SINERGI BNNP-TNI KALIMANTAN BARAT DALAM PENCEGAHAN PENYEBARAN DAN PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA SEBAGAI ANCAMAN NONMILITER DI KALIMANTAN BARAT

Adi Nugroho, Agus Sudarya, Pujo Widodo, Ully Ngesti Pratiwi

Abstract


Ancaman bahaya penyalahgunaan narkotika merupakan salah satu ancaman nonmiliter di Kalimantan Barat yang dapat memberikan kerugian bagi masyarakat dan negara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sinergi BNN-TNI Kalimantan Barat dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkotika di Kalimantan Barat sebagai ancaman nonmiliter. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Hasil penelitian ini adalah Sinergitas pengelolaan SDM di BNNP Kalimantan Barat dan TNI AD dalam upaya pencegahan penyebaran dan penyalahgunaan narkotika di Kalimantan Barat sebagai ancaman nonmiliter yang dilakukan melalui, 1) peningkatan kualitas SDM internal BNNP Kalimantan Barat melalui perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengontrolan yang juga melibatkan peran TNI AD. 2) Peningkatan kualitas SDM masyarakat melalui program atau kegiatan yang juga melibatkan peran TNI AD. 3) Koordinasi dan komunikasi juga dilakukan dengan baik antara BNNP Kalimantan Barat dengan TNI AD dalam menjalankan patroli bersama seacara terjadwal sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran dan penyalahgunaan narkotika di Kalimantan Barat.


Keywords


Synergy; Narcotics Abuse; Non-military Threats; West Kalimantan BNN; TNI

Full Text:

PDF

References


Alfajri, A., Setiawan, A., & Wahyudi, H. (2019). Sinergitas Pembangunan Tata Ruang Pertahanan Daerah dalam Menghadapi Ancaman Non-Militer di Indonesia. Global Strategis, 13(1), 103-122.

Azizah, Berliani. 2018. Sinergi Antar Lembaga Dalam Menanggulangi Penyalahgunaan Narkotika Di Kalangan Masyarakat Sebagai Ancaman Nonmiliter: Studi di Wilayah Jakarta Selatan. Program Studi Manajemen Pertahanan. Fakultas Manajemen Pertahanan. Universitas Pertahanan.

Dwi, Akbar Pandu. (2017). “Sinergitas Aktor Kepentingan dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (Studi pada Desa Urek-Urek Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang). Jurnal Ilmu Administrasi Publik. Volume 2, Nomor 1

Gafar, Y. 2012. Penanggulangan Peredaran Narkotika Di Wilayah Perbatasan Kalimantan Barat (Indonesia)–Sarawak (Malaysia).

Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. (2015). Buku Putih Pertahanan Indonesia. Jakarta.

Kurniawan, I., Mulyanto, R., & Marwiyah, M. (2020). Diklat Relawan Anti Narkoba sebagai Partisipasi dalam Pemberantasan Penyalahgunaan Narkoba. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 11-17.

Purnama, Terry Tresn. 2019. Implementasi Sinergitas Dan Kemitraan Insan Litbang Akmil Dalam Mewujudkan The World Class Military Academy. Program magister manajemen. STIE Widya Wiwaha Yogyakarta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Edisi ke-2. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i5.2022.1874-1882

Article Metrics

Abstract view : 989 times
PDF - 1058 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.