunitas skateboard dalam menjalani aktivitas mereka sebagai anggota komunitas skateboard, dimaknai dari permainan skateboard itu sendiri. Seorang anggota komunitas dapat ditunjukkan melalui pakaian, dan perlengkapan yang mereka kenakan.


Keywords


Gaya hidup, Skateboard, Komunitas.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Fauzi. (2017) Budaya Nongkrong Anak Muda di Kafe. Denpasar: dalam Jurnal Universitas Udayana.

Angga, Sandy Susanto. (2013) Membuat Segmentasi Berdasarkan Life Style (Gaya Hidup). Malang: dalam Jurnal Universitas Ma Chung.

Anwar, S. (1998) Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (2013) Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aswadinur. (2013) Gaya Hidup Remaja Pedesaan. Banda Aceh: Skripsi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unsyiah.

Cut, Putri Widya Fonna. (2017) Gaya Hidup Pekerja Seks Komersial (PSK) di Negeri Syariat Kota Banda Aceh. Banda Aceh: Skripsi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Unsyiah.

Dewi, Alifiyah Rachma. (2017) Hubungan Gaya Hidup Hedonis dengan Perilaku Konsumtif Fashion Pakaian. Malang: Skripsi UIN Maliki.

Didit, Setiawan. (2013) Gaya Hidup Punklung. Semarang: Skripsi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Negeri.

Eunike, R., Muadi, S. and Sobari, W. (2020) ‘Inconsistency of Regulations Causes Small Parking Revenue Inkonsistensi Peraturan Penyebab Kecilnya Pendapatan Parkir Universitas Brawijaya Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas dan Angkatan Kota serta Direktorat Jenderal’, 3(1), pp. 15–40.

Goffman, E. (1959) The Presentation of Selfin Everyday Life. New York: The Overlook Press.

Kodrat, Wahyudi. (2016) Dampak Gaya Hidup Modern Mahasiswa dalam Perspektif Ekonomi Islam. Makasar: Skripsi UIN Alaudin.

Kuncoro, M. (2013) Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Kuswarno, E. (2013) Fenomenologi. Bandung: Widya Padjajaran.

Lexy, J. M. (2009) Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Ii, B. A. B. and Sosial, K. (no date) ‘Burhan Bungin, Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat , (Jakarta: Kencana, 2009), hal. 48 21 25’, pp. 21–42.

Mardalis (1999) MetodePenelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Miftah, Afif Mahmuda. (2014) Studi Pengaruh Gaya Hidup Modern Masyarakat Indonesia terhadap Visualisasi Iklan Televisi Tri Indie Versi “Anak Cowok” dan “Anak Cewek".Yogyakarta: Skripsi Seni Rupa, Universitas Seni Indonesia.

Neng, Kokom Komariah.(2015) Pengaruh Gaya Hidup Remaja terhadap Meningkatnya Perilaku Melanggar Norma di Masyarakat. dalam Jurnal Sosietes.

Sugiyono (2013) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tendean S. Cristian (2013) ‘Peranan Humas Dalam Pencitraan Universitas Sam Ratulangi Manado’, Acta Diurna Komunikasi, II No.4(4), p. 16.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i5.2022.1721-1726

Article Metrics

Abstract view : 790 times
PDF - 499 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.