PENGARUH HARGA DIRI DAN DUKUNGAN SUAMI TERHADAP SIKAP PENERIMAAN IBU YANG MEMILIKI ANAK AUTIS DI RUMAH BINTANG YOGAATMA PALEMBANG

Elisabeth Esti Rahayu, Rini Sugiarti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat penerimaan ibu dalam hal harga diri dan sikap suportif suaminya terhadap ibu dengan anak autis di Rumah Bintang Yogaatma Palembang. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini terhadap 40 ibu kandung dari anak autis. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Mencari Keabsahan Kuesioner Menggunakan Data Statistik Korelasi Product Moment.

Hasil perhitungan reliabilitas untuk angket sikap ibu menunjukkan bahwa angket tersebut reliabel dimana rtt = 0,939, sedangkan hasil perhitungan reliabilitas untuk angket harga diri menunjukkan bahwa angket tersebut reliabel dimana rtt = 0,926. Uji normalitas ini dilakukan terhadap Empat variabel penelitian, yaitu Harga diri, dukungan suami, sikap ibu dan penerimaan Ibu.  Hasil dari uji normalitas menunjukkan bahwa untuk variabel sikap ibu terhadap anak autis, memiliki nilai kali kuadrat sebesar 9,719 (p>0,05), untuk dukungan suami dengan sikap penerimaan ibu sebesar 65,481 (p < 0,05)

Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa harga diri dan dukungan suami berpengaruh positif signifikan terhadap sikap ibu dengan anak autis, sehingga hipotesis penelitian diterima. Harga diri dan dukungan suami memberikan kontribusi sebesar 47,5 terhadap penerimaan ibu.

Kesimpulan menunjukkan bahwa harga diri dan dukungan suami berpengaruh positif terhadap sikap dan penerimaan ibu terhadap anak autis. Ya, sebaliknya, semakin rendah harga diri dan dukungan suami, semakin negatif sikap dan penerimaan ibu terhadap anaknya yang autis. Harga diri dan dukungan suami berpengaruh signifikan terhadap sikap dan penerimaan ibu terhadap anak autis.


Keywords


Self-Esteem, Husband’s support, Mother Attitude, Mother Acceptance

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i1.2022.352-365

Article Metrics

Abstract view : 416 times
PDF - 313 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.