POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBENTUK BUDI PEKERTI ANAK DI LINGKUNGAN MASYARAKAT SEKITAR LOKALISASI SLARANG
Abstract
Orang tua adalah orang pertama yang sangat besar peranannya dalam membina kehidupan anak. Komponen keluarga sangat penting mengingat di dalamnya terdapat orang tua sebagai pemimpin yang memiliki otoritas dan bertanggung jawab terhadap pembinaan pribadi anak-anaknya. Segala bentuk otoritas itu diterapkan kepada anak dalam upaya membentuk kepribadian anak yang sesuai dengan acuan nilai agama dan norma yang ada di masyarakat. Semua perilaku anak di bawah kendali orang tua, dan setiap sikap anak selalu menjadi bahan tinjauan setiap orang tua. Oleh sebab itu orang tua harus lebih memperhatikan pola asuh yang diberikan kepada anak untuk membentuk budi pekerti anak, sehinga ketika anak nanti tumbuh dewasa ia akan tumbuh menjadi anak yang berbudi luhur.
Selanjutnya, keterkaitan peran orang tua dalam membentuk budi pekerti anak di maksudkan sebagai upaya orang tua dalam meletakan dasar-dasar nilai budi pekerti. Keluarga memiliki peran sebagai media sosialisasi pertama bagi anak. Peran inilah yang membuat orang tua memiliki tanggung jawab terhadap perkembangan fisik dan mental seorang anak. Melihat hal tersebut maka penulis mengadakan penelitian secara lebih mendalam mengenai pola asuh orang tua dalam membentuk budi pekerti anak di lingkungan masyarakat lokalisasi Slarang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe pola asuh yang dilakukan orang tua dalam membentuk budi pekerti anak serta peranan orang tua dalam membentuk budi pekerti anak di lingkungan masyarkat lokalisasi Slarang. Jenis penelitian ini kualitatif lapangan yang bersifat deskriptif. Penelitian ini menggungakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi untuk memudahkan penganalisaan data, lalu diinterprestasikan dengan cara berfikir induktif, yaitu berdasarkan pengetahuan khusus kemudian diambil suatu pemecahan yang bersifat umum sehingga menghasilkan kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan dan dipahami bahwa tipe pola asuh orang tua dalam membentuk budi pekerti anak di lingkungan lokalisasi Slarang bervariasi, yaitu pola asuh Authoritarian (otoriter), Authoritatif (otoritatif), dan permisif. Kemudian peranan orang tua dalam membentuk budi pekerti anak belum semuannya dilakukan dengan baik. Hal tersebut karena masih ada orang tua dalam menanamkan nilai budi pekerti dengan di biarkan saja karena anak susah diatur, kemudian memberikan hukuman pkisis dan fisik ke anak yang bisa berdampak buruk bagi si anak ketika dewasa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
David Wijaya. 2017. Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta:Mitra Wacana Media
Helmawati.2016. Pendidikan Keluarga Teoritis dan Praktis.Bandung:PT.Remaja Rosdakarya
Iskhtina ahmawati. 2015. Peran keluarga dalam pengasuhan anak. Konseling Religi. 5
John W. Santrock. 2011. Life-Span Development perkembangan masa hidup edisi ketigabelas jilid 1: Erlangga
Listiya Fitriyani. 2015. Peran pola asuh orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak. Lentera. 101-102
Mansur.2014. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka pelajar
Mohammad Saroni. 2013. Pendidikan Untuk Orang Miskin. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Muallifah. 2009. Psycho Islamic Smart Parenting. Jogjakarta: Diva Press
Muhammad Idrus. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial, Jakarta: Erlangga
Nurul Zuhriah. 2015. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan. Jakarta:PT.Bumi Aksara
Seto Mulyadi,dkk.2016. Psikologi Pendidikan. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta
Seto Mulyadi, dkk. 2016. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Reinaka Cipta
Suwardi Endraswara. 2006. Budi Pekerti Jawa. Jogjakarta: Buana Pustaka
Syaiful Bahri Djamarah.2018. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi Dalam Keluarga(rev,ed). Jakarta:PT Rineka Cipta
Umi Zulfa, 2011. Metode Penelitian Sosial Yogyakarta: Cahaya Ilmu.
Zulfa Umi, 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Yogyakarta: Cahaya Ilmu.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v8i7.2021.2295-2309
Article Metrics
Abstract view : 865 timesPDF - 437 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.