PREFERENSI PRODUK E-WALLET DI INDONESIA (STUDI PADA: GO-PAY, OVO, DANA, DAN LINK AJA!)

Agung Prasanto Nugroho, Fauzi Ramadhan Hasibuan

Abstract


Sistem pembayaran saat ini semakin mudah dan beragam. Masyarakat tidak perlu lagi membawa uang tunai terlalu banyak di dompet karena ada kemudahan kartu dan mobile payment. Di Indonesia, terdapat empat mobile payment yang paling banyak digunakan masyarakat, yaitu Gopay, Ovo, Dana dan Link Aja. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan preferensi empat produk e-wallet tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan preferensi keempat produk e-wallet. Penelitian ini dilakukan di tiga kota besar di Indonesia dan menemukan 119 sampel dari berbagai  usia. Dalam penelitian ini delapan variabel preferensi juga diuji. Metode analisis yang digunakan adalah uji beda dengan nilai KruskalWallis. Hasil dari penelitian ini, didapati bahwa jenis payment GO-PAY lebih tinggi dibandingkan jenis payment yang lainnya. Jenis payment LINK AJA paling rendah diantara jenis payment yang lainnya. Semua variabel menunjukkan nilai yang preferensi yang berbeda pada setiap mobile payment. Hal ini menunjukkan bahwa setiap mobile payment memiliki keunggulan dan ciri khas yang berbeda.


Keywords


Theory of Acceptance Model, Sistem Pembayaran, Mobile Payment, Preferensi

Full Text:

PDF

References


Alfany, Z., Saufi, A., & Mulyono, L. E. H. (2019). The Impact of Social Influence, Self-Efficacy, Perceived Enjoyment, and Individual Mobility on Attitude toward use and Intention to use Mobile Payment of OVO. Global Journal of Management and Business Research: E Marketing, 19(7), 1–8.

Bhatiasevi, V. (2016). An extended UTAUT model to explain the adoption of mobile banking. Information Development, 32(4), 799–814. https://doi.org/10.1177/0266666915570764

Kotler, Philip &Amstrong,Gary. 2008. Prinsip – prinsipPemasaran (12th)(the principle of Marketing). PenerbitErlangga, Jakarta.

Manik, T. (2019). Analisis Pengaruh Transaksi Digitalisasi Uang Elektronik terhadap Cashless Society dan Infrastruktur Uang Elektronik sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Finansial Indonesia, 2(2), 27–40

Marakarkandy, B., Yajnik, N., & Dasgupta, C. (2017). Enabling internet banking adoption: An empirical examination with an augmented technology acceptance model (TAM). Journal of Enterprise Information Management, 30(2), 263–294. https://doi.org/10.1108/JEIM-10-2015-0094

McLeod, A., & Pippin, S. (2012). Tax software acceptance: How do professional users differ from novices? International Journal of Business Information Systems, 10(3), 312–327. https://doi.org/10.1504/IJBIS.2012.047533

Venkatesh, V., & Bala, H. (2008). Technology acceptance model 3 and a research agenda on interventions. Decision Sciences, 39(2), 273–315. https://doi.org/10.1111/j.1540-5915.2008.00192.x

Venkatesh, V; Morris, Michael G. ; Davis, Gordon B.; Davis, F. D. (2003). USER ACCEPTANCE OF INFORMATION TECHNOLOGY: TOWARD A UNIFIED VIEW. MIS Quarterly, 27(3), 425–278. https://doi.org/https://doi.org/10.2307/30036540

Al-Qirim, N.A.Y., (2003), E-Commerce in the Aerial Mapping Industry: A New Zealand Case Study. Journal of Systems & Information Technology, 7(1/2), pp.67–92

Assael H. 1992. Consumer Behavior and Marketing Action. Ed ke-4. Boston (US): PWS-KENT Publishing Company.

Cook, T. D., & Campbell, D.T., (1979). Fintech and the future of securities services. Journal of Securities Operations &Custody, 8(2), 107-112.

Frank, Robert H. (2011). Microeconomics and Behavior. Eighth edition, Mc.Graw. Hill International Edition

Gatignon H, Robertson TS. 1986. An Exchange Theory Model of Interpersonal Communication. Advances in Consumer Research. 13. eds. Richard J. Lutz, Provo, UT : Association for Consumer Research: 534-538.

Ghobakhloo, M., Arias-Aranda, D. & Benitez-Amado, J., (2011), Adoption of e- commerce applications in SMEs. Industrial Management & Data Systems, 111(8), pp.1238–1269.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21 (edisi ketujuh). Semarang:Universitas Diponegoro.

Jogiyanto HM. 2011. Konsep dan Aplikasi Structural equation modeling SEM Berbasis Varian dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta (ID): Penerbit UPP STIM YKPN.

Kotler P. 2002. Marketing Management. Millenium Edition North Western University. New Jersey (US): Prentice Hall Inc.

Kotler P, Amstrong G. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Ke-12. Jakarta (ID): Airlangga.

Kotler, Phillip, dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran (Edisi 13 Jilid 1). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Mukherjee, J. (2015). Mobile Money Adoption in India : Evidence from early adopters of technology. Vilakshan, XIMB Journal of Management, 12(2), 95-118. Retrieved from Hhtp://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=bth&AN=11 3703134 & site=ehost-live.

Nicholson, Walter. (1995). Microeconomic Theory Basic Principles and Extentions. Sixth Edition. USA: Harcourt Brace College Plubisher.

Perreault WD, Cannon JP, McCarthy EJ. 2009. Basic Marketing: A Marketing Strategy Planning Approach. New York (US): McGraw Hill.

Sekaran, Uma dan Bougie, Roger. (2014). Research methods for business sixth ed. Chichester: John Wiley&Sons Ltd.

Simamora, Bilson. (2003). Membongkar Kotak Hitam Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Schiffman, Leon and Leslie Lazar Kanuk (2009). Perilaku Konsumen, Edisi ketujuh.

Suki, M. N. (2013). Green awareness effects on consumer's purchase decision: some insights from malaysia. IJAPS, 9 (2), 49-63.

Sulistiyowati LN. 2008. Pengaruh persepsi atas produk dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dan perilaku word of mouth wom – studi pada LBB “X” Maospati Magetan. Jurnal Ilmiah Universitas Soerjo Ngawi. MEDIA SOERJO, 3(2): 17-32.

Sumarwan U. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor (ID): Penerbit Ghalia Indonesia.

Tanata F. 2013. Pengaruh persepsi dan motivasi konsumen terhadap keputusan pembelian – studi kasus perumahan Poris Paradise Ekslusif Tangerang. Jurnal Manajemen.

Tjiptono F. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Ke-1. Yogyakarta (ID): Andi Offset.

Ujianto, Abdurachman (2004). Analisis Faktor-Faktor yang Menimbulkan Kecenderungan Minat Beli Konsumen Sarung (Studi Perilaku Konsumen Sarung di Jawa Timur). Jurnal Manajemen & Kewirausahaan Vol. 6, No. 1, Maret 2004: 34 – 53

Zeithaml VA. 1988. Consumer perception of price, quality and value: a means-end model and synthesis for evidence. Journal of Marketing, 52(3): 2-22.

Zhu, K. (2004), Information Technology Payoff in E-Business Environments: An International Perspective on Value Creation of E- Business in the Financial Services Industry. Journal of management information systems, 21(1),pp.17–54.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i5.2022.1571-1579

Article Metrics

Abstract view : 1945 times
PDF - 1111 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.