PEMANFAATAN BANGUNAN BALAI KERAPATAN TINGGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAHLOKAL TINGKAT SLTA DI KECAMATAN SIAK KABUPATEN SIAK

Dewi Ratih Ruliani, Bunari Bunari, Asril Asril

Abstract


Sebagai salah satu bentuk dalam memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar maka guru sejarah di Kecamatan Siak menjadikan Balai Kerapatan Tinggi sebagai media pembelajaran sejarah lokal. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pola pemanfaatan bangunan Balai Kerapatan Tinggi sebagai media pembelajaran sejarah lokal tingkat SLTA di Kecamatan Siak, (2) mengetahui  kendala guru dan peserta didik dalam pemanfaatan Balai Kerapatan Tinggi sebagai media pembelajaran sejarah lokal tingkat SLTA di Kecamatan Siak, (3) mengetahui dampak dari pemanfaatan Balai Kerapatan Tinggi sebagai media pembelajaran sejarah lokal bagi hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi dan pustaka. Analisis data menggunakan reduksi, penyajian data dan verifikasi data. Pola pemanfaatan Balai Kerapatan Tinggi sebagai media pembelajaran sejarah lokal tingkat SLTA di Kecamatan Siak dilakukan dengan media gambar dan karyawisata, puzzle sejarah dan video. Terdapat kendala yang dihadapi guru sejarah dan peserta didik dalam pemanfaatan Balai Kerapatan Tinggi. Berdampak besar pada hasil belajar peserta didik.


Keywords


Pemanfaatan, Balai Kerapatan Tinggi, media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Abdul Harist Ritonga dan Siti Fatimah. (2020). Pemanfaata Kawasan Cagar Budaya Kesultanan Siak Sri Inderapura sebagai Objek Wisata (2006-2019). Jurnal Kronologi. Vol. 2 (4). Hal. 120

Alief Lukman Hakim, Yunita Anggraini, Risha Ftriani dkk. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Sejarah. Transformative. Vol. 3 (2), Hal. 132

Asyrul fikri. (2019). Pemanfaatan Candi Muara Takus sebagai Sumber Belajar dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Darmayudha Pekanbaru. Jurnal Historika. Vol. 22 (1). Hal. 73

Edwin Mirzachaerulsyah. (2017). “Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Visualisasi Situs Kota Lama Tegal untuk Meningkatkan Apresiasi Cagar Budaya di SMA”. Historia. Vol. 20 (1) Hal. 75-84

Lasmi Purnama Sari.2017. Peranan Balai Kerapatan Tinggi pada masa Kerajaan Siak Tahun 1889-1908. JOM Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Vol. 4 (1)

Muhammad Rehan Pradana, Muhammad Idrus. (2019). Pengembangan Media Peta Bentuk Puzzel dengan Memanfaatkan Plastik Kemasan Makanan Ringan Pada Mata Pelajaran Sejarah. Kalpataru. Vol. 5 (2) Hal. 142

Tian Fitriara Huda. (2016). Pemanfaatan Petilasan Macan Putih sebagai Sumber Belajar Sejarah Lokal bagi Generasi Muda. Jurnal Historia. Vol. 4 (1), Hal. 55-56

Tika Oktaviana, Wurdjinem, Pebrian Tarmizi. (2018). Pengaruh Metode Karyawisata Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Matapelajaran IPS. JuRiDikDas. Vol 1 (1) Hal 38




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i5.2022.1670-1676

Article Metrics

Abstract view : 651 times
PDF - 260 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.