PEMBENTUKAN SIKAP PENULIS MELALUI TEORI APPRAISAL DALAM SITUS PARIWISATA ‘WWW.INDONESIA.TRAVEL’ (WONDERFUL INDONESIA) VERSI BAHASA INDONESIA

Fedro Iswandi, Lili Sururia, Mohamad Fahmi

Abstract


Situs pariwisata ‘www.indonesia.travel’ adalah media promosi yang dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata bersama pemerintah Republik Indonesia. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan dan mempromosikan destinasi wisata yang ada di Indonesia. Maka dari itu, penulis situs pariwisata perlu memperhatikan aspek kebahasaan yang bersifat ajakan dan sikap yang dibangun kepada pembaca agar tercapainya tujuan pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis dan subjenis sikap yang dibentuk oleh penulis dalam situs pariwisata ‘www.indonesia.travel’ versi bahasa Indonesia dengan pendekatan teori appraisal. Lalu, penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan berbentuk studi kasus terpancang.  Data penelitian berupa kata yang mempresentasikan sikap dalam situs pariwisata. Selanjutnya, teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Setelah itu, data dianalisis dengan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan ada 3 jenis sikap yang dibentuk penulis yaitu; perasaan orang (affect),  karakter orang (judgment), dan  penilaian benda atau produk (appreciation). Total keseluruhan yang paling banyak muncul adalah jenis appreciation dengan subjenis positive reaction; impact sebanyak 62 data.  Lalu, jenis affect sebanyak 7 data dan judgment sebanyak 22 data. Berdasarkan hasil penelitian, penulis cenderung memberikan sikap atau penilaiannya terhadap benda (destinasi wisata) dimana penulis ingin menyampaikan bahwa tempat wisata yang dia rasakan, karakter orang dan bendanya layak dikunjungi. Hal ini terlihat dari makna positif (positive reaction; impact) pada sikap

Keywords


Lingustik Sistemik Fungsional, Sikap, Situs Pariwisata, Teori Appraisal

Full Text:

PDF

References


Ardhan, D. T. (2020). Translation and Culture:a Content Analysis of Indonesian Information Portal Website. Jurnal Basis, 7(1), 25. https://doi.org/10.33884/basisupb.v7i1.1729

Darmawan, E. W., & Sanawiri, B. (2018). Dampak Video Promosi Wonderful Indonesia A Visual Journey Through Banyuwangi Terhadap Perubahan Persepsi Citra Destinasi Banyuwangi. Administrasi Bisnis (JAB), 62(2), 53–61. administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id

Dewantara, M. H. (2015). Analisis Dan Pengembangan Situs Resmi Pariwisata Indonesia Dan Sistem Informasi Pendukungnya. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 1, 9–24. https://doi.org/10.24843/jumpa.2015.v01.i02.p02

Evizariza, Yani, J., & Rismayeti. (2017). Tingkatan Ragam Bahasa Ibu Rumah Tangga Dan Ibu Karir Di Daerah Rumbai Jalan Kartika Sari Kajian Sosiolinguistik. Aksara Public, 1, 47–55. http://aksarapublic.com/index.php/home/article/view/7

Halliday, M. A. K., & Matthiessen, C. M. I. M. (2014). Halliday’s introduction to functional grammar: Fourth edition. In Halliday’s Introduction to Functional Grammar: Fourth Edition. https://doi.org/10.4324/9780203431269

Haviza, D. (2017). Upaya Pemerintah Indonesia Dalam Tiongkok Ke Indonesia Melalui Kampanye „ Woderful Indonesia Tahun 2015 Skripsi.

Martin, J. R, & White, P. R. R (2005). The Language of Evaluation. Canadian Journal for Studies in Discourse and Writing/Rédactologie, 6(2), 10-Jan. https://doi.org/10.31468/cjsdwr.238

Martin, J.R & Rose, D. (2007). Working with discourse: meaning beyond the clause. In WORKING WITH DISCOURSE: MEANING BEYOND THE CLAUSE (Vol. 20, Issue 1). https://doi.org/10.1590/s0102-44502004000100011

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis (3rd ed.). SAGE Publications Asia-Pasific Pte. Ltd.

Pujianto, E., Samudji, & Setiarini, R. (2017). ( Analisa Hasil Terjemahan pada Laman Pariwisata Resmi Banyuwangi ). http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/68624/EKO PUJIANTO.pdf?sequence=1

Puspita Sari, W., Refnaldi, & Ardi, H. (2013). Translation Techniques and Translation Accuracy of English Translated Text of Tourism Brochure in Tanah Datar Regency. English Language and Literature E-Journal, September, 2302–3546. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/ell/article/view/2418

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Suryaningtyas, V. W., Nugroho, R. A., Cahyono, S. P., Nababan, M. R., & Santosa, R. (2019). Evaluasi Apraisal Teks Dan Semiotika Visual. Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia Vol., 05(02), 187–209.

Wibowo, A. H., & Kristina, D. (2013). Penggunaan Bahasa Inggris Persuasif Dalam Media Promosi Pariwisata Solo Raya Ditinjau Dari Sudut Panadangan Pragmatik. 53(9), 1689–1699.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v8i7.2021.2372-2389

Article Metrics

Abstract view : 851 times
PDF - 517 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.